09 December, 2008

6 comments 12/09/2008 11:39:00 AM

Bilang "R"

Posted by Isma Kazee - Filed under

“Ibu Ibu, Dik Abit bisa bilang: Mbak U’r’el,” lapor Shinfa tiba-tiba sepulangku dari nguli. Seminggu sebelum lebaran idul adha. Dengan huruf R yang samara-samar.
“Coba ulangi, Dik,” pintaku.
“Mbak U’r’el,” ia mengulang, dan aku langsung terkekeh, mendaratkan hadiah cium buat Shinfa. Akhirnya, dia bisa juga mengucap huruf R. Setelah setiap waktu diajarin, dan nyerah dengan bilang, “Dik Abit belum bisa.”
“Coba bilang roti,” pintaku.
“Loti.”
“Hah! Kok masih L?” aku terkekeh.
Ternyata R-nya baru bisa untuk R-nya Urel. Tapi, nggak apa-apa. Sebagai permulaan sudah bagus. Tinggal latihan aja terus ya Shin. Tapi, aku terus jadi penasaran, bagaimana Shinfa tiba-tiba bisa mengubah Ulel menjadi U’r’el?
“Diajari siapa, Dik?”
“Mbak Tami,” jawab Shinfa. Dan, masuklah Mbak Tami ke dalam kamar.
“Ngajarinnya gimana, Mbak?” tanyaku.
“Dik Abit taksuruh bilang, ‘r’. Gitu,” jelas Tami sambil menirukan bunyi ‘r’ ala Inggris yang samar-samar. Hihi, ternyata Tami pinter juga yak.

Sejak sore itu, aku jadi sering ngagetin Shinfa untuk bilang, “Mbak Urel.” Dan, Shinfa menirukannya dengan ‘r’ yang samar. Tapi, untuk R pada kata yang lain masih berbau-bau L. Sampai dua hari yang lalu, dengan sumringah Shinfa unjuk kebolehan.
“Ibu, ‘r’okok, ‘r’ok, ba’r’u…”
Hehehe. Aku bersorak girang. Alhamdulillah… Shinfa sudah bener-bener bisa ngucapin konsonan “R”. Biar telat, yang penting nggak keterusan pelat ya Dik… hehehe.

6 comments:

widie said...

hahahaha..kreatipppp mba Taminya ya..yaudah 'R'nya ala inggris aja deh dik biar beda ma yg lain hahaha

mbu'azka said...

hihihii.. lucu jg taunya ya? kalo aku dulu pake diancam, salah ngucap ya yg diminta dapetnya salah juga! Rrrrrr..

astien said...

pinterr..dah bisa ngucap R ya, untung ga keterusan..
saudara sepupuku sampe SMA tetep cedal, mungkin karena ibunya dulu gak telaten ya hehe...

Tigger said...

asik nih, dapet contekan..
haha.. ntar anakku maw tak ajarin pake cara ituh ah..

*sambil mikir, lha wong suami aj blm pny, malah dah mikir anak..*

^_^

Fanya Ardianto said...

wah wah, selamat ya shin ;)
tapi jangan mentang2 udah bisa ngucapin R trus kata2 yg gak ada R-nya dipaksain pake R (inget masa kecil dulu, begitu bisa ngucapin R, langsung memaksakan R pada setiap kata, seperti sekorah utk sekolah, sarah utk salah, hehe)

~ c3mplo3ck ~ said...

horeeeeeeeeeeeeeee berhasil *gaya dora* alhamdulillah Mba Shinfa dah bisa nyebut'r' selamat ya besok ajarin dek Arya ya ...