11 December, 2007

20 comments 12/11/2007 12:36:00 PM

Balita Dewasa

Posted by isma - Filed under




“Ibu nggak ke mana-mana?”
Itu pertanyaan wajib Shinfa setiap pagi. Setelah mandi, maem sambil nonton OB, lalu minum air putih, teh, atau susu. Biasanya aku cuma mengangguk. Untuk tidak memberikan jawaban pasti. Karena setiap aku menjawab, “Ibu mau tindak,” sudah bisa dipastikan Shinfa bakal mewek seketika.

“Ibu nggak boleh tindak,” begitu jawaban Shinfa tiap dikasih tahu kalau ibunya mau tindak.
“Eh, ya harus tindak kok. Nanti nggak punya uang buat beli susu sama sate,” jelas Uti.
“Nggak boleh! Nggak boleh,” ulang Shinfa siap-siap mau nangis.
“Ya ya, Ibu nggak tindak,” akhirnya aku meralat. Biar Shinfa nggak nangis beneran. Yah, daripada memaksa anak untuk mengerti, mending mengalah dulu dengan petak umpet.

Apalagi Shinfa sudah punya jurus “nggak boleh” untuk melarang semua-mua, biar sesuai sama kehendaknya.
"Dik, ibu masak dulu ya."
"Enggak boleh masak. Ibu bobok."
Atau, "Uti mberesin meja dulu."
"Nggak boleh. Uti bobok."
"Alah-alah Nok, kok yo ngepenakke timen..."
*hehe. Aku juga seneng banget pagi2 disuruh bobok nak!*

Tapi beberapa bulan terakhir, memang sudah ada perubahan pada Shinfa. Tiap abis mandi dan makan pagi, Shinfa tidak begitu nggelibet lagi sama aku. Jadi, biarpun ayah sudah berangkat duluan, aku dengan leluasa mengumpetkan diri untuk siap-siap nyambut gawe. Lalu, aku akan mendorong motor beberapa meter, baru deh aku stater. Dan, Shinfa aman tidak menangis di depanku.

Kata Uti juga begitu. Ada perubahan pada Shinfa. Tiap mendapati ibunya sudah berangkat diam-diam, dia lalu bertanya, “Ibu mana?” Dan, kalau sudah dijawab, “Ibu tindak,” paling dia akan menangis beberapa detik setelah itu kembali asyik dengan mainannya.

Demikian juga kalau aku pulang di sore hari, Shinfa malah terlihat ceria dan sumringah. Dia cuma bilang, “Ibu ganti baju,” lalu kembali asyik dengan bulik atau mbak-mbaknya. Tuh kan, sok gak dikangeni banget gitu. Sebel lagi kalau aku tanya, “Adik kangen Ibu nggak sih?” Dia menjawab sambil mau nangis, “Enggaaak. Dik Abit kangennya sama Bulek.” *gubrak! Hwaaa…*

Dan, pagi tadi…
“Ibu nggak ke mana-mana?
Sambil memberikan botol susu karena abis makan dia minta minum susu, aku menjawab, “Ibu harus kerja…”
“Emoh, nggak boleh…”
“Dik Abik di rumah sama Uti. Nggak apa-apa sayang. Ntar sore kan Ibu pulang.”
“Emooh, emooh,” dengan suara parau dan mata berkaca-kaca. Seolah membahasakan “kalau saja bisa, aku ingin Ibu nggak pergi. Tapi, aku juga tahu Ibu harus kerja…” *sok jadi penerjemah bahasa isyarat Shinfa nih!*
“Nggak papa. Sudah ya…”
Trus aku pergi gitu aja, meninggalkan Shinfa yang ternyata tetap duduk manis di atas kursi. Dia nggak lari mengejar aku atau guling-guling. Dia cuma nangis yang lalu digendong sama ayahnya, dan diam menghabiskan susu botolnya.

Horeee… ternyata Shinfa mang sudah ada perubahan. Yah, akhirnya, bisa juga membuatmu tidak klayu-mengklayu sama Ibu. Tinggal, bagaimana biar kamu nggak pakai nangis gitu. Tapi, dengan manis bilang ke Ibu, “Oh, Ibu mau tindak ya. Ati-ati ya…” Nah, kalau dah bisa kayak gini, baru deh Shinfa mang dah bener-bener berubah, jadi balita dewasa… Ummmuah!

20 comments:

Ani said...

Hmm...Shinfa hebat...semakin bertambah umur ternyata bertambah dewasa pula pemikirannya. Suatu saat akan tiba masanya Shinfa berkata " Nggak papa kalau ibu mau tindak, Shinfa baik-baik saja kok, Shinfa tahu ibu harus kerja", semacam itulah. Itu sudah terjadi pada anakku.
-anied.blogspot.com-

semuasayanganna said...

dulu kalo ibuku mau pergi semua pintu tak kunci! hehehhe

isma said...

>>mba ani:
amiin. jd gak sabar nih mb menunggu saatnya tiba...

>>ana:
dari kecil trnyata km dah keliatan jailnya ya ann hehe...

salma said...

Shinfa nderek bud`e wae yuk nang pasar Johar.
Besok kalo ibu tindak nyuwun duit wae buat belanja ya hihihi

indahjuli said...

Hore...Shinfa makin pinter.
Yuk..yuk, nanti kalau kami pulang ke Yogya ketemuan :D

Dhona said...

Shinfa makin pintar ya. Udah tambah ngerti tambah dewasa. Ajarin Fia dong, secara Fia masih mewek kalo aku tinggal kerja.

Dhona
http://keluargabroto.com

isma said...

>>bune:
knapa shinfa nangis krn kalo taktinggal gak aku ksh duit bune...wakakakakak!

>>indah juli:
ayo mbak, ketemuaaan...

>>Dhona:
fia, yuk belajar bareng shinfa yuuk...

Fa - www.ardifa.com said...

wah, senengnyaaa.. besok2 lagi shinfa pasti bisa bilang gini "ibu nggak usah pergi, nggak usah cari duit, biar dik abit aja yang kerja" -berapa taun lagi ya itu?- hehe...

neli said...

shinfa dah pinter deh... tapi ngomongnya udah campur jawa gitu ya Is..?? hihihi... lucu deh pasti logatnya.. ;)

bundanya i-an said...

shinfa... ajarin i-an dong...i-an masih klayu neh kalo bunda pergi kerja... he..he..

widie said...

Shinfa udah gede ya..udah ngerti kalo ibu tindak itu harus kerja...ngga mungkin kalo ibu tindak ke mall ngga ngajak Shinfa khan...hihi..

Bravo Shinfa makin gede makin bijak yaa....

mama arya said...

Lagi musim klayu toh....hahahaha..podo karo Arya yen mama dan bapaknya pergi kita bertiga petak umpet yg satu di dalam rumah yg satu di luar rmh jd seru aja tiap apgi ebgitu, finall Arya nangis kejer klo semuanya dilihatin gag ada hahahaha....*trenyuh banget*

Jeng klo Balita dewasa disingakt jd opo Bade yo...wekekekeek

Nia said...

Hihihi emangnya ada balita dewasa jeng Isma ;) MUdah2an Shinfa ga nangis lagi ya klo ibu tindak kerja.

mutia said...

Hai jengk isma..wah kangen bianget deh aku karo dirimu..piye kabare..sorry jarang mampir..piye maning banyak PR dari boss..Wah, shinfa hebat dah jarang nangis ditinggal ibu..tapi kan dikau enak jengk dititip sama ortu juga jadi gak terlalu khawatir di kantornya:)-Mutia---http://www.raygatrasadi.blogspot.com/

Vie said...

Biasalah Is, anak masih satu, jadi maunya Shinfa itu perhatian ibunya penuh 100% ke Shinfa.
Ntar deh tunggu aja, pasti Shinfa nambah perubahan perlahan-lahan.

Ryu`s Mom said...

Shinfa kan udah besar bu, jadi udah tambah pinter.

Apalagi klo ada adek nantinya...pasti makin pinter

astien said...

shinfa tambah cantik ni, ditinggal ibu dah nggak pake mewek lagi..kalo aku sekarang dah mulai susah kalo mo brangkat kerja, secara ki' dah mulai mudeng mo ditinggal..pake berkaca2 lagi matanya, duuuhhh

Anggorowati said...

shinfa kelihatan ayu banget.. eseme begitu manis. InsyaAllah nanti klo dah ngerti gak bakalan nangis2 lg klo ibu mau tindak.

isma said...

>> Fa:
waduh fa, isih suwi kuwi... hihi.

>> neli:
maklum nel, shinfa kan indo-jawa...

>> bunda ian:
yuk, nangis bareng shinfa aja yuuk... lho!

>> widie:
tuh shin, denger apa kata tante wid... kalo ke mall pasti diajak kok hehe.

>> ninie:
bade nopo mbak? bade balita dewasa nggih? hehe

>>Nia:
amiiin.

>>mutia:
alhamdulillah jeng, mang jadi lebih ayem kl sama nenek sendiri ;)

>>Vie:
Iya mbak. Jd nggak sabar menunggu perubahan itu...

>>Ryu's mom:
masak sih mom? beneran ya?

>>astien:
siap2 bermain petak umpet dong tien hehe...

>>Umi Rayhan:
Makasih umi, shinfa jadi merona nih. amiin...amin.

Bunda Najwa said...

Lama-lama juga ndak nangis ko bun ditinggal kerja dengan bertambahnya umur.....

Najwa jg sk ngs mngkn krn msh kangen kali yah...