29 August, 2007

15 comments 8/29/2007 03:30:00 PM

Alkisah Penyapihan…

Posted by isma - Filed under


pisah ASI, jadi mimik dot. dan, PR selanjutnya
adalah sapih botol dot. siap-siap ya, Dik.. hehe.


Penyapihan Shinfa sudah aku mulai sejak bulan April '07 yang lalu. Pas Shinfa 2,3th. Pakai getah brotowali yang aku olesin di puting. Secara beberapa minggu sebelumnya sudah dicoba cara ngomong baik-baik ala orang dewasa *alah* dan gatot mulu. Abis diolesi, Shinfa ngotot mau mimik ASI, biarpun aku dah bilang kalau mimik ibu pahit. Alhasil, begitu bibir Shinfa menyentuh puting, langsung deh dia nyengir dan nangis. Pakai acara mun-mun lagi saking pahitnya mungkin.

Tapi, ternyata cara brotowali berhasil. Hampir satu minggu dia tidak mimik ASI. Cuma, Shinfa masih kementil. Maunya nguyel-nguyel kendi emaknya.
“Bu, mimik til…”
“Eit. Kan pahit. Dikasih brotowali…”
“Botowali…? Oooh. Dimainan ya…”
*maksudnya tidak dimimik, tapi dibuat mainan aja ya…*

Ya sudah. Jadilah tiap mau bobok, Shinfa selalu pakai jurus “uyel-uyel kendi”. Malah kadang keterusan minta mentil. Minggu-minggu pertama aku masih suka kecolongan. Apalagi kalau malam tuh, pas Shinfa haus. *emaknya malas bangun sih..bikinin dot* Dengan sukses Shinfa mentil ASI lagi.

Tapi, sejak bulan Juni, aku berusaha lebih tegas.
“Dik Abit dah besar lho, dah sekolah. Dah pinter nyanyi. Masak masih mentil? Kayak Mbak Kecil *puterinya bude*. Nggak malu ya,” aku berusaha menjelaskan. Kadang berhasil, kadang Shinfa nangis kesal. Tapi, pokoknya tetap, no mimik anymore! "Nangis nggak papa kok, asal nggak mentil. Oke!

Yah, ternyata mang harus sabar, bener-bener sabar. Menerapkan berbagai macam teori penyapihan. Secara setiap anak punya keunikan dan karakter sendiri, dan tidak bisa disama-samakan. Malah aku juga pakai teori yang terakhir ini. Sekalian Shinfa pijat, aku minta sama Mbah Mus untuk menyapihkan. Sebenarnya Shinfa sudah tidak mimik ASI lagi waktu itu, cuma kebiasaan “main kendi emak”-nya masih saja berlangsung. Dan sama Mbah Mus, aku dikasih telor ayam sama air zam-zam untuk merebus. Habis itu telor sama airnya dikasihkan ke Shinfa.

Memang tidak serta-merta terbukti keberhasilannya. Wong abis itu Shinfa masih saja bilang, “Bu, dimainan ya…,” tiap mau bobok. Hehe, capeee deh!

Tapi, lama-kelamaan, mungkin karena tiap minta mainan “kendi” selalu aku tolak, dia jadi lupa kali ya sama kebiasaan itu. Terbukti sekarang, selain tidak lagi mimik ASI, dia juga nggak bilang “mainan-mainan” sebelum tidur. Malah kalau mau bobok, misalnya, di depan tivi, langsung aja ndelosor. Guling sana guling sini. Kadang minta dikeloni. Berdoa bersama sebelum tidur, meski Shinfa suka ngeyel sok nggak hafal. Abis itu lama gag ada suaranya, pas aku tengok, eh sudah merem. Dweeeh, pinter deh!

15 comments:

Fa said...

PERTAMA nih kayaknya *horeeee*

wah, kata org nyapih botol itu lebih susah dari nyapih ASI lho Jeng *menakut2i* hihihi...

btw, proses nyapihnya terbilang lancar tuh, soalnya ada sepupuku yang nyapih dg cara begitu (diolesi yg pait2), si anak jd jengkel trus malah nggigit puting ibunya sampe luka! hii...

eh, aku nggak ngilang kok Jeng, masih setia di depan monitor, hehe... *muachhh buat Abik*

widie said...

Shinfa botol ya...hehe..udah besar kok masih ngedot malu sam temen2 di sekolah lho...
beliin botol cup aja mba biar ga ngedot..atu minum susunya di gelas biar ga pake nyapih segala..malah bagus kan banyak minum susu.

hehe..kebayang kl kendinya dikasih brotowali kan puahit banget tuh...haha...jurus yang ampuh yaa..

kl aku dulu cuma ta kasih minyak kayu putih hihi...dan proses penyapihannya ga lama paling seminggu yg ngerang-ngerang...akhirnya dia lebih memilih susu yg dibotol cup itu ahk...akhirnya terbebas juga hihi...

Nia said...

Sama niy pe-ernya dgn Isma. Nia blm berhasil misahin Rayna sama dotnya huaaaa... lontong!!!! Eh, tolong...

Biasanya klo siang oke ga pake dot klo malem ga bakalan bs tidur tanpa dot :(

Ryu`s Mom said...

Awas kendil ibu copot loh nanti klo dimainin terus..hehehe

Memang harus tegas dan gak tegaan klo mau misahin anak sama botol susunya.

Dulu Ryu juga gitu, waktu mau misahin dengan botol susunya...super duper gag tega, tiap mau tidur nangis.

Tapi yah harus bisa...soalnya di Jepun jarang ada anak diatas 2 thn masih ngedot botol susu.

Sekarang sukses besar..udah minum susu pake gelas aja.

salma said...

Pinter Shinfa gak mik kendi ibu lagi... muachh ah..
Pake dot lebih banyak yah mik`nya.. mudah²an besok kalo mo lepas dot gak susah ya..

.:diah:. said...

wahhh trnyata Shinfa dah lepas ASI.. bagoooss :)

Anonymous said...

selamat dah lepas kendi, bentar lagi lepas botol yah sayang:)--mutia

wiedy said...

wah susah juga ya untuk nyapih...kira2 besok eike bisa gampang ga ya nyapih nak lanang.....shinfa belajar buat mimik gelas ya nak...kan cantik tuch klo dah ga ngedot ld :)

farrel's mom said...

slamet ya Jeng.. daku blm tega nih! pasti daku bakal ngerasa keilangan momen indah menyusui... jadi sedih nih

Vie said...

Gimana ya rasanya main "kendi" itu. Apa cuma Shinfa aja yg maen "kendi"? Hush... apaan itu ngomongnya!
Yeeei Shinfa dah pinteeer, gak maen "kendi" lagi. Cium muachhh muachhh dari tante Vie ya say.

Tamara dulu pas seminggu sebelum
ultahnya yg kedua udah aku sapih. Kutempel aja nipples-ku pake plaster, bilang ama dia nipples-nya lagi sakit. Ya udah nyerah dia Is.

Ninie said...

Shinfa pinter bobonya gampang, pisah minum kendi ibu gampang, semoga pisah minum dot gamapng juga ya sayang

istantina said...

hayo shinfa lagi ngapain tuh??? ngucel-ngucel 'nen' bunda isma yaaaa???

Yosie said...

Shinfa dah minum susu kendi bunda lagi ya..? kasian bgt is sampe dikasih brotowali segala, biarin aja aturan mah sampe dia bener2 lepas sendiri.

Kpannih lepas botol juga..? :)

najwa said...

Selamet yah dah berhasil nyapih shinfa dr Kendi bunda...

Wah bun kita masih ada 1tugas lagi nih...Nyapih dengan DOT, yang aku tau emang lebih susah loh nyapih dari dot dr pada dr puting ibunya...MOga kita bisa yah bun ;)

mama valisha said...

satu2 ya mbak.... pertama lepas nenen, lepas mentil tinggal lepas dot nih....
sama nih lagi berusaha lepasin dot tapi valisha masih suka ngeyel hehe