15 April, 2008

16 comments 4/15/2008 12:01:00 PM

Seminggu Berdua-Duaan…

Posted by isma - Filed under
Uhuy, judulnya nggak kuku booo…
Tapi, emang bener kok seminggu kemarin aku berdua-duaan terus. Yah, sama siapa lagi kalau nggak sama Shinfa. Karena seperti biasa, setiap ada kesempatan libur dan cuti, ayah selalu tidak pernah bisa mengawal aku dan Shinfa, kecuali kalau lebaran. Maklum jadwal liburnya berbeda. Dan kalaupun menunggu hari libur yang sama, dijamin bakalan kelamaan ngitungnya. Belum lagi kalau harus mengorbankan kesempatan libur panjang seperti seminggu kemarin itu. Karena, aku sekalian ngurusi acara pentas komunitas Matapena di panggung pameran buku nasional 2008 di Pekalongan.

Yap. Mengikuti latihan terakhir teman-teman komunitas rayon pelajar Pekalongan menjadi kegiatan pertama. Sebelum kemudian tampil Senin sore, 7 April 2008. Menurut salah seorang pengunjung yang juga ikut mendokumentasikan pentas itu, katanya, ”Pentasnya bagus ya, Mbak. Paling tidak ini bagus buat ajang anak sekolah berkreasi. Di Pekalongan kan masih belum tergarap dengan baik.” Semoga ya, rayon ini tetap eksis dan jalan terus!

Pentas selesai, saatnya refreshing. Ngajakin Shinfa menjelajah wahana permainan dalam ruangan Sri Ratu Megacenter Pekalongan. Salah satu mall yang bisa dibilang sebagai andalan warga Pekalongan. Yah, namanya juga kota kecil. Meskipun gedungnya tidak semegah Amplaz di Jogja, mall ini jadi incaran tempat jalan-jalan atau belanja.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, lewat jalan pintas cuma butuh waktu 20an menit. Tapi, orang rumah terbilang jarang juga sih jalan-jalan ke megacenter. Paling banter dua bulan sekali. Karena kalau untuk beli kebutuhan bulanan misalnya, katanya lebih murah di toko grosirnya Kaji Yasin hehe. Yah, terserahlah. Yang penting aku kemarin keturutan juga ngajak Shinfa main-main di wahana permainannya, bareng simak dan adikku, Dewi.


Selain ke megacenter, rencanaku untuk ngajakin Shinfa ke kolam renang Karanganyar juga keturutan. Lokasinya dekat nih sama rumah ayah Aulia, yang lebaran kemarin sempat kopdaran juga. Masuknya cuma bayar 3000 per kepala. Alat mainnya lumayanlah. Ada seluncurannya juga. Apalagi untuk ukuran letaknya yang di kota kecamatan, di Yogya aja belum ada kok wahana permainan air seperti itu.

Serunya lagi, untuk menuju pemandian itu Shinfa jadi bisa naik dokar dan kol tuyul. Hihi. Pengalaman yang jarang-jarang dia dapatkan di Jogja. Aku bisa membaca tuh pancaran gembira dari matanya... weleh! Karena biasanya kalau pas papasan mau berangkat ke SALAM, Shinfa cuma bisa bilang. ”Bu, ada dokal.” Atau, ”Itu mobil apa’e?” ”Mobil tuyul, Dik,” jawabku. ”Dik Abit mau naik mobil tuyul.” Dan, sekarang sudah keturutan ya, Shin.


Selain acara jalan-jalan itu, yang pasti dan nggak boleh ketinggalan setiap kali mudik adalah anjang sana ke simbah uyut, mbakyuku, dan sodara yang lain. Kata temenku, ”Kayak lebaran yah.” Hehe. Yah maklum, kan mumpung ada kesempatan mudik gitu, sekalian mohon doa restu, kan bagus juga tuh. Hal lain yang juga tak pernah luput aku temui adalah sapaan dan pertanyaan tetangga, ”Bali kapan ge...” Dan, karena aku paling susah menghitung, aku jawab aja, ”Wingi...” untuk semua pertanyaan sejenis dari hari pertama sampai hari di mana aku mau balik ke Yogya. Hehe. Ya maaf. Tapi, nggak ada yang protes tuh sama jawaban andalanku itu. Hehe.

Sebelum cabut dari Pekalongan, aku sempat juga mampir ke Buaran, nyari batik. Suer, seumur-umur baru kali ini aku sengaja nyari batik. Dan, ternyata mang bagus-bagus dan murah. Nyesel deh pokoknya kalau besok mudik lagi dan nggak sempat nyari batik. Kayaknya harus jadi program kerja mudik nih. Hehe.

Tadinya ada tawaran dari adikku untuk bablas ke Jakarta, biar sekalian jalan-jalannya. Ah, tapi rasa-rasanya sudah capek banget. Aku kasihan juga sama Shinfa. Biarpun dia pingin banget naik kereta, semoga suatu saat yang akan datang ya, Shin. Kalau ibunya sih, selain karena minggu depan kalau tidak ada halangan juga mau ke ibukota. Ada pameran komunitas untuk World Book Day 23-27 April. Lumayan lama tuh...

Belum jadi ke Jakarta, bukan berarti membatalkan rencana mampir ke Semarang. Ke rumah Bune dan Salma yang berwajah ningrat itu. Aku dan Shinfa juga dibolehin nginep. Makasih banyak ya, Bune. Senengnya lagi, Shinfa bisa temenan sama Salma. Crigisnya keluar, dan nggak malu-malu atau takut. Sun deh buat Shinfa...


Aku dan Shinfa sampai rumah Bune hari Sabtu pukul empat sore. Leyeh-leyeh sejenak, sebelum kemudian bermalam mingguan di simpang lima. Jalan-jalan di Ciputra Mall sama mengecap enaknya roti bakar simpang lima dan antri pesan kerak telor khas Betawi. Waktu itu pas ada pentas musik rock. Walah, bener-bener jadi lautan manusia deh. Ramaiiii, bener!


Esok harinya, giliran berjemur di pantai Maroon. Agak heran juga aku, pengunjungnya itu lho... buanyaaaak banget. Padahal lokasi dan sarana jalan belum dibenahi dengan bagus dan layak. Menuju ke pantai Maroon seperti baik perahu di tengah gelombang, gitu kata Bune. Dan, Shinfa pun dengan sukses berkulit gelap hihi. Tapi, dapat bonus dia. Melihat pesawat take off, secara lokasinya mang deket bandara.


Dan endingnya... balik ke Jogja lagi deh. Kembali ngerjain PR yang terbengkalai deh. Ngantor lagi deh. Absen lagi deh. Dan, deh-deh yang lain. Tapi, kata temen kantorku, ”Is, kamu cuti berapa hari sih, kok lama banget?” Padahal cuma tiga hari cuti, tapi nggak tahu ya benar-benar berasa dan semua rencana bisa kesampaian. Dan, berduaan bareng Shinfa pun jadi benar-benar bermakna... Sampai jumpa deh di edisi mudik berikutnya :D

16 comments:

entik said...

wah heboh cerita berduan ma shinfa..

Mamae Yusuf said...

Jogja....pulang ke kotamu...ada setangkup haru dalam rindu.... adoooh pengn dong liburan

bun`e said...

Lha malah mainan di Pklg lebih seru ya daripada Semarang.. hiks.
Sayang yah Shin, di Semarang jarang2 ada hiburan buat anak²... tapi sukses yah jadi item hihihi.

Lho kok ada penampakanku toh? hualah.. isin aku je!

widie said...

Seruuu banget neh liburannya walopun cm 3 hari tapi bermanfaat dan berkesan bgt yaa...

sempet nginep2 lg di rumah bune yaa kapan lg diajak muter2 simpang lima kl ngga sama bune hehe...secara bosnya simpang lima gt loohh..*toss bun..hehe..*

Itu pantai atau pasar malam... rame bgt....Shinfa kaya bule2 itu berjemur ngitemin kulit yaa hehe...

Fa said...

waduh serune...
btw, mobil tuyul itu apa to Is? *asli nggak mudeng*

Anonymous said...

wah asik yang abis mudik,lanjut jalan2 ke semarang..puas bener.jengk is mau ke jkt yah..asik..hebat euy jalan2 terus...kerja plus jalan2 yah..iri.com deh:)--mutia

mama valisha said...

seneng banget jalan2 ma shinfa...
pantainya emang keliatan rame banget ya, tapi shinfa keliatan seneng tuh..

farrel's mom said...

Ktnya mo ke slipi?aku tungguin gk muncul2. Wah2 shinfa puas bgt donk maen dilaut..sm si bule mbak salma. Is klo ke jkt kbrin yaaa

Ani said...

Waaaah enake yang habis jalan-jalan & puter2....
Mana oleh2nya djeng ?

semuasayanganna said...

itu waterboom yang baru ya? htm'nya brapaan mbak?

Ninie said...

Waduh serune mudiny komplit banget liputane gag ono sing tertinggal....


Shinfa, sexi banget baju reanngnya makin cantik deh

.:diah:. said...

cihuuuyyy yg abis jalan2 berdua,, asyiikknyaa....

sempat kopdaran pula,, Ayoooo Shinfa ma Ibu kapan jalan k Kendari??? qta kan bisa kopdar ;)

Tety Kurniati said...

Aih senangnya yg abis berduaan, kopdaran pula.... lengkap deh.

astien said...

senengnya yang mudik...aku kalo ke pekalongan juga selalu nyempetin mampir ke setono** setono ma buaran beda ya**
bukan buat belanja baju batik, tapi seprei...lumayan, daripada beli disini harganya terpaut jauh deh hehe..

BUndAzkA said...

waaaahhh seru bgt asliii dehh..bisa berduaan doang ama shinfa berpetualang..

ketemu bune, nginep di rumah bune pula...sik asikkk.....

amalia hazen said...

liburan yg seru ya..
wah pengen ngegabung tu kemaren..cuma sayang aku lg ngawal anake lomba..
"sukses selalu ya bu ... "