16 May, 2018

0 comments 5/16/2018 11:34:00 PM

Anak-Anak dan Sekolah Belanda

Posted by isma - Filed under , , , ,

waktu datang pertama kali ke belanda tahun 2016, kak abiq dan kak atha bersekolah di sekolah belanda. namanya de singel basic school, atau setingkat SD. tidak seperti beberapa sekolah belanda yang lain, de singel mau menerima murid baru yang belum bisa bahasa belanda. ia menyediakan kelas matrikulasi untuk pengembangan bahasa selama hampir satu semester. tapi hanya kak abiq yang ikut kelas ini, sementara tidak untuk kak atha karena untuk seusianya pembelajaran bahasa bisa diintegrasikan di kelas reguler.

mendaftar sekolah belanda harus dilakukan jauh-jauh hari. karena setiap kelas punya kuota. jika sudah penuh, harus mencari sekolah lain atau mengantri. beruntung waktu itu masih ada tempat tersisa di de singel baik untuk kak abiq maupun kak atha. kak abiq yang waktu itu kelas 6 SD masuk di group 7, turun satu tingkat yang seharusnya kelas terakhir di basic school adalah group 8. itu pun hanya ketika mata pelajaran bahasa inggris dan olahraga saja. selain keduanya, kak abiq gabung di kelas matrikulasi bahasa belanda. sementara dik atha yang baru kelas 1 SD masuk di group 3 reguler.


untuk mendaftar, saya menghubungi kepala sekolah lewat email, menyatakan maksud untuk mendaftar sekolah dan memastikan apakah ada tempat atau tidak. selang beberapa hari, saya mendapatkan balasan tentang tersedianya space untuk kak abiq dan dik atha, juga schedule untuk pertemuan pertama dengan kepala sekolah. pada pertemuan ini, saya diajak berkeliling sekolah. dijelaskan tentang kurikulum juga fasilitas, juga kapan kak abiq dan kak atha mulai masuk sekolah.

sekolah belanda nyaris gratis, tidak ada spp. hanya iuran untuk kegiatan sekolah saja, ini pun tidak banyak. ruang kelasnya luas, warna-warni, dan banyak mainan. anak-anak berangkat pukul 8.30 am, naik sepeda diantar sama ayah, lalu dijemput pukul 3.00 pm. dari rumah mereka bawa bekal makan siang, biasanya roti isi daging dan keju juga botol minum. mereka hampir tidak pernah dapat PR. hal yang sangat-sangat menyenangkan buat anak-anak hehe.


selain basic school, ada juga day care dan play group. untuk ara, saya mendaftar ke organisasi yang mengelola semacam pendidikan usia dini, mulai usia 2 sampai 4 tahun, peuterspeelzaal organization (SPLopvang). mendaftarnya secara online, saya memilih sendiri salah satu SPL yang tersedia, juga harinya. kemudian bagian administrasi akan berkoordinasi tentang ketersediaan tempat dan waktu dengan SPL tersebut. mereka juga akan bertanya tentang income kita untuk menentukan berapa besaran SPP yang harus kita bayar.

ara sudah mendapatkan tempat dan jadwal di SPL dekat kampus saya. dua kali dalam satu minggu, tiga jam tiap satu pertemuan. saya membayar 20 euros tiap bulan. berdasarkan kontrak yang pertama, ara bisa mulai sekolah tanggal 15 mei. namun, ternyata bagian administrasi kurang teliti dengan usia ara yang baru akan masuk dua tahun bulan July mendatang. meskipun tinggal dua bulanan lagi, ara tetap belum genap dua tahun dan belum bisa ikut SPL. akhirnya bagian administrasi melakukan perubahan. ara baru akan ikut SPL awal September 2018, dan akan dibuatkan kontrak yang baru.


kemarin saya sudah sempat datang ke SPL dan bertemu dengan dua gurunya. berjarak kurang lebih lima menit dari leiden university library. di SPL itu ada 16 anak-anak, dan usia mereka di atas dua tahun. ara tampak masih takut-takut untuk turun dari gendongan. apalagi waktu gurunya meraih tangan ara mengajaknya melihat-lihat ruangan, ara memanggil-manggil ibu ibu aja. duh jadi nggak tega. belum tahu nanti bulan september, semoga ara sudah berani untuk bermain-main di PAUD belanda :)

0 comments: