31 May, 2012

9 comments 5/31/2012 02:04:00 AM

Pernak-Pernik Wisuda

Posted by isma - Filed under

"loh sudah wisuda kok masih ambil kelas?" beberapa teman bertanya, setelah melihat foto wisudaku di facebook dan tahu kalau aku masih harus menyelesaikan kelas sampai juli. aku dulu pas dijelasin sama temanku di hawaii juga agak-agak bingung gitu, secara menurut adat-istiadat kampus di indo, wisuda adalah gerbang penutup perkuliahan kita. kalau sudah wisuda ya berarti wassalamualaikum. sebenarnya nggak cuma soal wisuda saja, tapi ada beberapa hal yang juga berbeda dengan model ala kampusku dulu di jogja, apakah itu, yuuk mari kita simak.

pertama, soal apakah plan A atau plan B. di departemenku, kami boleh memilih antara menulis tesis (minimal 100 halaman) atau 2 paper (per paper sekitar 30-50 halaman). dan sebagai international student, kami didorong untuk nulis 2 paper. tapi banyak juga temen yang milih plan A. aku sendiri, milih plan B karena papernya tinggal ambil dari tugas paper yang aku submit untuk kelas lalu diperbaiki. pikirku lebih mudah, meskipun praktiknya sama saja hehe. karena kalau dilihat jumlah halaman, dua paperku sampai juga 100 halaman :))

sidang paper yang sederhana

kedua, soal pernak-pernik defense atau sidang paper yang semuanya diurus sama mahasiswa. jadi aku musti membentuk komite, menghubungi professor apakah bersedia masuk dalam komiteku atau tidak. ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum menulis master paper. karena mereka juga akan menjadi pembimbing penulisan papernya. setelah itu, set up waktu yang tepat untuk sidang, yang kami semua bisa hadir. dan begitu tanggalnya sudah fix, aku booking tempat untuk ujian sidang ke bagian administrasi. semua ini jelas beda banget sama di kampusku dulu, karena aku tinggal terima beres dari bagian akademik.

bedanya lagi, semua persiapan itu bisa dilakukan via email, termasuk draft paper yang mau didiskusikan, cukup dikirim soft filenya ke pembimbing. hehe nggak berat di ongkos ... sidangnya juga nyantai banget. kebetulan untuk sidangku, semua peserta termasuk aku, pembimbing dan teman-teman duduk melingkar mengelilingi meja yang sama. dan senengnya lagi, mereka apresiatif banget sama hasil paperku. komen dan pertanyaan yang diajukan tidak ada yang menjatuhkan, tapi supportive dan encouraging.

ketiga, soal perwisudaan. aku sudah mendaftar untuk wisuda dari bulan maret. di sini cuma ada dua kali upacara wisuda dalam setahun, bulan mei dan desember. syarat daftarnya cuma isi form yang menyebutkan apakah aku mau lulus (menyelesaikan semua matakuliah) spring 2012 atau summer 2012, dan membayar $30. sudah, itu saja. tanpa embel-embel misalnya surat pernyataan sudah selesai ambil mata kuliah dan lain sebagainya. karena wisuda di sini berbeda dengan kelulusan. wisuda cuma formalitas, sementara kelulusan harus dibuktikan dengan menyelesaikan semua mata kuliah dan submit thesis atau paper. untuk aku yang mau lulus summer 2012 dan ambil plan B, harus submit semua dokumen itu paling lambat tanggal 9 juli. dan begitu graduate division mengirimkan email pernyataan bahwa semua dokumen itu diterima dan lulus uji (termasuk soal plagiarism), aku berhak menyandang gelar master.

untuk upacara wisuda, aku sempat bingung juga karena nggak ada gladi resik. trus bagaimana aku tahu urutanku dan bla bla bla. mikir deh pokoknya. sampai akhirnya aku dapat pencerahan dari temenku dan mengikuti langsung tentunya. jadi, pada hari H, yaitu 12 mei, aku dan temen-temen langsung berangkat ke GOR kampus dengan memakai baju wisuda pukul 1.30 siang. baju wisudanya kayak harry potter karena ada buntut di bagian belakangnya. pernak-pernik baju ini bisa dibeli di book store, $75. mahal banget. untung aku dapat warisan dari senior, jadi cuma beli pita untuk toga. tapi, asyiknya di sini, semua fleksibel. misalnya toga, ada yang dihias-hias, atau malah pakai toga karangan daun. ada juga yang cuma pakai sandal jepit dan celana pendek, meskipun di luarnya pakai baju kebesaran. hehe unik sekali!

sampai di GOR, aku mengisi form nama yang aku dapat dari book store. seorang petugas tampaknya juga berkeliling membagi-bagikan form nama untuk diisi, bagi mereka yang belum punya. berbeda dengan di kampusku dulu, semua nama wisudawan sudah diprint dan siap dibacakan. lalu wisudawan akan maju satu per satu sesuai dengan nama yang dipanggil. tapi di sini, nama dipanggil sesuai dengan form nama yang kita kasihkan sebelum simbolisasi penerimaan ijazah. jadi, dari luar GOR aku masuk dalam barisan Master of Art, bergerak memasuki GOR dan duduk sesuai dengan department masing-masing. Begitu tiba saatnya simbolisasi penyerahan ijazah, kami berdiri tertib, menunggu giliran untuk menyerahkan form nama ke petugas satu per satu. setelah menerima form nama punyaku, petugas membacakannya dan aku pun berjalan menuju stage untuk menerima ijazah simbolik. jumlah wisudawan kemarin ribuan dan memang lebih banyak dari wisuda bulan desember, makanya dibagi dua sesi. pagi untuk S1, dan siang untuk S2 dan S3.

berbaris sesuai department

di dalam GOR, setelah prosesi. ada yang cuma pake toga daun

menuju lapangan

begitu selesai upacara, seluruh wisudawan menghambur ke lapangan, mencari abjad pertama nama belakang masing-masing. misalnya nama belakangku Ismah, aku mencari abjad I. tujuannya, supaya keluarga dan temen-temen bisa dengan mudah menemukan wisudawan untuk mengucapkan selamat atau foto-foto. nah, di sinilah acara pengalungan lei dan foto berlangsung. lei itu simbol penghormatan dan penghargaan di hawaii, dan ini yang bikin penampakan para wisudawan di hawaii jadi unik dan lain daripada yang lain. semakin banyak teman, biasanya semakin banyak lei yang didapat, sampai lehernya nggak muat. leinya juga macam-macam. ada yang bunga atau daun asli, imitasi, rangkaian kerang, kalung kayu, bahkan permen dan uang yang dibikin lei. ada yang dikalungkang atau diikatkan di kepala. seru sekali, dan pastinya bikin wisudaku sangat spesial!

dengan teman-teman

tampak belakang

haha kepalanya tenggelam

yeeeaaaay!

9 comments:

pengobatan tradisional infeksi saluran kemih said...

topi daunnya unik,,,aloha,,,

Mrs. Basuki said...

Aku termasuk ya bertanya dalam hati Mba dari kemaren, kok udah wisuda masih banyak kegiata dan tugas ya...kirain dah mau langsung pulang ke Indo...

Oh begitu ya, lumayan ekstrim ya Mba perbedaanya, aplg soal prosesi wisuda. But btw,aku mah prefer yang ala Indo deh,dimana wisuda tuh masa2 yang tak terlupakan, termasuk soal susahnya mengurus berkas2 syarat wisuda, hehe...

Itu yang pake topi daun lucu ya Mba;)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

buka baju wisudana dong mbak, mau lihat dalamnya hehehe. ternyata beda ya disana

Akhmad Muhaimin Azzet said...

yeaaaaaa.... sampe bisa terbang gitu ya, Mbak, hehehe....

meski sudah wisuda, masih ada kelas ya, hmmm.... di sinilah pentingnya "menuntaskan" ilmu itu ya Mbak, kalo sudah diwisuda, di Indo ya wassalamu'alaikum.... hehehe....

Audrey Subrata said...

wah wisudaaaa... asik asik... hehe. :P

Bunda Ofa said...

Horaaaayyyyy....
Alhamdulillah sdh wisuda :)
Selamat ya mba... akhirna bisa ngumpul lagi ama kk Abieq & dd Atha

bundanya i-an said...

asiek asiek..... selamat ya jeng...
wah seru juga yah wisudanya...

.:diah:. said...

woooow, congrats ya Mbak.

btw yg foto terakhir beneran loncat atau teknik foto nih? hehehh

dey said...

foto yang loncat itu keliatan seru mbak ...