04 January, 2017

1 comments 1/04/2017 11:18:00 AM

Hamil di Belanda

Posted by isma - Filed under , ,

surprise kehamilan yang saya dapatkan memberikan pengalaman luar biasa soal hamil dan melahirkan di belanda. tentu ada bedanya, karena berbeda kebiasaan, sistem, juga budayanya.

pertama soal perawatan kehamilan. di indonesia begitu tahu hamil, kita bisa langsung datang ke bidan atau rumah sakit seperti umumnya orang sakit yang periksa ke dokter. tapi, tidak dengan di belanda. kita harus memastikan dulu soal asuransi, apakah mengcover biaya persalinan atau tidak. soal ini bisa dibaca di sini. karena biaya pemeriksaan rutin dan persalinan di belanda cukup mahal. begitu tulis beberapa blog yang saya baca. kalau asuransi kita mengcover, berarti semua aman :)

terkait perawatan, hal kedua yang harus dipastikan adalah huisart (dokter keluarga). soalnya pas saya daftar ke bidan atau rumah sakit, pasti ditanya siapa huisart-nya. tapi memang begitu kita tiba di belanda, kita harus mendaftar ke huisart terdekat sebagai rujukan saat kita mau periksa karena sakit. jadi kita tidak bisa sembarang periksa, kecuali emergency bisa langsung ke rumah sakit. tapi itu pun pasti akan ditaya siapa huisart kita dan akan ada report yang dikirim rumah sakit ke huisart.

kalau huisart sudah beres, kita mencari bidan yang akan menangani kehamilan kita. di belanda tenaga medis pertama yang kita rujuk untuk pemeriksaan kehamilan adalah bidan, midwife. mereka praktiknya di klinik. baru kalau misalnya ada masalah pada kehamilan kita, bidan akan membuat surat rujukan untuk kita melanjutkan pemeriksaan ke rumah sakit. sampai kemudian normal lagi, kita kembali kontrol ke bidan. tapi, kalau ada masalah lagi dan perlu penanganan dokter, ya kita dirujuk lagi ke dokter. seperti kasus saya, dari bidan kemudian dokter, lalu kembali kontrol ke bidan, tapi karena jelang lahir janin saya diketahui posisinya melintang, akhirnya kembali dirujuk ke rumah sakit.

informasi tentang bidan saya dapatkan dari pihak asuransi. ketika saya apply asuransi pertama kali, saya bilang kalau sedang hamil. kemudian mereka menghubungkan saya dengan bagian, apa ya namanya saya lupa, tapi ia memberikan saya informasi tentang nomor-nomor yang perlu saya hubungi, salah satunya bidan. ia membantu saya mencari klinik bidan mana yang paling dekat dengan lokasi saya tinggal. termasuk juga rumah sakit jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

salah satu sudut ruang tunggu klinik

setelah sukses mendaftar menjadi pasien di klinik bidan, kontak lain yang harus dihubungi adalah jasa kraamzorg (perawat maternitas). ini adalah perawat yang akan datang ke rumah kita pasca melahirkan. ia akan membantu merawat bayi, membersihkan rumah, memasak, juga mengajari kita tentang seluk beluk perawatan dan tumbuh kembang bayi sesuai sistem di belanda. usai menghubungi mereka, biasanya akan ada satu orang dari penyedia jasa ini yang datang ke rumah kita untuk observasi. ia akan melihat keadaan rumah dan fasilitas untuk memastikan alat-alat tambahan yang dibutuhkan.

pihak kraamzorg punya aturan misalnya tinggi tempat tidur harus sepersekian inchi untuk memudahkan kerja kraamzorg. jika bed-nya rendah, maka dibutuhkan alat untuk meninggikan bed yang kita sewa dari penyedia alat-alat tersebut. selain alat ini, diperlukan juga botol penghangat suhu yang diletakkan di dekat bed bayi. karena suhu tempat tidur bayi ada aturannya harus sepersekian derajat. jasa penyewaan ini juga menyediakan tempat duduk untuk mandi si ibu. nah untuk menyewa ini, kita harus kontak perusahaanya melalui website dan telpon. lalu barang-barang akan diantarkan dan dibantupasangkan di rumah oleh mereka.

selain membahas tentang alat-alat ini, kraamzorg yang datang ke rumah juga menjelaskan tentang tugas-tugas, jam kerja, juga biaya yang harus kita tanggung. seingat saya, mereka bekerja selama 50 sekian jam, dan 24 jamnya ditanggung oleh asuransi. sisanya kita bayar sendiri. per jamnya sekitar 4 euro. ia juga menjelaskan dalam satu hari kraamzorg akan bekerja selama berapa jam. sesuai pengalaman saya, kerja kraamzorg yang datang ke rumah waktu itu selama seminggu. tiga hari full dari jam 8 pagi sampai jam 5, kemudian dikurangi hingga hari terakhir cuma tiga jam-an.

kita juga diminta untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan peralatan ibu dan bayi pasca-persalinan, seperti alas plastik, perban puser, termometer dll. kita bisa order ke website kraamzorg yang biasanya sudah dikemas satu paket peralatan maternitas. atau ada juga pihak asuransi yang menyediakan, jadi kita tinggal telpon dan bilang kita membutuhkan paket alat-alat tersebut. paket alat-alat ini juga dibedakan antara ibu yang akan melahirkan di RS dengan yang akan melahirkan di rumah. saya tidak tahu persis perbedaannya karena yang saya order waktu itu untuk persalinan di rumah sakit. kalau yang persalinan di rumah mungkin harus lebih lengkap lagi peralatannya.

ohya, melahirkan di rumah sudah biasa dilakukan oleh ibu-ibu di belanda. nanti begitu bidan ditelpon, ia akan datang ke rumah. saya sebelumnya ingin melahirkan di rumah. tapi karena kondisi bayi melintang dan suami belum tiba di belanda, saya putuskan untuk melahirkan di rumah sakit. selain itu, bidan atau dokter akan berusaha untuk membantu ibu melahirkan secara normal. misalnya kasus saya, meskipun bayi posisinya melintang, mereka melakukan cara untuk bisa melahirkan normal.

setelah semua pihak berwajib (hehe) sudah dihubungi, kita bisa melakukan kontrol rutin dengan tenang ke klinik bidan. pertama kali menghubungi biasanya kita diminta mengisi formulir, lalu akan dibuatkan janji kapan untuk mulai kontrol. usai kontrol pertama akan dibuatkan janji untuk kontrol selanjutnya. kita harus mengingat dan menepati janji ini. karena kalau lupa dan nggak datang akan kena denda hehe. kalau misalnya kontrol selanjutnya kita harus ke rumah sakit, nanti bidan yang akan menghubungi RS dan membuatkan janji. pokoknya di sini serba scheduling dan harus ditepati.

di ruang periksa RS waktu memutar posisi bayi

berbeda dengan di Indonesia, di belanda bidan atau dokter tidak akan memberikan vitamin atau obat untuk ibu hamil. mereka juga tidak pernah menganjurkan untuk minum susu hamil. waktu saya tanya tentang anjuran makanan dan minuman, jawaban bidan, banyak-banyak makan sayur dan buah. dalam memeriksa kandungan bidan tidak menggunakan USG. ia mendengarkan detak jatung dengan alat dengar detak jantung, meraba perut si ibu untuk memastikan posisi janin, dan mengambil darah untuk pemeriksaan jika dibutuhkan.

dari pemeriksaan darah itu kalau ditemukan misalnya kurang zat besi, bidan kemudian akan memberikan resep tablet zat besi untuk dibeli di apotik. jika ada masalah gula, kita akan dirujuk ke RS untuk bertemu ahli gizi yang akan membantu kita melakukan diet gula. waktu itu saya harus bolak-balik ke RS untuk masalah ini. padahal diagnosanya baru "potensi gula" karena ada turunan gula dari bapak saya. itu saja sudah diantisipasi sedemikian rupa dengan skema diet makanan bergula. saya bolak-balik untuk pengambilan darah, sebelum dan sesudah melakukan diet. sehari bisa diambil dua kali sesuai interval waktunya.

saya kontrol bidan satu kali sebulan. tapi kemudian menjadi dua minggu sekali, apalagi ketika menjelang hari perkiraan lahir dan kondisi janin masih melintang, saya jadi sering datang ke rumah sakit. kalau sudah hamil tua, yang harus dipegang adalah nomor telpon bidan atau gebortehuis (ruang bersalin) di RS, dan nomor kraamzorg untuk memberitahukan kalau sudah melahirkan. begitu ada tanda-tanda, segera hubungi nomor tersebut. untuk kasus saya karena tidak ada kontraksi dan akan dipacu, saya masih bisa menunggu. waktu saya telpon gebortehuis, mereka tidak ada kamar kosong yang tersedia dan meminta saya untuk telpon lagi esok harinya.

usai melahirkan, jika di rumah sakit dan tidak ada masalah, kita sudah dibolehkan pulang beberapa jam setelahnya. saya waktu itu melahirkan pukul 12 malam, esok harinya pukul 10 saya sudah pulang. lalu kraamzorg akan mulai bekerja pada hari pertama kita sampai di rumah. lain harinya lagi bidan akan melakukan pemeriksaan rutin kepada bayi juga ibunya. dan tak ketinggalan, huisart kita juga akan mengirimkan kartu ucapan selamat atas kelahiran bayi kita.

sepajang pengalaman saya merasakan hamil di belanda, entah ya, rasanya menyenangkan sekali. rasanya kehamilan itu suatu anugerah dan setiap orang yang saya jumpai ikut merasakan kebahagian mendapatkan anugerah ini. apalagi bidan dan para dokter. mereka bisa membuat saya yang hamil sendirian di negeri orang merasa tenang, aman, dan nyaman. sepertinya, mungkin karena semua sudah dipersiapkan dan dihandle oleh bagiannya masing-masing. saya tidak pusing dan was-was soal biaya, karena sudah diselesaikan oleh asuransi. saya tidak bingung soal keadaan saya, karena diagnosa dan tindakan mereka dilakukan berdasarkan pemeriksaan yang valid.

1 comments:

Alimah said...

Duh mba, di tengah nulis disertasi masih sempat nulis di blog. luar biasa, cerita lahiran di Belanda sendirian tanpa keluarga dekat juga sangat menyentuh dan pembelajaran penting buat saya. Semoga lancar studinya mba Isma :)