03 September, 2007

11 comments 9/03/2007 07:52:00 AM

Jangan Bugil di Depan Kamera

Posted by isma - Filed under


Sudah dua minggu ini, setiap Minggu, jam tiga sore aku menonton acara ini. Secara kalau malam hari suka ketiduran, dan sudah pasti kelewatan nggak jadi nonton. Selain jam segitu, stasiun TV yang lain kebanyakan pada nayangin sinetron yang biasa-biasa saja. Malas kan nontonnya.

Minggu kemarin topiknya menarik banget. Membincang soal fenomena video porno yang beredar di Indonesia. Fenomena yang bikin aku merinding plus miris. Ternyata sangat sulit dipercaya. Saat ini lebih dari 500 video porno buatan Indonesia beredar di masyarakat. Baik dalam bentuk VCD, DVD, maupun yang beredar dari ponsel ke ponsel. Lebih mengejutkan lagi, dari 500 lebih video porno yang beredar itu, 90% di antaranya dibuat oleh mahasiswa dan pelajar. Setiap hari minimal dua film porno baru buatan mahasiswa dan pelajar beredar melalui internet dan handphone.

Hm, mahasiswa dan pelajar! Generasi yang bakal meneruskan kehidupan bangsa Indonesia. Ironis ya… dan sangat memperihatinkan.

Ada banyak motif dari pembuatan video jenis ini. Dari hanya karena iseng, sampai komoditi yang memang diperdagangkan. Satu menit adegan dihargai 100rb. Ck..ck..ck!

Seperti yang diakui oleh dua responden yang di undang ke studio, dua remaja pelajar di sebuah SMU di Jawa Tengah, niatan mereka merekam adegan mandi bersama teman geng di ponsel sebenarnya hanya sebatas iseng yang jelas tidak untuk diedarkan. Masih menurut mereka, kegiatan mandi bersama ini sudah biasa mereka lakukan ketika ada waktu untuk ngumpul-ngumpul. Cuma ide untuk merekam adegan itu baru muncul waktu mandi bersama dalam rangka merayakan ultah salah seorang temen geng mereka.

Hm, buat aku sih, itu keisengan yang aneh-aneh aja. What for gituloh, sudah mandinya bareng-bareng, direkam pula. Yah, namanya juga iseng. Tidak pernah terpikir bagaimana seandainya rekaman itu bocor ke tangan orang yang mata duitan dan tidak berperi kemanusiaan. Tentu itu akan menjadi awan gelap bagi kehidupan dirinya, orang tuanya, juga keluarga besarnya. Gambarnya akan tersebar bukan sebagai remaja berprestasi yang mendapatkan penghargaan dan medali, melainkan gambar bugil yang sedang beradegan bersama teman-temannya di kamar mandi. Duh, gelapnya dunia!

Jadi, kayaknya memang sudah seharusnya menghapus niatan iseng untuk yang namanya rekaman bugil. Dan, saatnya kita ikut mendukung gerakan JBDP dan berteriak, : Jangan Bugil di Depan Kamera!



11 comments:

salma said...

Wah iya tuh bikin ketar ketir ortu aja..
Kudu ditanamkan mule dr sekarang, bugil dikamar mandi aja, dan dilarang bawa kamera ke kamar mandi hehehe. (bisa rusak kan kena aer)

Nia said...

Aih dah pada besar kok ya ga malu bikin video bugil yo. Yg boleh bugil di dpn kamera kan cm baby aja yg umurnya krg dr 1 thn :)

primaningrum said...

whuaaaa... itu seh namanya bikin orangtua makin dagdigdug!!

widie said...

Iya neh sejak majunya tekhnologi makin berani juga orang2nya...bukannya di gunakan sesuai fungsinya tapi malah melewati batas ya...aku kadang juga kesel tuh ma orang2 yang terlalu pede bikin vidio pribadi di ponselnya atau bikin foto2 pribadinya itu..pdaal ponsel itu kan bisa ajah jatuh ke tangan orang yg iseng dan jadinya menyebar deh foto2 dan vidio pribadi itu...

kenapa ya jaman sekarang banyak orang yg ngg tau malu ya.....

Vie said...

Disayangkan sekali kok mahasiswa gak bisa berpikiran jernih ya.

Dah gede' gitu kok gak malu ya bugil diliat² org laen lagi. Ih!!!

Fa said...

waaaaaaaa...keduluan! hihihi...
buku 500 plus itu sebelum masuk kick-andy lounchingnya di JMN loh Mbak *halah, penting nggak seh?*

btw, besok malem minggu insyaallah di rumahku ada kumpul2 Cah Andong, ikut yaaa... :D

Ryu`s Mom said...

Jijai deh ihh..gitu aja koq pelajar bangga ya..ampun deh pada rusak rusak banget deh moralnya.

Gimana mau maju nih negara..klo generasinya pada kayak gini.

mama arya said...

Itu pelajar udah bobrok moralnya kale, gag waras, edan iseng kok gag pake aturan agama, norma2 kehidupan.

kasian ortunya dan kelaurga besarnya tuh. gag cucok klo ditanamkan di indo, amit2 deh

farrel's mom said...

ngeri deh ngebayanginnya sekarang aja keik gini apalagi nanti?! mudah2an apa yg aku bayangin gk terjadi! Mdh2an qta sbage ortu bisa mendidik anak2 qta spy berada dijalur yg bener

unai said...

Keisengan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Duh jaman dah semakin semrawut aja yah. kaaya apa nasib generasi penerus kita besok?

semuasayanganna said...

dududud... pdhl aku sering bw hp ke kmr mandi.tp kan g ad kameranya..abis klo lg pup kan sepi.he3,bs sms buat kegiatan;);)