01 August, 2007

17 comments 8/01/2007 04:15:00 PM

Bye...Bye Ngompol....

Posted by isma - Filed under


Umur tiga bulan,
Mbah Idah sudah mewanti-wanti supaya Shinfa dibiasakan pipis pada tempatnya alias tidak ngompol. Atau kalau istilahnya sekarang, toilet training. Jadi, menurut teori simakku itu, setiap tiga atau empat jam, anak dibawa ke kamar mandi buat disuruh pipis. “Tur…tur,” begitu instruksinya. Tapi, tidak bersifat memaksa harus pipis lho. Untuk membiasakan saja.

Cuma, aku memang tidak telaten, selain karena tidak seharian penuh dalam seminggu menemani Shinfa. Jadinya, Shinfa aku biarkan belajar dengan ngompol. Karena aku memang tidak membiasakan pakai diapers. Kecuali kalau mau bepergian dan lagi musim hujan. *hehe, sama aja yak* Jadi capek memang. Setiap kali Shinfa ngompol, langsung deh pada teriak, “Mbak, Mas, Abik ngompol.” Sebagai instruksi buat aku atau ayah untuk ngepel.

Kalau tidur, sudah pasti ngompol. Biarpun sebelum tidur sudah pipis. Makanya, Shinfa kalau tidur dialasi perlak biar tidak nembus sama kain popok. Kalau malam, aku atau ayah juga biasa mengganti popok dan celana Shinfa. Cuma dari bulan ke bulan, ritme ngompolnya semakin berkurang. Dulu, semalam bisa sampai tiga kali. Lalu, dua kali, dan sekarang paling sekali, malah tidak ngompol sama sekali.

Barulah ketika sekitar sepuluh bulanan,
Shinfa sudah mulai ngoceh bahasa planet, toilet training bener-bener diberlakukan. Jadi, setiap tiga atau empat jam, Shinfa dibopong ke kamar mandi diajak pipis. Kadang kita harus menunggu lama, baru deh dia pipis. Atau langsung tur ajah. Atau Shinfa malah tertangis-tangis. Gara-gara, dia baru aja diajak pipis sama ayah, karena aku nggak tahu, aku ajak dia ke kamar mandi lagi buat pipis. Hehe. Semangat banget yak, toilet trainingnya.

Kalau untuk BAB, relatif lebih mudah. Pas belum bisa bilang, “Bu, inyek…,” aku cukup berbekal pengamatan. Kalau Shinfa sudah diam, dengan wajah tegang, nah itu dia tanda-tanda mau BAB. Cuma kalau kebobolan, repotnya melebihi ngompol. Hehe. Soalnya kan menyisakan noda yak! Hiiii….



Sampai masuk usia dua tahun,
Shinfa sudah benar-benar tidak mau dipakein diapers kalau mau bepergian. Risih kali yak karena tidak biasa. Kalau tidur juga tidak ngompol, dengan syarat sebelum tidur diajak pipis dan Jogja tidak dalam cuaca dingin.



Terus, tepatnya sih dua tahun lebih empat bulanan, Shinfa sudah bisa mengontrol pipisnya. Ini yang paling bikin aku sekeluarga seneng. Jadi, kalau mau pipis dia pasti bilang, “Bu, pipis.” Tidak seperti awal-awal yang masih suka kebobolan. Bilang pipisnya setelah pipis keluar.

Jadi, sekarang aman deh! Tidak lagi gonta-ganti celana karena diompoli. Bye bye ngompol…

17 comments:

Vie said...
This comment has been removed by the author.
Vie said...

Wah Shinfa pinter ya dah gak ngompol lagi. Dah besar. Bikin semua orang seneng. Tamara juga dulu kugituin Is.

Is,film Little Mosque on the Prairie bisa diliat di youtube sampe beberapa episode. Klo ada waktu coba liat deh! Sorry koment pertama kuhapus, salah sih!

Rich said...

hebat nih shinfa dah ga ngompol, kalo fathir msh tetep pake diapers nih, ibunya agak2 males berompol2 pdhl skrg dah 2thn 2bln nih...

mbokne kyra said...

horeee, shinfa dah gak ngompol lagi. pinter banget shinfa, bsk kyra diajarin yak..

Tety Kurniati said...

Plok...plok....shinfa kebat dah ga' ngompol lg...bagoooos

El van said...

iiih pinter deh anak Ibu yg atu ini dah gk ngompol, Alel kadang suka masi kebobolan oiii, tp klo malem dia dah gk ngompol lagi, jd alhamdulillah kasurku gk bau ompol heheh. lucu banged fotonya Shinfa yg pake baju ijo =)) cubit ah

salma said...

Horeee shinfa wis pinter ya...
Iya biar ga ngompol pas bobok ya harusnya kita yg gendong dia ke kamar mandi buat dipipisin.. mudah²an bentar lagi ga ngompol waktu bobo ya...

Anonymous said...

Shinfa pinter hebat dah ndak ngompol lagi....Shinfa kan dah besar yah ;)

mamoy said...

Shinfa gitu loh... dah pinter ya sayang... itu foto merem meleknya lucu amat siy

mamoy said...

Shinfa gitu loh... dah pinter ya sayang... itu foto merem meleknya lucu amat siy

Anggorowati said...

wah pinter banget mba abik dah gak ngompol lagi.. foto meremnya itu lucu bgt loh.. hihihi...

Anonymous said...

semua nya sama jengk..ampir semua postingan itu sama ama apa yang aku lakuin, cuman aku mule toilet training nya pas rayga dah mule bisa berdiri.7bulan kali.skr sih masih ngompol klo malem.cuman sebisa mungkin dibopong ama bapake ke toilet buat pipis spy gak ngompol,klo aku yang bopong,abot..18.5kg..semaput--Mutia

Toko Fiara said...

alhamdulillah Shinfa dah gak ngompol lagi :D
sama ama Ais, kl dia harus pindah rumah dulu baru gak ngompol n gak pake diaper lagi, katanya rumahnya baru jadi kl diompolin ntar bau xixixixi...

Miming said...

asikkk cah ayu dah gak ngompol lagi
jadi hemat detergen dong bune hehehe

Nia said...

Shinfa, pinter deh udah ga ngompol lagi =)

Ryuta Ando said...

Pinternya yg udah gag ngompol..bye-bye deh ngompol..

Unknown said...

Jual cacing tanah (rubellus lumbricus) harga Rp 25.000/kg kapasitas 100 kg/minggu, melayani eceran dan partai
Jual jangkrik harga Rp 45.000/kg kapasitas100 kg/minggu, melayani eceran dan partai

Pemilik : Sudjatmiko
Phone : 081586297454
E-mail : jatindra_farm@yahoo.com
Lokasi Farm : Jl. Merdeka no.18, LK.10, RT.03, RW.02, Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur
website: http://jatindra.awardspace.com