19 August, 2009

5 comments 8/19/2009 12:59:00 PM

Antara FS, Blog, dan FB

Posted by isma - Filed under

Semingguan terakhir ini aku jadi suka ngeklik arsip2 di sidebar blogku. Membaca beberapa catatan moment tentang Shinfa. Lucu-lucu dan asyik. Malah ada beberapa yang aku sebenarnya sudah lupa kejadian dan dialognya, tapi karena tertuliskan jadi ada rekam prosesnya. Apalagi kalau blog ini bisa bertahan sampai Shinfa besar dan dibaca langsung olehnya, pasti akan kemekelen sendiri melihat bagaimana seru dan lucunya masa kecil dirinya dulu.

Selain itu, aku juga mengklik beberapa blog yang ada di link topibundar. Tapi, sayang. Rata-rata sudah tidak bisa dijumpai lagi link blognya mungkin karena sudah hangus, atau banyak juga yang sudah tidak di up-date lagi atau pembacanya dibuat terbatas. Yang bisa terbuka, aku sapa dan aku tinggalin komentar, meskipun postingannya sudah berbulan2 lewat. Sekadar mengenang masa-masa ramainya perblogeran.

Aku mengenal blog pada pertengahan 2006, setelah membuka blog pribadi Salman Aristo, dan setelah di kantor dipasang internet terutama. Aku lalu coba-coba membuat akun dan belajar mengganti template dari blogskins secara otodidak. Waktu itu teman-teman di kantor justru sibuk dengan FS atau chat dengan YM. Aku sudah punya FS, sebelumnya. Meskipun ada fasilitas blog FS untuk posting tulisan panjang, menurutku agak ribet dan malah jarang dimanfaatkan.

Mulailah aku rajin posting tulisan. Topibundar memang narsis, tentang cerita remeh kehidupan sehari-hari yang jauh dari ilmiah hehe, apalagi bermutu. Tapi, jujur aku terinspirasi oleh blog Salman yang juga narsis dan "gue banget". Toh, tak ada yang salah. Blog memang bersifat personal, meskipun kemudian bisa dibaca publik.

Masa jaya perblogeran masih bertahan sampai pertengahan 2008-an. Artinya, masih banyak teman-teman di link-ku yang up date tulisan, blog walking, atau kopdar. Isi southbox juga selalu berganti tiap harinya. Sampai kemudian aku kenal dengan Goodread, Pulrk, lalu Facebook.

Sebenarnya, setelah bikin blog dan ngeblog aku sempat menemukan sebuah tulisan tentang Facebook. Bahkan, tak sedikit cerita yang menjelaskan bagaimana orang-orang, terutama di luar Indonesia, kecanduan sama FB itu. Lalu, aku iseng-iseng membuat akun FB, tapi karena tidak tahu bagaimana memenejnya, akun itu hanya dibuat saja. Tapi, awal 2009 kemarin, seorang temen bilang, "Heh, sana bikin FB. Sekarang jamannya FB." Dan, dimulailah masa2 booming FB and bye bye ngeblog.

Beberapa teman memang mengakui salah satu sebab terbengkalainya blog karena lebih tertarik ngefesbuk. Tentu tidak bisa dipukul rata, bisa jadi juga karena kesibukan kerja dan lain-lain, seperti aku (gubrak!). Karena mungkin FB lebih simpel dan tak perlu banyak menulis. Cukup dengan mengganti status, lalu teman-teman memberikan komentar. Meskipun di FB ada note, tapi tak banyak yang memanfaatkannya. Selain itu, model searching FB teman-teman lama kita juga mudah. Sehingga tak jarang kita menemukan banyak teman lama lewat FB, dan semakin banyaklah link dan jaringan kita.

Menurutku, FB memang asyik. Tapi, ngeblog menurutku juga tak kalah asyik. Apalagi, kalau untuk menyalurkan bakat narsis dan berbuah kata. Ngeblog juga membiasakanku untuk menulis, membuat cerita menjadi sistematika yang enak dibaca. Meskipun di FB juga bisa, tapi blog berasa lebih personal. Template bisa diganti semau kita, juga diotak-atik sebisa kita.

Anyway, setelah blog dan FB, kira-kira boming apalagi ya yang akan menggantikan?

5 comments:

Mom-Aryaka said...

tapi membuat kata yang baek dan bagus serta benar itu susah je jeng, coba sampean ajarin toh

M. Faizi said...

Kalau saya sih tetap pilih blog. Facebook buat yg remeh-remeh-remeh saja. Kalau di blog, cukup remeh-remeh saja.

bundanya i-an said...

banyak yang bilang emang terbengkalai blog kambing hitamnya FB he he he... terbukti kalo aku berkunjung ke blog temen2 yang dulu rajin posting sekarang sepi postingan... tapi begitu ngintip FB nya wah statusnya berubahnya cepet banged he he he...
btw... aku masih tetep pilih blog..walau saat ini lagi males posting he he he...
nyok... ramein lagi blog nyok....

Lala said...

Aku lebih suka ngeblog jeng, soale ngeblog bisa dapat duit hehehe... *matre mode on*

Met menjalankan ibadah puasa ya, mohon maaf lahir batin ^_^

Bali - Anastasia Fiatmita said...

Kalau saya sih lebih suka ngeblog mbak :) facebook sih cmn utk ya iseng2 sm pass-time aj!

btw, selamat berpuasa ya :)

salam hormat dari bali!