12 June, 2008

14 comments 6/12/2008 12:15:00 PM

Ups! Shinfa Bilang: Ahyal Pacalku...

Posted by isma - Filed under ,
Lima hari kemarin, sejak Sabtu sampai Rabu, aku mudik lagi ke Pekalongan untuk acara pernikahan adikku, Muhammad Istifaul Kamul. Aku mudik bareng buntutku yang selalu ngintil hehe, Shinfa Labieq, dan ayah juga tentunya. Bertiga, kami melengkapi formasi keluarga besar Mbah Idah di Pekalongan. Yang pasti ramai dan full anak-anak, dan ini sangat mengenakkan buat aku yang tidak harus mengawal Shinfa ataupun ngajak bermain. Shinfa sudah tidak takut-takut lagi sama sepupu atau tetangga kecilnya.

“Iki de’e sopo?” selalu begitu pertanyaannya, setiap para penyumbang melihat seliweran anak-anak di rumah.
“Iki anake Ismah,” jawab Mbah Idah.
“Oh, wis gede o...,” balas si penanya. Kalau di Pekalongan akhiran setiap kata biasanya memang pakai o. Seperti di Jogja yang pakai e.
Dan lalu aku muncul, sambil tersenyum, semanis mungkin.
“Iki Ismah yo, walah nambah langsing, ayu...”
Gubrak! Aku pingsan dulu aah! Hehe. Harap maklum. Bisa jadi tuh ibu terakhir melihatku pas nyumbang acara nujuh bulananku tiga tahun yang lalu. Waktu itu kan berat badanku yang semula 43kg jadi melar 68kg. Nah loh. Jadi pas lihat aku dengan bobot 45kg, ya iyalah jadi langsing. Hehe.

Ah, tapi kalau soal ramai anak-anak dan berbagai komentar karena jarang melihat, itu sudah biasa. Yang sangat tidak biasa adalah ketika suatu sore, hari Selasa, 9 Juni 2008, aku yang lagi duduk-duduk sama ayah juga saudara-saudara yang lain dikagetkan oleh tangisan Shinfa.

Kalau Shinfa sudah nangis gitu, pawangnya mau nggak mau harus tandang gawe. Aku mendekati Shinfa yang sedang berlinang air mata, dikelilingi para sepupu kecil dan anak-anak tetangga. Mereka malah pada cekikikan.
“Adik kenapa?”
“Huhuhu... Ahyal nggak boleh duduk situ.”
“Kan nggak papa duduk di situ.”
“Nggak boleh... Ahyal... Ahyal...”

Akhirnya demi biar suasana kembali aman, aku bilang, “Ahyar duduknya pindah ya, jangan di situ.”
Eeh, Ahyar malah ketawa-tawa, begitu juga anak yang lain. Aku agak nggak ngeh.
“Ahyal... Ahyaaal...,” Shinfa masih memangil-manggil.
“Ahyal kenapa, Dik?” tanya Dewi, adikku sambil senyum-senyum.
“Huhuhu... Ahyal pacalku...”
What! Gubrak! Aku kaget. Sementara anak-anak yang ada di situ juga ngakak. Tak ketinggalan Ahyar yang ketawa-tawa senang. GR kali dia dibilang pacarnya sama Shinfa yang cantik hehe. Hayah!

“Ahyal nakal ya, Dik?” tanyaku lagi, agak was-was.
“Enggak,” Shinfa menggeleng.
“Lha terus... Oh, nggak boleh duduk di situ ya?”
“Iya. Ahyal mau takjak duduk di sini....”

Aku geleng-geleng kepala. Duuh, Shinfa... Apa to yang kamu rasain waktu itu. Kok bisa pingin duduk bareng Ahyar. Pakai istilah pacar segala. Bener-bener bikin ati was-was. Apalagi pas tangis Shinfa pun makin menjadi, ketika Ahyar beranjak pergi. “Ahyal... Ahyal... Sini. Mau takjak duduk di sini...,” rengeknya sambil berlinang-linang air mata. Menatap Ahyar yang berjalan menjauh sambil tertawa-tawa bersama teman-temannya. Acting Shinfa bener-bener kayak perpisahan di teluk bayur deh... (alah!)

Yang kaosan ijo tuh yg namanya ahyar hehe...

Tapi, bersyukur Shinfa mau takrayu, takgendong untuk masuk rumah karena sudah maghrib. Dalam hati aku berharap, ini hanya seliweran yang sesaat. Bisa jadi tadi anak-anak kecil itu pada ngolok-ngolok Ahyar pacarnya Shinfa, dan lalu Shinfa ikut-ikutan padahal nggak paham apa itu yang namanya pacar.

Dan, ternyata memang benar. Setelah aku berhasil mengalihkan perhatian Shinfa sore itu, dan selanjutnya tidak lagi menyebut-nyebut Ahyar atau istilah pacar, sampai sekarang dia sudah tidak menyebut-nyebut Ahyar atau pacar. Malah kemarin pas aku bercerita tentang kejadian itu dan tiba-tiba Shinfa njedul, dia cuma senyum-senyum cuek. Ngelus dada deh jadinya...

14 comments:

Tety Kurniati said...

Shinfa...shinfa...., namanya jg anak-anak is, dia jg blom ngerti apa g diucapkan.
Shinfa salam ya buat ahyar i...i...

amalia said...

wah..cah saiki emang beda jeng..
kebanyakan nonton sinetron kali ya..
genit.. koyo sopo yo...

keluargaku surgaku said...

Wah...wah...wah, ada ada aja ya dik Shinfa ini

imron said...

weleh...weleh.....kecil-kecil dah punya pacar!!! pasti belajar di TV

Mama Firza said...

Wah, sama ma Firza tuh.. Dah mule tau pacaran sgala, kebanyakan nonton sinetron kalee..

Fanya Ardianto said...

owalah shinfa, hehe... ada2 aja anak skrg, jd gemes.

~ c3mplo3ck ~ said...

walah nduk lucu banget sich mba Shinfa dan punya pacal ..tante boleh kenalan nda sama pacalna?..besok klo renang baleng diajak ya pacalna :D

Nia said...

Shinfa dah bisa milih pacal ndiri ya. Bener-bener bikin gemes...

primaningrum said...

wakakakak.... lucu bener dek abik dah punya pacar ya

widie said...

heheheh...tambah ayu nehh yaaa langsing lagi duuhh ngga tau kalo udah punya anak namanya shinfa hehehe..

Shin...pacalmu manaaa...ganteng lhooo....suittt suitt..mas akbar piyee...engko cemburu piyeeee....wakakak...

Shella Mawardi said...

ya ampunnn...........kayaknya ada yg mau mantu nehhhhhh....kekekekeke....

Anonymous said...

heheh..lucu deh shinfa...kapan niy mantu jengk..:D--mutia

Miming said...

Ihh... lucuna si Shinfa...
Hayyyooo kuwi nurun sopo, cilik2 wis ngerti bocah ganteng hehehehe...

Mbakyuuu ntar lg aku dah di Jogja asssiiiiikkkk...

salma said...

Ahyal yg kaus ijo? hihi gaya oih... piss man!!
Kui rombongan bocah kek grup band yo.. Shinfa sebagai vokalis :D