07 May, 2015

11 comments 5/07/2015 06:29:00 PM

Cuplikan dari Kelas Blogging

Posted by isma - Filed under , ,
training blog content & design di jakarta
senang, puas, dan marem. begitu kira-kira rasanya saat saya tahu kalau apa yang saya jelaskan bisa dipahami. apalagi, waktu saya melihat hasilnya, seperti sebuah tulisan baru yang lebih berisi, dekat dengan pengalaman, dan enak untuk dibaca. misalnya annisa, semula ia menulis tentang gagasan organisasi kemahasiswaan. "adakah kamu punya pengalaman khusus yang membuat kamu terkesan, misalnya bagaimana menghargai orang lain?" tanya saya. ia lalu muncul dengan ceritanya tentang kunjungan ke suku baduy.

salah satu peserta training di jakarta ini menulis, "ada cerita menarik ketika saya menginap di Baduy Dalam, saya meminta izin untuk melakukan ibadah. mereka mempersilakan saya dan kawan lainnya untuk melakukan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing. saya merasa terharu ketika bisa sujud di tanah Sunda Wiwitan ini. masyarakat Baduy tentu tidak asing dengan hal ini karena setiap week end mereka biasa menerima tamu/wisatawan yang menginap. meskipun kebanyakan mereka tidak bisa membaca dan menulis dan mungkin tidak tahu dengan teori toleransi tapi mereka mengerti dengan hakikat toleransi."

ini di palu, temen-temen sedang sharing hasil diskusi kelompok

di probolinggo, bersama tim kesehatan remaja, membuat blog
lain lagi dengan cerita di palu. kebetulan jumlah pesertanya lebih sedikit dari pelatihan di kota lain. kurang lebih 15 anak. sehingga saya jadi ada waktu untuk ngobrol dan mengikuti proses menulis mereka satu per satu. namanya abdi. ia ingin menceritakan kisah dari bapaknya tentang perseteruan di pasar yang berlangsung lama. dengan apik ia memulai tulisannya, “sebuah lapak yang menjadi penyebab perselisihan 2 individu yang berbeda suku,” cerita bapak. waktu itu saya masih duduk di Sekolah Dasar. saya sering mendengar cerita dari orang-orang bahwa suku Kaili dan Bugis yang bekerja di pasar pernah berseteru. lalu saya bertanya kepada Bapak tentang bagaimana perseteruan itu bisa terjadi."

sementara di bondowoso, saya bertemu lum'ah yang tulisannya dari awal memang sudah bagus. ia punya skill untuk membuat narasi. hanya perlu teman diskusi saja, kira-kira tema seperti apa yang menarik untuk ditulis. "kamu punya temen yang menikah muda?" tanya saya. ia mengangguk. "bagaimana keadaannya?" lanjut saya. ia bilang, keadaannya membuat ia sedih. ia pernah main ke rumahnya dan ngobrol banyak. "kenapa kamu tidak menulis tentang pengalaman temanmu itu dan bagaimana kamu melihat keadaannya sekarang?" tawar saya. lum'ah setuju dan tulisannya yang berjudul 'kado terindah dari sahabat' menjadi tulisan paling menarik dan ia berhak mendapatkan tablet dari panitia.

training di semarang
ini di bandung
bersama firoh dan peserta GENRE Media Production Workshop

kalau semua mau ditulis satu per satu tidak akan muat. ini cuplikan kesan dari kisah sepanjang bulan maret dan april 2015, mengisi training blog content dan design, di enam tempat berbeda. mulai dari jakarta, semarang, bandung, dan palu dimotori oleh search for common ground. lalu di probolinggo yang disupport oleh pt. ipmomi, dan di bondowoso yang diorganisasi oleh firoh bersama bkkbn. tema yang dituliskan juga berbeda-beda, dari ngeblog untuk peacebuilding, untuk promosi kesehatan remaja, pengelolaan sampah, dan posyandu, sampai issue say no untuk menikah dini, narkoba, dan seks bebas.

para peserta yang ikut adalah pelajar SMA dan mahasiswa. saya lebih suka dengan anak-anak SMA-nya. bukan karena mereka masih pada imut-imut lho ya. tapi karena mereka enak untuk diajak berproses dan mau belajar. tahu kalau "show" itu lebih bagus daripada sekadar "tell", dan mau beranjak dan benar-benar menggambarkan. mereka lebih suka tema-tema sederhana, cerita sehari-hari yang lebih dekat dengan mereka, tapi bernilai. senengnya lagi, mereka pintar mengapresiasi proses di kelas. tentu sebagai fasilitator saya jadi seneng. karena biarpun sedikit dan apa adanya, ternyata punya manfaat dan makna. begitu harapan saya. semoga. amiin.

11 comments:

Murtiyarini said...

Semangat belajarnya itu lho..luar biasa. Salut

sari widiarti said...

waaah keren mak, jadi trainer, bisa menginspirasi dimana - mana :)

admin said...

keren, mbak acara ini

Enci harmoni said...

wah....asyik sekali ya mbak... di tebo sini payah sekali mencari blogger, dan masih sedikit sekali blogger mbak, sudah sering saya komporin teman2 buat nulis, alasannya gak bisa...

Mechta said...

Alhamdulillah..senang bs berbagi yaa... Semoga sukses training2nya... Mudah2an suatu saat bs ikut menimba ilmu juga :)

Nia K. Haryanto said...

Keren acaranya. Seru bangeeeeet.

Meq Faith said...

Gue dapet Buku .... hehe

tapi tabletnya ilang ...


so,

Kapan bu guru mau bikin grub facebook nya ?????? :-)

Lidya Fitrian said...

keren menyebarkan virus ngeblog dimana-mana

Obat Herbal Kelenjar Getah Bening said...

pasti seru nih acaranya

Meq Faith said...

Ihhhhhh .... serunya bisa belajar sama bu Guru :-)

Keke Naima said...

biasanya kalau anak-anak remaja justru suka punya ide-ide segar :)