19 September, 2007

15 comments 9/19/2007 12:04:00 AM

Setahun Ngeblog, September 2006

Posted by isma - Filed under



Dweeuh! Gag terasa sudah setahun menghuni Topi Bundar. Baru seumur jagung sih, tapi lumayan lama juga untuk membuatku kecanduan ingin terus bercuit-cuit di halaman mayaku ini. Meskipun sebelum-belumnya terus terang aku gelap gulita yang namanya blog. Jangankah ngeblog apalagi chatting, main ke warnet aja paling cuma cek email sama browsing. Itu pun jarang, malah bisa dihitung pakai jari. *ck…ck….ck ketinggalan kereta benget ya!*

Cikal bakalnya adalah dipasangnya internet di kantor. Meskipun, yah suka dudul dan lelet. Kenalan pertama dengan YM. Trus, berikutnya dengan blog. Pertama kali kenal blog, gag sengaja nemu blog ini yang narsis abis-bis. Tapi, asyik aja bacanya. Gara-gara beliaunya mau jadi fasilitator workshop penulisan skenario yang diadain Matapena.

Tadinya aku gag paham kalau setiap orang bisa bikin web pribadi seperti yang lagi aku baca itu, gratis lagi! Secara yang kutahu, bikin halaman di dunia maya itu kan mahal. Yah, semacam website, situs atau apalah. Baru, pas aku menangkap tulisan: get free! Aku jadi bertanya-tanya, beneran free nih? Yah, daripada bertanya-tanya, sementara di kantorku tidak ada satu orang pun yang bisa aku tanyai, mending aku coba dan utek-utek sendiri.

Hasilnya, aku berhasil membuat blog ini, dan untuk tahu lebih banyak, aku main ke link-link yang ada di blog ini Wealah! Ternyata layoutnya macam-macam ya. Malah bisa pasang foto di profile, atau di header. Waduh! Aku jadi penasaran dot com, gimana cara bikinnya. Termasuk gimana cara mendapatkan SB, memasukkannya ke halaman blog, atau mengotak-atik warnanya.

Petualangan pun dimulai. Berkali-kali eror, salah pasang, atau foto profil yang kegedean hehe…sudah biasa. Tapi, hasilnya gak mengecewakan juga kok. Sampai karena ‘kepintaran’-ku ini, Bos Besar tanya2 ke aku soal blog. Padahal, aku aja meraba-raba hehe. Pernah juga Bos Besar melontarkan tawaran buat aku, untuk kursus soal perblogan and web. Asyiiik… Tapi, mmm… kayaknya cuma lontaran aja deh, pas lagi on. Jadi, aku sih take easy aja. *masih berlaku gag ya, Bos?*

Baru ketika aku kenal sama Mommy ini, aku jadi dapat “hidayah”. Oh, ternyata template tawaran blogger bisa digonta-ganti, cari aja di sini. Cuma masalahnya kenapa tiap aku ganti kok eror mulu. Petualangan lanjutan pun dimulai. Coba-coba, klik sana klik sini. Oh, ternyata harus direfert ke template klasik dulu. Selain itu, ada juga Om ini, Om itu juga… Matur nuwun ingkang kathah nggih, sudah mau berbagi ilmu… Juga untuk semua yang tak bisa aku sebutkan satu per satu.


Dan, selamat datang di dunia blogger…

Aku pun berblogwalking… alias jalan-jalan di blog tetangga, berkunjung atau balas kunjungan. Singkatannya BW. Tadinya aku juga gag mudeng apa itu BW, tapi ternyata pemahamanku bener juga. BW juga bisa jadi alternatif buat ngilangin penat dan stress. Apalagi buat aku yang pantengannya sama naskah, membaca, mengedit… Mohon maaf juga kalau aku gag rajin BW tiap hari mampir… mohon maklum.

Lalu ber-SB ria… alias ngisi southbox. Bisa masang SB di sidebar adalah karya besar buatku hehe… secara gag ada yang ngajari… dan salah-salah mulu. Ternyata, asal terus belajar dan mencoba, apa pun bisa ya.

Trus, berkomen-komen… Cuma karena koneksi tempatku suka sakit, jadi mohon maaf kalo aku gagal maning-gagal maning tiap mau komen di blogger. Kalaupun bisa sukses, itu bener2 keajaiban (alah!). Yah, mohon maklum. Sementara ini untuk halo scan… muluz.

Tak lupa pula… KOPDAR. Aku jadi ingat temenku yang bertanya, "Kopdar itu apa sih, Mbak? Kok aku sering nemu istilah itu di blog?" Hehe. Aku tahunya juga takkiro-kiro, eh ternyata benar… Silaturrahim antarblogger di dunia nyata. Seru memang. Terima kasih buat Pakih, Indhy, Mbak Ratna, Angky, Nihayah, Yunes, Bunda Azka, yang dah mau kopdaran sama aku. Makasih juga untuk temen-temen arisan Mbok Darmi: Ndah, Mama Firza, Unai, Hilda, Isna, Fa, Wiedy, Anna, Lulu, Nana. Mohon maaf kalau ternyata penampilanku njeglag *bedo uwadooooh* sama yang kalian kenal di blog hehe… Aku yang imut *alah*, pendiam, gag pernah rapi, tapi tetep… narsis! Hehe. Nggak ketinggalan, peluk cinta buat Mutia, Evan, dan Bune yang dah rela menyapa Shinfa dengan tanda cinta. Buat Om Edittag, Om Zul, dan Nte Diah, nuwun untuk banner kalian. God bless u all, amiin. Dan, untuk semua teman bloggers, terima kasih sudah mau berteman dengan keluarga Topi Bundar. Jangan pernah bosan ya...

Aku juga mohon maap, kalau apa yang aku tulis just daily life, nggak bermutu blas apalagi bertaraf internasional. Alah! Karena, semua memang rekaman untuk detik-detik berkesan untuk dikenang pada detik yang lain. Selain memfasilitasi kenarsisan tentunya, biar jadi lebih bermutu. Iya kan? hihihi. *kabuuuur*

15 comments:

mamoy said...

setaun ngeblog banyak temen ya mom... seru...
bisa tuker pengalaman ngasuh si kecil
jadi kapan kita kopdaran?????

semuasayanganna said...

met ulangtauuuun.. makan2... makan2...:D jdny kpn buka puasanya?

salma said...

Ngeblog mang asik.. bisa tau cerita & pengalaman orang lain tanpa rasa "pengen tahu", kali aja ada sesuatu yg bisa dipetik.

Met ultah ya Topibundar, buat saat² sekarang topi dibutuhkan banget buat menahan panas matahari, dan itu bener lho.. rasanya adem & kembali ke Jogja tiap aku baca sini.

Terus tulis perkembangan Shinfa juga tetek bengek soal Jogja.

Anonymous said...

ultah to yuk, met ultah ya blognya semoga makin sukses dn jaya mengudara selalu.


btw, jng kesal ya kenal aku hehehehehe....nasi tumpenge ndhi

Anonymous said...

Asyik udah setahun..masih lutu-lutunya dong mba...belum bosen maksudnya...semoga ngga bosen2 selalu bercerita mengenai apa ajah yaa...

Anonymous said...

waaa.... umur baru baju baru neh, lebih seger Jeng :)

btw, lagi ultah kan? (blognya), jadi.... MAKAN2 dooong, hihihi... *maruk*

Vie said...

Udah setaon nih. Pasti dah banyak gigi yg tumbuh.
Met ultahan ya Topi Bundar, semoga selalu kreatif dan terus bercerita apa saja, terutama cerita tentang perkembangan Shinfa.

Kiss... kiss...

bundAzkaFaqih said...

wahh alhamdulillah yaaa dah setaon..sama karo aku lo,mb isma..:)

iyaa, bnr2 byk manfaat ngblog yaaaa..tmbh silahturahmi, jadi nmabh ilmu, n yg jelas bisa narsis:))

hepi besde topibundar!

Anonymous said...

laaa... ulang taon toh...? kok ga ngundang2 ya hehehe...

hepi belated besdei ya buat topi bundar, moga tuambah rajin mostingnya...

piye mbak... msh semangat puasanya kan..? blom bolong toh hihihi

nila said...

asik asik ultah...mau dong cake-nya buat buka puasa..hehe
pasti gak terasa udah setaun ya ..silaturahmi sama temen2 baru juga pasti nambah. Apalagi kalo pake kopdar...ayo dong Shinfa ke Jkt...kopdaran sama tante..hehe

Diah Alsa said...

cuiitt cuiitt ada yg ultah nih buat blognya.. makan-makan buka puasaa...

senang jg knalan denganmu Mbak., thanks yaa atas smuanya *Ja'a Jutek + obrolan unik :))

Nia said...

Ternyata blognya Shinfa ultah nih, traktir buka puasa dong...

Ryuta Ando said...

Happy B`day buat blognya Shinfa..makin rajin posting ya..

Anonymous said...

Blognya ultah toh? Selamat ulang tahun ya. Semoga semakin rajin posting dan semakin rajin blogwalking terutama mampir ke tempatku..

mutia and rayga said...

met ultah blog yah..mudah2an jg kapan2 kita bisa kopdaran yah.Dikau lebaran dimana jengk?