03 March, 2012

7 comments 3/03/2012 02:44:00 PM

Dewaruci Mampir Hawaii

Posted by isma - Filed under

Sudah pernah naik kapal laut? Haha, aku belum pernah. Kecuali perahu di pantai tempat wisata, atau kapal penyeberang dari Jawa ke Madura yang cuma lima belasan menit. Itu saja perutku sudah agak mual dan kepala pening. Jadi, aku tak bisa membayangkan, bagaimana jika perjalanan laut itu mengarungi samudera, menjelajah negara-negara di dunia, berangkat dari bulan Januari dan akan kembali pada bulan Oktober. Hmmm, benar-benar tak masuk akal.

Tapi, demikianlah perlayaran yang dilakukan Kapal Perang Republik Indonesia, Dewaruci. Pada 28 Februari 2012, Dewaruci melabuhkan jangkarnya di Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut di Hawaii. Sebelum ia akan kembali berlayar menuju San Diego dan negara-negara berikutnya, hingga Oktober 2012 akan kembali tiba di Indonesia. Perjalanan laut yang hampir satu tahun! Yup, Dewaruci memang keren! Ia bukanlah kapal yang dibuat kemarin sore. Digodok dan ditempa di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat pada tahun 1952, Dewaruci resmi diluncurkan pada tahun 1953. Selama 60 tahun ia difungsikan sebagai kapal latih yang mengarungi kepulauan Indonesia juga luar negeri.

tertuliskan dewaruci

menghalau hehe

acara digelar di atas kapal

tari remo bersama abila

Banyak pertanyaan muncul di benakku juga temen-teman yang berkunjung kemarin. "Mabuk nggak Pak?" Erni bertanya pada seorang bapak awal kapal. "Wah, jangan ditanya mbak. Antimo sudah nggak mempan," jawabnya sambil tertawa. "Pokoknya makan, keluar, makan lagi, keluar lagi," lanjutnya. "Bagaimana itu ombaknya Pak," aku penasaran. "Ya tinggi. Biasanya ujung kapal sampai menyentuh permukaan laut. Ya begini," ia menggerakkan tangan dari atas ke bawah, seperti gerakan terjun. Aku melongo. Membayangkan, bagaimana itu rasanya ya. Di-lahraga-kan dan di-yoga-kan oleh alam, selama hampir satu tahun. Ckckckck.

tangga ke lantai bawah

sudut di ruang tamu

ada snacknya lho

pantry

Selain di geladak, kami juga ngobrol di pantry. Jadi isi kapal terdiri atas beberapa lantai, aku kurang tahu persis karena hanya lantai geladak dan satu lantai di bawahnya yang bisa kami akses. Pantry, ruang tamu, dapur dan kamar para awak berada di lantai bawah, di atas lantai storage yang berfungsi untuk menyimpan stock makanan. Ruang tamunya terluhat elegan dengan warna coklat kayu dan dingin oleh AC. Seperti ruang tamu di rumah-rumah Indonesia, terdapat barisan toples isi snack. Kayak lebaran :)

Selesai keliling, awak Dewaruci menggelar sore pertunjukan, menampilkan tari remo dari Jawa Timur, tari minang, hula dance oleh warga Indo di Hawaii, dan poco-poco. Makanan kecil dan gorengan juga disuguhkan, ples kopi kapal api ala Indonesia. Membuat sore perjumpaan kami dengan Dewaruci itu begitu berkesan. Perjumpaan yang karena keberuntungan.

7 comments:

mimi RaDiAl said...

ah,,,nebeng narsis jg ni mpok, boleh ya kita poto2 disana ? kesannya kan militer bgd tu kapal...

ke2nai said...

Keren bgt ya kapalnya.. Itu kl di Indonesia berlabuhnya dimana ya.. Pengen coba juga masuk.. Hihi.. :-)

M. Faizi said...

malah yang di Hawaii yang bisa foto-fotoan.. aneh benar... yang di Indonesia, melihatnya pun baru dalam gambar

salut dan salam

M. Faizi said...

eh, itu tanggalnya 28 Pebruari mungkin, Jeng, bukan Maret. Ini baru Maret kok. tapi entah mungkin di Hawaii sekarang sudah tanggal 30 Maret :-D

Salam

isma said...

--> mimi radial
yg diperbolehkan cuma di atas dan depan dewaruci. selain objek yg itu, aku dpt teguran dr tentara Hawaii haha

--> ke2nai
berlabuhnya di surabaya bun, kurang tahu juga apakah mrk bisa dieksplore apa enggak ...

-->
makasih ra koreksinya hehe
itu dia, karena beruntung aku di hawaii jadi bisa liat isi-isi dewaruci :))

Kristin Or Ichien said...

wahh kerennn..jadi inget film pearl harbor hehehehe

no limit adventre said...

salam sukses selalu :)
kunjungan balik sob :)