23 February, 2017

0 comments 2/23/2017 02:05:00 AM

Terbang Bersama Ara

Posted by isma - Filed under , ,
diantar temen-temen ke bandara schipol

ketika ayah, kak shinfa dan dik atha balik lagi ke indonesia pada awal desember 2016 yang lalu, aku pun kembali menikmati hari-hari di leiden hanya berdua dengan ara. sehari setelah mereka terbang, rasanya nglangut. sepi. biasanya rumah ramai oleh celoteh kak atha juga kak shinfa, guyonan juga pertengkaran, tiba-tiba berubah jadi lengang. karena tidak ada orang lain di rumah yang bisa njagain ara, setiap kali aku harus ke kampus, aku titipkan ara ke tetangga rumah, teman-teman dari indonesia. untunglah hanya satu setengah bulan, yaitu sepanjang akhir desember hingga januari, kami tinggal di leiden, sebelum akhirnya menyusul ayah dan kakak-kakak balik ke indonesia. aku dan ara menempuh perjalanan udara selama kurang lebih sebelas jam dari amsterdam ke jakarta, dan perjalanan ini tentu penuh tantangan. tidak seperti yang aku bayangkan :)

ara masih berusia 7 bulanan. kami mendapat tempat duduk di bagian paling depan kelas ekonomi, menghadap sekat pembatas dengan kelas bisnis. waktu itu kebetulan bersama kami ada juga mas cahyo yang mau mudik, mahasiswa phd dari jogja. jadi lumayan bisa menjadi asisten hehe. mas cahyo bantu memegang ara, misalnya ketika ibunya mau makan dan ke toilet. pas masih di bandara schipol mas cahyo juga ikut bantu membawakan tas bawaan dan jaket yang sebelumya aku pikir akan bisa mengangkut semuanya sendiri. ternyata tidak bisa.

setelah pesawat tinggal landas, pramugari memasang basinet pada sekat pembatas di hadapan kami. box bayi yang bisa dipakai untuk menidurkan ara. untuk box ini, kita tidak perlu meminta karena sudah otomatis ketika kita check in bersama infant, pihak garuda sudah mengatur tempat duduk kita dan layanan basinet untuk infant. tapi, sayangnya ara tidak bisa ditidurkan di basinet. sepanjang penerbangan ara lebih banya terjaga, jika tidak di pangkuan, ya dalam gendongan. atau kalau ia bisa tidur, aku takut kalau ditidurkan di basinet ia akan terbangun. alhasil, tidur pun ara tetap aku pangku.

seperti orang dewasa, agaknya ara juga merasa tidak nyaman selama dalam perjalanan. entah pusing atau berisik dengan suara pesawat. ara jadi agak rewel. meskipun sudah aku gendong sambil mengayun-ayun, menepuk-nepuk juga menyusui, ara tetap kelihatan gelisah. kalau dihitung-hitung, aku berdiri sambil menggendong ara hampir selama separo penerbangan. hufff! sampai aku terkantuk-kantuk dan harus pegangan sandaran kursi untuk menjaga keseimbangan. tapi syukurlah, setelah usaha keras itu, ara pun terlelap. masih sambil memangku ara, aku pun bisa memejamkan mata dengan nyaman.

untuk infant, pihak garuda menyediakan makanan instant berupa dua botol kecil pure wortel dan apel, juga biskuit, dan diberikan sebanyak dua kali. ara mau juga makan pure, meskipun terus terang itu pertama kali ia makan makanan instant begitu hehe. ara juga dapat tas cangklong berbahan plastik yang isinya antara lain diapers dan tissue, juga kantong untung menyimpan diapers yang kotor. waktu itu aku sempat ngganti diapers ara, dibantu oleh mas cahyo.

ara sama pak dhe cahyo hehe

ara yang nggemesin :*

tiba di bandara soekarno hatta, aku berganti kostum, begitu juga dengan ara. pada bulan january suhu di belanda senang dingin-dinginnya. saya memakai dua lapis baju ditambah jaket hangat. begitu keluar pesawat, rasanya gerah bukan main hehe. bangunan bandara juga banyak berubah setelah renovasi dan penambahan gedung baru. biasanya cukup pindah ke lantai 1 dari gate kedatangan, sekarang harus berjalan lumayan jauh juga. untungnya mas cahyo masih bisa jadi asisten bagian bawa-bawa. cuma karena mas cahyo ambil penerbangan satu jam lebih lambat dari jam penerbanganku, jadinya aku kerepotan juga membawa tas dan jaket hangat sambil menggendong ara.

di dalam pesawat jakarta menuju jogja, ara kembali rewel. ia menangis sepanjang penerbangan. aku susui nggak mau. mungkin maunya digendong sambil ditepuk-tepuk. tapi, tidak memungkinkan untuk penerbangan domestik, selain karena beberapa kali ada goncangan dan penumpang harus duduk dengan sabuk pengaman. akhirnya aku biarkan saja ara menangis sampai kelelahan dan tertidur. tapi tidur ara tidak lama. apalagi waktu itu pesawat berputar-putar cukup lama, kira-kira hampir setengah jaman, tak juga mendarat. bukan karena cuaca, tapi landasan yang sibuk. duh rasanya kemrungsung, mana ara mulai rewel lagi. dua orang mas-mas dan seorang mbak-mbak coba ngledo ara supaya nggak nangis. tapi, begitu ledoan mereka berhenti, ara rewel lagi. duuuh, rasanya itu capek lahir batin hehe.

begitu pesawat mendarat dan kemi keluar pesawat, ara tampak lega. ia nggak ngak-ngik seperti sebelumnya. akhirnya, sampai juga, begitu mungkin pikir ara hehe. aku juga lega, bersyukur, berhasil menempuh perjalanan bersama ara dengan aman dan selamat sampai jogja.

0 comments: