04 January, 2008

13 comments 1/04/2008 05:15:00 PM

Memenej Pipis

Posted by isma - Filed under
ups... nungging bo'!

Sudah sejak mudik Idul Adha kemarin diam-diam aku mengamati tidur Shinfa. Malam pertama di kampung halaman alias Pekalongan, aku dan Shinfa tidur di kamar adikku, Dewi. Karena di rumah tidak ada perlak/atau plastik buat alas, aku biarkan saja Shinfa tidur tanpa perlak. Tidak juga pakai diapers (dia sudah no diapers sejak usia 2th). Aku pikir kalau Shinfa ngompol biar saja kasurnya dijemur.

Ajibnya, pagi hari waktu Shinfa bangun, celana dan sprei masih tetap kering. Baju Shinfa juga tetap wangi dan tidak tercium bau pesing. Siip. Sudah aku duga kalau Shinfa nggak akan ngompol. Seringnya memang seperti itu. Shinfa tidak pernah ngompol malam hari kalau lagi di Pekalongan. Mungkin karena hawa Pekalongan yang panas, berbeda dengan hawa kampung di Sleman yang sering dingin bikin pingin pipis terus.

Sampai kami tiba kembali di Jogja yang semakin dingin dengan hujan yang tiada henti. Malam itu aku capek banget dan tidak sempat menata perlak buat Shinfa. Jadi, puteriku itu tidur dengan lelapnya tanpa alas untuk ompol. Dan paginya, aku dibuat surprise juga karena ternyata Shinfa tidak ngompol. Aku cek lagi, ternyata memang tidak ngompol. Agak tidak percaya juga secara sekarang lagi musim hujan. Begitu juga dengan malam-malam berikutnya, sampai tadi malam. Shinfa sudah tidak lagi memakai alas ompol waktu tidur malam, dan tidak ngompol lagi.

Agak aneh memang. Karena aku juga tidak pernah mengajak Shinfa pipis malam-malam ke kamar mandi. Cuma kalau mau tidur, kalau ingat, aku ajak pipis lebih dulu. Itu pun kalau dia mau. Kalau tidak, dia pun bakal kekeh tidak mau diajak pipis.
“Nanti ngompol lho!” ingatku.
“Emoh pipis.”
“Tapi, nanti kalau tidur nggak boleh ngompol lho!”
“Iya.”
“Atau, ntar malam kalo pingin pipis bilang ya, biar nggak pipis di kasur,” aku menegaskan lagi.

Pernah juga kejadian, malam-malam Shinfa terbangun terus bilang, “Bu, pipis.” Langsung deh aku minta ayahnya untuk membawa puteriku itu ke kamar mandi. Kejadian ini seingatku berulang dua kali, sejak kemudian Shinfa jadi tidak ngompol malam lagi.

Jadi, asumsiku kenapa perubahan ini terjadi: Pertama, Shinfa ingat dengan ketegasan pilihan yang aku tawarkan itu. Pipis dulu, atau minta pipis malam-malam, atau jangan ngompol. (pilihan yang susah tuh hehe). Kedua, dengan sendirinya Shinfa sudah bisa mengontrol hasrat ingin pipisnya untuk selalu di kamar mandi. Paling tidak ia sudah terbiasa untuk ngomong, “Bu, pepes,” sebelum pipis untuk minta diantar ke kamar mandi. Lama-lama mungkin jadi terbiasa dan tidak pipis di sembarang tempat.

Yah, apa pun itu aku berbahagia sekali dengan perkembangan Shinfa ini. Tidur di dekatnya pun jadi nyaman, tidak perlu menggelar alas ompol lagi. Bisa guling-gulingan bareng tanpa kuatir kena ompol. Bagus puteriku, peluk cium buat keberhasilanmu memenej pipis ya Nak… ummmmuah!

13 comments:

iman brotoseno said...

coba deh..cari capung untuk gigit gigit udelnya shinfa, kalau dia masih ngompol..
( saya pernah nyobain untuk anakku he he,,..yang ada dia jerit jerit geli )

astien said...

wuih hebat..shinfa dah ga ngompol lagi..pertahanin ya

NoorIntan said...

Hehehe... Kok ya ibune Shinfa iseng, lagi nungging di foto :p

Bune, tolong link Ameera di apdet sekarand di sini http://aprincesssstory.blogspot.com/

Makasih :)

ardhi nugraha said...

nungging2...
mau kentut kah??

kok d poto?

AngkY-HerWAn-KyrA said...

walah..kok sama kek Kyra kalo bobok nungging..hehehehe...MET TAUN BARUUUUU!!!

Anang said...

wups.. buset... posisi yang sangat fantastis saat pipis.. mantap kali....

istantina said...

wahhhhhhhhhh ical juga udah mulai suka bobok nungging2 tuh...

.:diah:. said...

pinterrrr... Shinfa dah gk ngompol lagi ;) *two thumbs up*, tapiii,,, gk capek apa Shinfa tidur nungging gitu?? ;))

Ani said...

Waaah Shinfa hebat ya dah nggak ngompol lagi !

salma said...

Pinter udah ga ngompol lagi. Shinfa tau ya kalo musim ujan ga ada matahari, kasihan kasurnya kalo basah terus.

Bobok nungging? mau minta adik tuh!

Anggorowati said...

Hoeee..mba shinfa pinter dah ngga lagi.. hihihi...

eh iya..bobonya lucu banget.. jd pgn nowel pantatnya hahaha...

Nia said...

Shinfa, gaya tidurnya oke banget lho... Hebat ya udah ga ngompol lagi. Rayna jg dah ga ngompol di malem hari tp klo tengah malem kudu di bw ke toilet :)

yanti said...

wah hebat banget Shinfa.. Naila juga sejak 2 tahun bebas diapers di siang hari, tapi malam2 ga ngompol ya baru 2 bulan belakangan, umur 3 tahun 9 bulan :)