30 March, 2007

5 comments 3/30/2007 12:57:00 PM

Dora yang Crigis

Posted by isma - Filed under


Crigis itu bahasa Jawa Kedung Banteng yang artinya ceriwis. Terhitung sejak genap berusia dua tahun, aku perhatiin Shinfa tambah crigis aja. Mana poninya dah mulai panjang, abis dipotong sama Mama Watik. Memanjang rapi kayak Dora. Hehehe. Nggemesin.

Sekarang Dora Shinfa ngomongnya sudah pake kalimat lengkap dari subjek, predikat, objek alah! Hehehe. Sebelumnya kan kalo ngomong paling dua kata. Sekarang dia sudah bisa mengucapkan tiga kata, malah lebih. Meskipun untuk beberapa kata yang agag rumit, dia masih pake acara mengeja.


“Ke-tu-tu-pan…,” aku mengajari Shinfa ngucapin kata itu.

“Ke-pu-pu-tan…”

“Hahaha. Tu-tu, Dik…”

“Ke-tu-pu-pam…”

“Nah lo. Ke-tu-tu-pan…”

“Ke-tu-tu-pam…”

“Bukan pam, Dik. Tapi, pan, pannnn…”

“Ke-tu-tu-pan…”

“Horeeee, adik bisa…”

“Hehehe….,” Shinfa terkekeh.

Lucu banget. Aku sampe dibikin gemes sama puteriku ini. Mana sekarang dia sudah bisa cerita. Pernah waktu itu Shinfa diajak TPA sama Bulek Teti di pondok. Trus pas pulang ketemu sama aku, Shinfa langsung cerita:

“Dik Abit nanis…”

“Nangis kenapa?”

“Mimik dot…nanis.”

“Ooo, mau mimik dot trus nangis?”

“Hooh.”

Pas dikonfirm ke Teti, ternyata iya. Shinfa nangis gara-gara mau mimik dot, tapi pas buleknya lupa gag bawa dot.


Pernah juga abis pulang TPA, takliat dagu Shinfa mbaret merah karena luka. “Ni janggute kenapa, Dik.”

“Jatuh. Dik Abit nanis…”

“Kenapa bisa jatuh…”

“Ada pus…”

Dan, malemnya Teti cerita kalo sore itu pas Shinfa mo ngejar kucing, kakinya keserimpet trus jatuh, dagunya kena tanah. Aduuuh pasti sakit banget ya.

Tapi, sekali waktu Shinfa kadang lucu, sok ngarang cerita. Misalnya, pas lagi takpangku, dia bilang: “Dik Abit satit…”

“Kenapa sakit?”

“Jatuh. Ni satit nih, satit,” lanjutnya sambil nunjukkin kakinya yang gag kenapa-napa.

“Mana? Gag ada apa-apa gini kok?”

“Iya jatuh.”

Aku ketawa. “Jatuh di mana?”

“Di sana…,” sambil menunjuk dengan arah gag jelas.

“Ye… Dik Abik ngarang ya… hehehe.” Trus dia terkekeh. Hehehe, ngembangin imajinasi ya Dik… buat bikin novel. Baduuuus!

Cuma, kadang ocehan Shinfa bikin capek (baca: tambah gemes!) juga. Pas Shinfa gag capek-capeknya ngucapin beberapa kalimat pertanyaan andalannya:

…. mana? : misalnya: “Ayah mana?” “Uti mana?” “Ato mana?” “Mbak Uwi mana?” “Uyut mana?” Semua nama yang ada dalam ingatannya pasti deh keluar buat ditanyain. Malah buntutnya dia juga bakal nanyain: “Dik Abit mana?” *Abit itu Abik. Panggilan buat Shinfa Labieq* Hehehe. Capeee deeeh!

….apa? : misalnya: “Ini apa, Bu?” sambil memungut benda-benda di sekelilingnya yang mau ditanyain. Padahal dia dah tau lo nama-namanya. Atau nanya: “Walna bola Dik Abit apa?” Abis itu brentek, “Walna sepeda Dik Abit apa?” “Walna baju ayah apa?” Teruus gitu. Cuma sayangnya Shinfa belum bisa ngenali warna. Jadi biarpun sudah dijawab, besok pas dia ditanya bola Shinfa warna apa, pasti deh jawabnya ngawur. Hehehe.

punya sapa to? : misalnya: “Ini punya sapa to?” sambil nunjuk kursi di ruang tamu. Kalo dah dijawab, dia ganti nunjuk pulpen di meja. Udah gitu, ganti nunjuk sandal… Teruuuus aja kayak gitu. Bikin capeeek kan… hehehe.

Ada lagi kalimat andalan Shinfa yang lain. Biasanya kalo ada mau sama sesuatu, Shinfa refleks bakal bilang: “Ini punya Mbak Abit teeeee….,” sambil meraih apa yang dimaksud, dengan senyum terkulum plus pasang mupeng mode on. Dalam rangka ini dia memanggil dirinya dengan “mbak”, hehehe bukan “dik” yang biasanya buat ‘kalah-kalahan’.

Yang dimaksud Shinfa itu gag mesti makanan. Misalnya aku lagi pegang pen sama kertas, langsung aja dia bilang: “Ini punya Mbak Abit teeee…” yang berarti dia mau sama pen ples kertas yang lagi kupegang, dan meminta aku supaya cari yang lain. Atau pakai andalan, “Dik Abit duluuuu…,” kalo mau merebut kegiatan orang rumah. Misale aku lagi mau ngiris kentang pake telenan, trus Shinfa juga mau pake telenan, udah deh kalimat andalan itu bakal keluar. Disuruh ngantri juga gag bakalan mau, dijamin langsung suara melengkingnya bakalan keluar. “Aaaaaa…. Dik Abit dulu….” Yeee… mau enaknya ndiri nih Shinfa!


Selain ceriwis dengan suara, Shinfa sekarang juga suka ngomong sambil bisik-bisik. Biasanya kalo lagi di tempat asing, di dekat orang yang belum dikenal, atau ngomongin sesuatu yang menurutnya bersifat rahasia. Alah, balita kok ngerti rahasia to? Hehehe. Pernah kemarin pas nunggu di agen travel di Magelang, maksliwer… idungku mencium bau duren gitu. Eh, tiba-tiba Shinfa menepuk lenganku sambil gerakkin mulutnya tanpa suara: “Bu, mambu duren…” Oalaaah! Irung cilik ngono kok yo titen yo karo ambu duren? *geyeng-geyeng* Duren kan enak ya, Shin...

5 comments:

Wati said...

Mba Abit pinter banget.. :D mana foto trebaru yg mirip dora? posting dong.. :D ntar tante kasih duren.. tapi ambil di bandung ya? :D

ninik said...

Pokoknya kalau sudah umur segitu, alamat bakal capek jawab. Kalau Dek Mirza key wordnya "APA", semua kata berahiran "apa", ampe kalau yang jawab bilang "Aduh capek," dia malah tanya "Capek apa", kalau enggak gitu malah bilang "Mama Apek?", tuh kan. kayaknya emang harus bagi tugas untuk jawab hehhehe

RidwanFamily said...

huahahaha...
untung mambu duren nduk, nek mambu sing ora enak soyo mumet.. :D

“Dik Abit mana?”
lucu banget sih kamu Shinfa, mosok mencari2 diri sendiri tho yo.. *ketawa sambil guling2an di lantai*

~ameera's mum~

neli said...

hihi... malah bingung donk kalo anak ga ceriwis??

Tety said...

Shinfa makin pinter ya..., mang anak umur segitu udah pada ceriwis wis wis