17 December, 2007

16 comments 12/17/2007 11:44:00 PM

Jelang Libur Panjang

Posted by isma - Filed under ,

Jadwal rutin wikenan bareng Shinfa. Ke mana lagi kalau bukan ke SALAM. Tapi, kalau biasanya kita berdua naik motor, kemarin kita berangkatnya dianter sama Bulek Teti, dan pulangnya dijemput sama ayah. Soalnya abis bermain, ada rencana mau ke pasar Tlogorejo, nyari pesenan batik.

Sabtu kemarin adalah Sabtu menjelang liburan semester ganjil. Karena, Sabtu minggu depan Shinfa akan ambil rapor. Sebelum kemudian libur dari 23 Desember 2007 sampai 3 Januari 2008. Satu tahun tuh! Hehe. Seide dan sejalan dengan jadwal kantorku yang ikut cuti bersama. Mayan panjang juga...

Kemarin Shinfa berkenalan dengan rempah-rempah. Ada kencur, jahe, kunyit… Dengan penuh semangat dan ekspresif, Bu Anik menjelaskan kegunaan setiap rempah2 itu berikut contohnya. Shinfa yang baru bangun tidur, masih ngelendot aja sama ibunya. Pas Bu Anik berkeliling memperkenalkan bau kencur, “Gimana Shinfa, baunya?” Hehe, Shinfa malah nyengir, emoh. “Nggak enak,” katanya.
Tapi, pas giliran Bu Anik kasih komando untuk menanam jahe dan kawan-kawan, Shinfa jadi bersemangat deh. Habis mimik dot, lalu bergabung menyusuri pematang menuju lahan kosong deket arena perosotan.

thanks ya utk sponsor baju Shinfa...

“Nanam apa, Dik?” tanyaku
“Ja-He,” jawab Shinfa dengan menegaskan bunyi H-nya. Hehe. Lucu deh kedengarannya. Dia kalau ngucapin H memang fasih. Beda jauh kalau diminta ngucapun R. Pasti dia bakal ngeles, “Dik Abit bisa bilang AVANSA,” dengan menegaskan bunyi V-nya.
“Dik, ntar sampai rumah kalau ditanya tadi ngapain di sekolah, bilang ya nanam JAHE gitu,” hihi aku terkikik.

Satu per satu anak-anak mendapat gelas aqua bekas, centong panjang, sama satu ruas kunyit, jahe, kencur, atau lengkuas. Biar sinar matahari cukup terik, Shinfa mau juga tuh masukin tanah basah ke dalam gelas plastik. Lalu, memasukkan potongan jahe.

Setiap Sabtu jadwalnya memang berkegiatan di luar ruangan. Dan, karena Shinfa masuknya cuma hari Sabtu, jadi kebagian keluar ruangan terus deh. Nggak papa ya, Shin. Biar capek, kan sekalian olahraga. Hehe.

Tapi, nggak tahu juga ada hubungannya atau enggak dengan kegiatan outing itu, hari Kamis kemarin Shinfa bilang, “Bu, Dik Abit pijet.” Lah, aku sempat heran juga. Kok tiba-tiba minta pijet, wong setahuku nggak ada yang nyebut2 nama Mbah Sholeh.
“Dik Abik capek ya?” tanyaku sambil tersenyum lucu.
“Iya.” Hehe. Sok gede banget to, Shin. Pake capek segala. Tapi, sapa tahu memang capek beneran.
Dan, Minggu pagi aku pun mengajak Shinfa ke rumah Mbah Sholeh. Masih satu kampung, nggak ada sepuluh menit pakai motor dah sampai rumahnya. Mbah Sholeh itu priayinya sudah 90th. Parasnya putih bersih dan seger. Ngomongnya juga masih jelas, apalagi pijatannya. Kalau pagi jatahnya untuk memijat bayi dan anak kecil. Kalau datangnya agak siangan, yang antri biasanya dah banyak. Palagi hari libur. Alhamdulillah pagi itu Shinfa kebagian urutan nomor tiga.
“Emoh pake minyak,” Shinfa meminta.
“Ooh, nggih Ndoro,” jawab Mbah Sholeh kayak sama ratu aja. Hehe.
“Pake bedak aja,” tambah Shinfa sok deket gitu.
Shinfa seneng banget kalau dipijat. Dulu pas masih bayi juga nggak pernah nangis kalau dipijat Mbah Sholeh. Mungkin karena pijatannya halus, jadinya nggak sakit. Sampai merequest coba. Hehe. Tapi, memang mayan lama juga sih Shinfa gak pijet.
Kalau sudah dipijat, mungkin rasanya enteng kali ya. Jadi enak buat ngapa-ngapain. Apalagi menjelang liburan SALAM yang satu tahun itu hehe… kan bisa buat jalan-jalan atau mudik ya… Ternyata Shinfa dah lebih peka tuh menyiapkan stamina hehe.

16 comments:

salma said...

Pelajaran di SALAM dipraktekin juga dong dirumah.. bikin apotik hidup. Nanti kalo bun`e kesana dibantuin panen deh.

Shin, bun`e juga mau dong dipijet sama mbah Sholeh.. kagen pijetan Jogja nih.

Selamat libur yaaa

.:diah:. said...

waahh skul d SALAM asyik yaa Shinfa, bisa mengenal alam lebih dekat..;)

ehmm.. Shinfa trnyata doyan dipijat tohh?? gk geli say?? :D

Ryu`s Mom said...

Shinfa mau liburan ""setahun ya"? Asyiknya...

Abis dipijat biasanya anak-anak tidurnya pada nyenyak nih..nanti Ryu klo mudik mau di pijet juga ah kayak Shinfa biar seger.

unai said...

shinfa makin nggemesin aja..eh suka dipijet juga ya?

Bunda Najwa said...

Asik yah Shinfa sklh di SALAM sesuai namanya dkt sama alam...

sm ky najwa suka dipijet juga he..he..Met liburan yah :)

Ani at http://anied.blogspot.com said...

Met berlibur ajah...ayok tanam2 selama liburan, kalau pas nggak sibuk aku suka juga tanam bayem, kangkung, di pot kecil2, potnya buanyak tapi, pas panen, seneng pol.

Nia said...

Asik ya Shinfa liburan sampe 1 thn spt Rayna :) Met liburan ya..

Miming said...

selamat berlibur ya...

itu Shinfa pijetan apa maen petak umpet sihhh hehehe

Dhona said...

Shinfa senang dipijat ternyata. Baca postingan ini jadi ingat kalo Fia udah lama nggak dipijat.

Met liburan ya..

Dhona
http://keluargabroto.com

mama arya said...

Shinfa calon juragan perkebunana toh, pinter deh .....

Itu kok awak mpe keliahtan kulite arep pijetan toh, hihihihi..Arya saiki gag gelem maneh malah kejer deh.tapi lainhalnya dg emaknya maruk pijetan

widie said...

"Wah cilik-cilik kok minta pijetan"...berarti badannya bener2 ngga enak tuh sampai dia minta sendiri. Enak kan disana ada mbah yg bs mijitin yaaa...
asyik habis pijetan jd seger lagi tapi ati-ati nyandu lho....

nila said...

duh senangnya dipijet...pasti tidurnya langsung pulesss tuh..apalagi mau libur panjang..hehe
Slmt Idul Adha ya dan semoga raport Shinfa bagusssss (pastinyaa!!)

Anggorowati said...

Mbak shinfa.., abis dipijit trs minum wedang jahe pasti tidurnya uenak tenan loh..:D

Vie said...

Ngajarin anak-anak mencintai alam dengan nanam ini itu yg bermanfaat.
Ntar kalo udah gede, nanam pohon karet ya Shin?!

Udah enteng gak abis dipijet. Pasti enteng badannya ya Shin. Hati-hati jangan sampe jatuh.

farrel's mom said...

Waah seru ya kgiatan yg diadain salam,klo deket aq mau juga skolain malel disitu.. Biar klo aq gk bs nganter bisa titip bule isma..he

isma said...

makasih buwat teman-teman yang berkenan menyapa lewat comment... ;)