03 January, 2008

9 comments 1/03/2008 12:36:00 PM

Tahun Baru Liburan Ke Mana Nih?

Posted by isma - Filed under
Suatu pagi beberapa hari yang lalu aku menerima sms dari salah seorang teman di Malang yang berbunyi pertanyaan itu. Temanku yang di Banyuwangi juga menanyakan hal yang kurang lebih sama, lewat sms juga. Yah, tanggal merah dan jalan-jalan memang boleh dibilang identik. Apalagi buat para karyawan yang sehari-hari tidak di rumah alias nguli. Mendapati tanggal merah adalah kesempatan buat berlibur, prei kerjo, dan refreshing dengan jalan-jalan misalnya.

Buat aku dan keluarga, tanggal merah memang hari untuk libur. Meski tidak harus jalan-jalan. Karena terus terang aku memang jarang jalan-jalan. Aku lebih suka ngendon di rumah, glelengan di depan tivi, membahas berita infotainment bareng ayah, adik, ponakan, napak-ibu, bercanda dengan Shinfa, bikin camilan di dapur, nyetrika, menjahit... Itu sudah cukup menghibur. Aku paling malas kalau pergi ke mall misalnya, tanpa punya tujuan mau beli apa atau mau ngapain. Selain bikin capek ya bisa jadi karena aku termasuk orang yang hemat (untuk tidak mengatakan uangnya pas-pasan hehe... gubrak!).

Kemarin sempat juga dapat ajakan dari teman untuk menghabiskan malam tahun baru di sebuah tempat hiburan keluarga sambil menonton kembang api di alun-alun. Tapi, karena aku sudah kebayang akan hujan, mana jauh lagi jarak yang harus ditempuh, buntutnya jadi malas deh. Harap maklum. Aku sejak kecil tinggal di desa, besar di pesantren, pas mahasiswa juga jadi mahasiswa yang gaulnya di komunitas-komunitas pinggiran, dan setelah menikah pun tinggalnya di desa. Mencit dan jauh dari kota lagi. Jadi, memang agak gelap dengan yang namanya beberapa kebiasaan tahun baru dan tempat hiburan yang menyenangkan.

Bersyukur aku sudah bisa mendapatkan hiburan dengan berdiam diri di kamar. Bergosip ria dengan teman satu kos sambil nonton tivi. Tidur melepas lelah. Ngemil bareng-bareng... Itu sudah cukup. Atau kalau sekarang, daripada melek semalaman di luar rumah mending tidur berselimut tebal ditemani Shinfa dan ayah. Toh kembang api bisa lihat di tivi, sambil tiduran atau ngemil. Tetep hangat dan tidak harus bercapek ria. Hihi, pikirane wong males!

yak, siap! satu, dua tiga...

foto yang ini aku ambil dari t4 unai

Tapi, kalau untuk kopdar biasanya aku semangat. Ceile! Asal memang memungkinkan dan tidak memaksakan diri. Sabtu sebelum tahun baru ada ajakan kopdar di Semarang, siangnya juga ada arisan Mbok Darmi di Galeria. Tapi, maaf kedua-duanya tidak ada yang ta’saguhi. Karena Shinfa jatuh pilek dan tidak enak body yang mengakibatkan agak rewel. Beruntung Mbak Indjul punya waktu kopdar hari Senen siang bolong, pas jam istirahat, di Taman Pintar, dan tidak hujan. Dilengkapi Unai, Rahendz, dan Pakdheno. Uhui, benar-benar kembali muda! Salut deh sama kalian semua. Biar kata hujan, ayuk ajah! Tapi, aku harus pamitan dulu. Jam istirahat sudah habis.

Dan kopdar selanjutnya adalah di BKIA. What! Ini sih bukan kopdar kopi darat, Bu. Melainkan kopdar kontrol pembuluh darah yak! hehe. Gara-gara Shinfa pilek, ibunya juga ikutan. Saling berlomba batuk dan sluntrap-sluntrup. Kali ini agak parah di ibunya. Dan berdua, ibu-anak ini pun memeriksakan diri ke BKIA. Jadilah pengeluaran kesehatan pertama di awal tahun.

Jadi, kalau ada pertanyaan, tahun baru liburan ke mana nih...
Jawabanku seperti yang di atas itu.
And then, bagaimana dengan jawaban Anda?

9 comments:

salma said...

Hihi, sama aja.. aku malem tahun baru juga dasteran, ngemil n nonton kembang api di monas...

Moga cepet sembuh ya... emang lagi gak enak nih cuaca..

widie said...

Siipp...ibu satu ini emang jagonya kopdaran yaa..selalu siap dimanapun ada kopdara...hidup kopdaran..!!( kapan kopdaran sama aku...???)

malam tahun baruan kita di rumah juga, secara akbar mendadak muntaber gt waahh..gagal semua acara, tapi ngga papa deh lah anak sakit mo digimanain..hihi..

yang penting semangatnya menyambut tahun baru ya mba....

~ c3mplo3ck ~ said...

wah shinfa flu ya?? moga cepet sembuh ya nak...dek ARya juga dah 3 hari ini ingusan :D ibunya baru td malem ngerasa flunya...musim hujan gini mang gampang banget kena virus........moga cepet sembuh ya mba Isma dan Shinfa muach owh ya met tahun baru ya :)

farrel's mom said...

lololo.. koq ada mbak indjul disini? hehe, gk jd kopdar ma eike eh jadinya sm mbak indah. shinfa pet sembuh yaaa. next time sm aku ya Jeng

Ani said...

Sama kok Is, tahun baru kami nggak kemana-mana. Yo mung ngiteri alun2 sepisan (memenuhi kepenasaranan anakku), trus balik pulang lagi, wong jam 23.00 aja udah di rumah. Glelengan sambil nonton tv, suara kembang api kedengaran drai rumah.

entik said...

Wah asyik-nya yg hobi kopdar. kapan2 aku ikutan yack...
tahun baru aku habisan di tempat embah-nya ikhsan di bantul. Kumpul keluarga rame banget, dan diakhiri bobok kelonan ma ikhsan dan bapak-nya he..he..

Yosie said...

Toossss.. aku jg gak pernah tuh taun baruan di luar paling banter nntn TV di rmh atow bakar2an, malah kadang pas jam 12 teng ketiduran :)

Ninie said...

Tahun baruan kemarin aku jg di depan tv berpelukan bertiga (mama+bapak+arya) enake soale hujan terus....pas jam 12 malem baru deh mbak api-an plus bakar2 ayam, enak2...

Shinfa cepet sembuh yo nduk.

pakdheno said...

wah ini sih sama aja, fotoku merem...!!!