07 December, 2007

17 comments 12/07/2007 11:59:00 AM

Yang Baru di Hari Jum'at

Posted by isma - Filed under


Siapa tidak senang mendapat sesuatu yang baru. Baju baju, sepatu baru, rumah baru, jabatan baru, ataupun suasana baru… Yang sudah ibu-ibu aja seneng, malah ngarepin yak, apalagi anak-anak. Kalau itu berupa baju, pasti biarpun belum dicuci dah pingin dipake. Kalau udah dipake emoh dilepas, setiap ada kaca pasti deh melirik, maniskah aku dengan baju baru ini… *kalau cowok iya juga nggak ya?*


Nah, tapi bagaimana kalau sesuatu yang baru itu adalah seragam kerja… secara sebelumnya di t4 megaweku memang tidak ada istilah berseragam? Kecuali hari Jum’at yang dianjurkan pakai kaos item gratisan dari kantor. Nah, kira-kira bakal jadi seneng apa enggak ya…

Bagi beberapa orang seragam bisa jadi membatasi keunikan, kreativitas, dan kreasi dalam berpakaian. Karena tiba-tiba baju yang mereka pakai menjadi sama model, kain, juga warna. Setiap orang yang tentunya punya selera warna, model, atau jenis kain yang berbeda, digiring menuju muara yang sama. Tak ada jalan lain. Belum lagi kalau ada aturan bahwa seragam itu harus dipakai setiap hari selama bekerja. Atau dipakai dua kali dalam 5 hari kerja, dan sebagainya. Tuh kan, membatasi banget kan.

Tapi, bagi beberapa orang yang lain, seragam bisa berarti identitas. Apalagi sekarang kan jamannya semua serba beridentitas. Simcard aja harus terdaftar dan jelas identitasnya. Setiap penduduk juga harus menunjukkan kependudukannya dengan KTP. Pemilik motor harus memiliki STNK dan harus membayar denda ketika tidak bisa menunjukkannya pada polisi ketika ada razia. Mungkin seragam bisa juga berposisi seperti kartu-kartu itu. Karena kalau masuk toko buku besar, seragam suatu penerbit bisa menjadi kartu sakti untuk berurusan dengan orang dalam tanpa harus meninggalkan KTP.

Seragam juga bisa menjadi suatu kebanggaan dan simbol loyalitas karyawan terhadap perusahaan, pekerjaan, atau komunitas. Aku jadi ingat dengan mbak-mbak baby sitter di sebuah mall. Di tengah para pengunjung yang berpakaian serba modis dan trendy, mereka dengan bangga tetap memakai seragam baby sitter mereka. Bener2 contoh loyalitas yang patut diteladani. Meskipun bisa jadi loyalitas itu muncul karena dipaksa dan tidak ada cara lain.

Selain mungkin, seragam juga bisa difungsikan sebagai ikon kebersamaan dan solidaritas dalam suatu perusahaan atau komunitas. Karena perbedaan pada beberapa kasus bisa menimbulkan kesenjangan, jarak, atau bahkan konflik. Seorang supervisor yang bergaji lebih tinggi, tentu bisa membeli baju kerja yang lebih bagus daripada karyawan biasa. Akibatnya, sorang supervisor pasti akan terlihat lebih wah, memarjinalkan karyawan biasa yang pakaian kerjanya, maaf, sudah jadul banget. Kondisi ini jika dibiarkan akan memunculkan gap dan mempengaruhi semangat dan iklim dalam bekerja.

Lalu, apakah aku senang mendapat seragam baru?
Karena aku bukan supervisor yang punya baju kerja yang bagus, tentu aku senang. Hehe. Setiap Senin dan Kamis seragam ini akan menjadi identitas buat aku. Jadi semakin berasa sebagai karyawan. Semoga ya, bisa menambah semangat kerja dan bisa dapet bonus deh kekekek. *bonus dari hongkong yak!* Mana gratisan lagi. Buat aku apa-apa yang gratis, pasti akan aku terima dengan tangan terbuka. Termasuk kiriman gratis yang aku dapat kemarin Kamis. Ada yang berbaik hati menyapaku dengan kalung, jilbab, dan bingkisan buat Shinfa. Matur nuwun ya, Mam. Semoga pertemanan kita mendapat ridho dari-Nya amiin.

17 comments:

lierieh said...

aku jg dpt seragam gratisan, bun tp warnanya ga suka euy...:-( jd ampe skrg blm dipake tuh hehe...

Alhamdulillah skrg ga prnh ada denda lagi,bun... asal kita ngingetin trs deh dah shalat ato blm...

widie said...

Asyik...yang dapat seragam baru...( kalo ngga salah liat ada tulisan LKiS-nya yaa...)bener ngga hehe...

Asyikkk juga dapat kiriman duh sering2 yaa...hehe

Ryu`s Mom said...

Ada enak gag enaknya juga sih ada seragam..enaknya gag pusing mikirin jatah buat beli baju terus.

semuasayanganna said...

waaa... safarian sekarang;)

salma said...

Enak kalo pake pake seragam ga usah mikir mau pake baju apa kan. Tapi gak enak kalo abis ngantor gak iso langsung ngelencer/ngemall hihihi

Ani said...

AKu juga lebih suka pakai seragam. Seragam menghilangkan perbedaan. Sayang di kantorku justru nggak pakai seragam .

.:diah:. said...

saya jg mau dunkzz.. klo dapet hadiahh...*eehhmm.... mw ngasih hadiah lagi kan mbak?? :D *kabuuurrrrr*

PS: yg di foto itu Ibunya Shinfa kan?? waahh langsing niihh ;)

CresceNet said...

Oi, achei seu blog pelo google está bem interessante gostei desse post. Gostaria de falar sobre o CresceNet. O CresceNet é um provedor de internet discada que remunera seus usuários pelo tempo conectado. Exatamente isso que você leu, estão pagando para você conectar. O provedor paga 20 centavos por hora de conexão discada com ligação local para mais de 2100 cidades do Brasil. O CresceNet tem um acelerador de conexão, que deixa sua conexão até 10 vezes mais rápida. Quem utiliza banda larga pode lucrar também, basta se cadastrar no CresceNet e quando for dormir conectar por discada, é possível pagar a ADSL só com o dinheiro da discada. Nos horários de minuto único o gasto com telefone é mínimo e a remuneração do CresceNet generosa. Se você quiser linkar o Cresce.Net(www.provedorcrescenet.com) no seu blog eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. If is possible add the CresceNet(www.provedorcrescenet.com) in your blogroll, I thank. Good bye friend.

Vie said...

Sebenarnya bagus juga kalo kerja pake seragam, kan kita gak perlu mikir tiap pagi mo pergi kerja musti pake baju apa gitu.

AngkY-HerWAn-KyrA said...

setujuuu..sbnrnya aku jg lebih seneng pake sragam di ktr..jadi gak repot beli baju n lebih keren aja keknya..

tapi sayangnya mpe skrg blm ada sragam ktr nih..
mudah2an tahun dapan beneran jadi deh kita disragamin..hehehhe

Yosie said...

Enaknya dpt seragam klo lagi kepepet gak ada baju bisa jg alternatif, gak enaknya klo dipake seminggu 2 kali, kynya bikin bosen juga ya :)

Dhona said...

Ada enaknya pake seragam, jadi nggak musing lagi mikirin pake baju apa ke kantor. Lebih hemat lagi, nggak perlu beli baju baru buat ke kantor, tinggal beli baju buat sehari-hari aja.

Cuma nggak enaknya kalo seragamnya warnanya kita nggak suka pasti makenya nggak enak banget deh rasanya.

Dhona
http://keluargabroto.com

Anggorowati said...

wah kalungnya bagus banget.. :D

Nia said...

Asik..asik.. dpt seragam dr kantor...

mama valisha said...

asik lagi pake seragam, gak pusing mikirin mesti pake baju apa, gratisan pula hehe

Wulan said...

Wah yang dapat seragam baru ..tapi sama Mba.. aku lebih suka lho klo disuruh pake seragam daripada pakaian bebas hihihihi.. bukan apa apa .. kesannya jadi bagian dari orang laion gitu :D karena mungkin pembawaan suka nya membaur kali ya :D

Fa said...

klo aku (kayak yg udha kerja aja) lebih suka pake seragamlah, soalnya nggak mesti pusing mau make baju apa hehe..