03 June, 2008

17 comments 6/03/2008 07:03:00 AM

Biang Korek

Posted by isma - Filed under
Korek apa kerok ya?
Tepatnya korek kali ya, secara yang satu ini bisa menyulut api kemarahan, kejengkelan, sekaligus kegemesan. Koreknya terserah deh, korek jres atau korek gas hehe. Yang jelas bisa menyulut api. Ah, tapi sebenarnya marah dan jengkelnya nggak gitu-gitu amat. Malah yang tersisa kemudian adalah gemes dan kemekelen. Hm, kira-kira apa atau siapa sih si biang korek ini?

Ups! rapi bener to shinfa pake lipstiknya hehe. Ibue aja kalah!

Hihi, siapa lagi kalau bukan Shinfa dengan seluk-beluknya akhir-akhir ini. Memasuki usia 3 tahun, usia pembangkangan, ngeyel, dan sudah bisa menentukan karep. Sekarang dia sudah punya jawaban balasan pas aku mbengok dengan gemes, “Adik, dengerin Ibu dong,” gara-gara pas aku omong dicuekin alias nggak digubris. Jawabnya, “Ya Ibu itu yang dengelin Dik Abik.” Hihi, telak deh!
“Ya Dik Abit itu,” balasku.
“Ya Ibu itu...,” Shinfa juga tetep ngeyel.

Pernah juga aku minta tolong Shinfa untuk ngidak-ngidak punggungku.
“Adik, tolong idak-idak punggung Ibu dong, pegel.”
“Yoh,” jawabnya mantap. Tapi, baru dua langkah, tiba-tiba dia bilang, “Aku ki la oleh ngidak-ngidak ibuk e.”
“Sapa yang nggak ngolehi,” tanyaku sambil mesem.
“Nak Dola.”
Kontan aku ngakak. Mau bilang nggak mau ngidak-ngidak aja pakai pinjam legitimasi dari boneka Dora yang biasanya memang dianggap sebagai anake Shinfa, jadi manggilnya Nak Dora. Hahaha.

Yang benar-benar bikin judek itu kalau hubungane sama ganti baju. Dari mandi pagi, coba-mencoba, copot-mencopot, sudah dimulai. Mending kalau pas udele bolong, disuruh ambil sendiri, dia mau. Tapi, kalau lagi rapet, walah... kalau dibiarin bisa satu jam cuma mondar-mandir dengan celdam dan kadal alias celana dalam dan kaos dalam. Dipilihin nggak mau, ambil sendiri juga nggak ndang milih. Nah loh. Belum lagi, kalo dalam sehari dia bisa ganti baju 3 sampai 5 kali. Dengan alasan yang kadang cuma pingin ganti aja. Sebel deh!

Ditambah, ndelidisnya Shinfa yang memang lagi ndlidis-ndlidisnya. Jadi, kalau di rumah ada yang ngerasa kehilangan barang, pasti pada jawab, “Tekok Abik kae lho.” Hehe. Soalnya memang dia yang suka make buat mainan, terus pindah tempat deh entah di mana. Dari jepet rambut, pulpen, dompet, sampai peralatan kosmetik, apalagi deodoran, bedak, sama lipstik. Walah, harus benar-benar diumpetin. Kalau nggak, bisa dibuat masak-masakan tuh atau ditugel sampai bonyok kayak yang menimpa lipstikku.
“Ini tu tepung e, Buk,” katanya sambil ngabul-abul bedak. Dan, deodorannya dioles-olesin, buat campuran buncis yang ia ambil dengan merengek-rengek, yang sedianya mau aku tumis. “Dikit aja ya, Dik. Ambilnya. Kan mau dimasak.”
“Emoh. Ibu nakal. Yang banyak,” jawabnya dengan ekspresi kesal, mecucu.
Hihi, kalau yang ini niru aku banget deh!

Tapi, aku kadang jadi kasihan juga sama Shinfa. Gara-gara kedelidisan dan biang korek kehilangan ini, sering kali apa-apa yang dituduh memindahkan ya Shinfa. Tapi, memang banyak benarnya sih. Hihi. Misalnya, Uti sudah muter-muter lima puluh kali (enggak segitunya kaliii) nyariin staples. Tanya ke sana ke sini nggak ada hasil. Sampai akhirnya nanya Shinfa. Eh, ternyata tuh anak dengan cepat sudah kembali dengan membawakan staples untuk Uti.

Memang sekali waktu, apalagi kalau lagi capek atau stres (waduuh!), aku jadi suka teriak-teriak kalau Shinfa lagi jadi biang korek. Terutama yang kaitannya sama hal-hal yang membahayakan, dan Shinfa ngeyel nggak mau dengar. Kemarin pernah tuh, dia main tisu, terus dicuil-cuil, lalu dimasukin ke dalam hidung. Alah, aku langsung teriak! Saking paniknya. Soalnya biar sudah bersin-bersin, cuilan tisunya nggak mau keluar. Aku lansung ambil cutton bud buat ngakali itu cuilan. Salah-salah malah masuk ke dalam kan berabe. Alhamdulillah bisa aku ambil. “Adik! Besok lagi nggak boleh masukin tisu ke hidung lho ya!” ucapku jengkel campur kesel. Duuh, Shin, tahu nggak sih kalau ibu khawatir banget.

Belajar sabar deh pokoknya. Marahnya jangan diluapkan, dikendalikan dengan sifat welas dan sayang, ingat kalau Shinfa tuh anak-anak yang lagi butuh banyak mencoba dan bebas bereksplorasi. Betul to. Biarpun susehnya minta ampun.

17 comments:

Wulan said...

Hehehehe .. Ayooo sekarang Ibune Shinfa harus siap-siap .. hehehehe Siapin jawaban klo ntar Shinfa mulai nanya yg aneh2 Mba hehehe .. Cepat pinter .. makin caem .. gemesin deh Shinfa chayang .. Mwahhhhhhhhhhh

Anggorowati said...

shinfa tambah gede selain tambah ayu juga makin kreatif yah hehehe... usil tapi kan pinter,buk.. :D

esemnya shinfa bener2 ngujiwat.. ngga nguwati tenan..! pinter dandan yah..hehehe..

Tety Kurniati said...

Usia segitu memang lagi ceriwis-ceriwisnya, pinter ngeles, & hal lainnya yg bikin kita takjub

mama arya said...

Lah podo dene karo arya toh buk, ...tiap barang ilang kanggo sasaran yo mergo sering nganggo dolanan seperti hp, sisir, bbulpen, sendok, cangkir semua nguplek nang got wes bener2 murup tenan alias jengkel tapi memang kudu sabar bin subur hehehhee...

Fanya Ardianto said...

walah2, masih mending itu yg dimasukin idung cuman tisu (eh bisa dibilang mending ndak yah? :D), dulu waktu aku kecil, malah jagung pipilan yg tak masukin idungku... *ngajak tos shinfa* :D

Tigger said...

hidiih, shinfa pinter banget si..

evan said...

wah shinfa makin kreatip dan inopatip, ngeracik buncis pake bedak...waaaah pasti wenak tuh..hihi

Vina Revi said...

Hmm, 3 tahun memang usia yang lagi sulit2nya, Is! Good luck, yo. hehehe.

widie said...

Shinfa ayu neh pakai lipstick segala ngalahin ibue yaaa...lagi narsis yo bedua bapake mana udah dilupain aja yaa...

hihi Shinfa mau 3 thn emang makin ceriwis tuuhhh makin pinter tentunya doonggg

keluargaku surgaku said...

Wah wah gemesnya Shinfa, cerdas pula dia. Emang kudu sabar ya bu, ngadepin anak cerdas.

Keira Adzra Athayya said...

ceriwis kan bagus bun...tapi bikin si bunda juga kudu banyak stok jawaban ya he...

duh itu pake lipstiknya dah jago euy...

nila said...

hahaha!!! lucu banget sih Mbak..itu namanya anak cerdassss...tinggal Ibu-nya nih yang mesti sabar2..hehehe

Ani said...

Waah Shinfa cantik manis kayak ibunya ..

astien said...

shinfa shinfa, ada ada aja si...mosok tisu dimasukun idung...
kreatipe jangan kebangeten ya hehe...

Nataludin said...

he..he.. mirip kecil ibunya kali....

salma said...

Hihi kok Abik dibilang biang korek... sini aja koreknya buat bune.. huehue.

Lagi gemes-gemesnya yah kalo anak balita... tapi koreknya jangan di gas ya... dicariin temen aja hahaha... (opo toh ra jelas ki lho.)

Anisa said...

iya nih, Shinfa dah makin gedhe, makin ayu dan tentunya makin pinter. juga senengnya foto sama ibunya ya...