06 August, 2007

15 comments 8/06/2007 11:23:00 AM

Kembali ke... SALAM!

Posted by isma - Filed under


Seperti biasa setiap Sabtu sudah menjadi kesenanganku menemani Shinfa bermain-main di SALAM. Setelah liburan panjang, Shinfa sudah kembali ke kelompok bermainnya itu, senin, 15 Juli 2007 yang lalu. Hari pertama masuk, aku mbelain ngantor siang secara ayah yang kejatah menemani Shinfa di SALAM tiap hari senin, sedang ada acara. Sebenarnya bisa sih mbolos, tapi rasanya kok eman. Hari pertama gitu loh…

Sejak pertama masuk sampai hari sabtu seminggu yang lalu, aku sama Shinfa selalu diantar jemput. Baru sabtu kemarin nih aku motoran sama Shinfa. Dan, ada perkembangan menggembirakan lho… Shinfa sudah mau duduk di depan, alias tidak digendong lagi. Alhamdulillah… pundakku tidak teol lagi deh!

Eh tapi, tiba-tiba di tengah perjalanan,
“Ibu, ilipen…,” keluh Shinfa. Matanya kemasukan debu.
“Oh iya, kacamatanya kelupaan di rumah. Ntar beli lagi aja ya…”
“Dik Abit kan dah punya.”
“Iya. Yang di rumah kan sudah kecil. Beli lagi aja ya,” rayuku biar Shinfa gak ngajak balik ke rumah. Bisa-bisa seminggu baru sampai SALAM kita, hehe. Maklum, dengan Shinfa duduk di depan aku cuma berani banter 45 km/jam.
“Dik Abit beli kacamata, Bu…,” rengek Shifa kemudian. Yes-yes! Akhirnya Shinfa takluk juga.
“Iya…”

Mampir deh kita ke swalayan di pinggir jalan. Untung njual kacamata, kalo nggak…wah bisa maksa balik ke rumah dia, parahnya lagi kalau sampai mogok gak mau duduk di depan. Ampun deh pundak aku! Tapi, itu tidak terjadi. Karena, dengan kacamata baru, semua aman terkendali. Aku dan Shinfa pun dengan lancar sampai di SALAM. Meskipun telat hampir setengah jam, dan anak-anak sedang bersiap-siap menuju gubuk dan ladang bermain. Hari itu ada kegiatan menggambar pakai tangan dengan warna dari adonan tepung kanji dan pewarna makanan. Seru deh!

Nah, sekarang ayo ikut Shinfa jalan-jalan di SALAM yuk…

sebelum berangkat, pose dulu ah sama ayah.


Setelah pintu masuk,
kita akan melihat rumah panggung untuk anak TK.
Karena Shinfa kelas Kelompok Bermain, jadi jalan lurus aja…
melewati jalan setapak pematang sawah.


Di sebelah kanan jalan pematang ada ladang bermain.
Di depan prosotan dan lorong jembatan itu ada tanah lapang,
yang juga berfungsi untuk kegiatan luar kelas.
Entah tanam-tanam, nyanyi-nyanyi, mewarnai,
main jamuran dan lain sebagainya.


Lalu, melewati gubuk di belokan pematang.
Selain untuk ngadem, tempat main, belajar,
juga menemui tamu, bahkan untuk tempat rapat
para pengasuh SALAM. Gubuknya berbentuk semi panggung,
di bawahnya ada kolam ikan air tawar.


Terus melewati pematang, sampailah kita
di rumah sawah. Tempat mainnya Shinfa.


Shinfa hobinya sama puzzle.
Trus, Bu Anik lagi pegang pot itu,
cerita tentang menanam bunga,
sebelum anak-anak berkotor-kotor
menanam bibit bunga roselia
di dalam pot atau bekas gelas air mineral.


Habis main-main, saatnya pulang deh.
Kembali melewati jalan setapak pematang sawah.
See U... Sabtu main-main lagi ya...


Cuma, memang sampai sekarang Shinfa belum juga keluar keberaniannya. Dia masih jago kandang. Duduk aja kadang masih suka minta dipangku. Ibunya disuruh jadi anak-anak lagi hehe.

Tapi, ya begitulah anakku. Dan, aku berusaha untuk menghadapinya sebagai Shinfa. Dia pasti berbeda dengan Shane, Sekar, Arum, Fatah…yang sudah berani main-main sendiri. Dengan satu keyakinan, bahwa semua perlu proses. Seperti Shinfa yang semula nangis-nangis kalau tidak aku gendong pas naik motor, sekarang sudah pede duduk manis di depanku. Suatu saat, insyaallah akan tiba waktunya Shinfa bisa berani, bernyanyi di panggung meja…merasa nyaman dan aman, dan tidak gampang takut sama orang lain. Jangan khawatir ya, Nak. Ibu akan selalu mendampingimu…

15 comments:

Dhona said...

SALAM itu di mana sih? Tempatnya bagus banget. Fia pasti senang kalo di sana. Sayang di sini nggak ada yang seperti itu.

salma said...

Duh bagus banget sih view mau ke salam`nya..
Deket rumah mba Salma juga ada sawah, tapi malah jarang banget liat hehe
Salam ya buat temen² di salam..

Ryu`s Mom said...

Asri banget ya pemandangannya, enak banget tuh buat bermain dan belajar. Shinfa aku juga mau koq menemani mu...*smile*

primaningrum said...

enak banget keiknya tempatnya... duh pas banget d buat belajar, aku lagi pengen ngasih unjuk sawah ke alifah nih, cuma mana ada sawah di sini?!!

Nia said...

Senengnya Shinfa dah masuk sekolah lagi. Mana niy penampilan Shinfa dgn kacamata baru? ;)

widie said...

Mba Isma, SALAM tuh daerah mana..?kayak sekolah alam yg di Ring road barat itu ya...apa sama ngga ya..soalnya dulu aku pernah seh liat2 ke sekolah alam, suasananya hampir sm ya sekolah di tepi sawah dan di alam terbuka. sengaja mengenalkan anak dg alam terbuka dan anak ngga disuguhi dg situasi monoton kelas yg tertutup gituh...

Fa said...

yah, diriku tambah ngiri deh klo ada ibu2 yg nganter anaknya sekolah. aku kapan yah punya kegiatan spt itu? :D

Ninie said...

WAduh lokasinya bagus mba masih asri ya, udah gitu Shinfa juga gag mogokan yo...



btw, penampakan ibu mana dong kok Ayah ma shinfa doang

mama valisha said...

enak banget tempatnya ya.... pantes shinfa seneng sekolah...

Mutia&Rayga said...

tersentuh banget baca tulisan dikau dibait trakhir.slama ini sedih karena rayga delay speech.."Jangan khawatir ya, rayga. mama akan selalu mendampingimu…" pasti aku kalo tinggal di yogya bakal masukin rayga ke SALAM juga..apik tenan..kok di krawang gak ono yah:(

.:diah:. said...

waahhh skul na asyikk bener yaa mbak.. back to nature gitu yaa?? duuhh jadi pengen main k SALAM deh :D

*tiap anak pnya perkembangan yg brbeda.. bener kan mbak?? :) Insya Allah, Shinfa akan spt teman2nya.. (mgkn malah lebih dari mereka) Amin.. ;)

lierieh said...

hihi... kalo fathir ma farhan masuk k salam kayaknya pulang2 dah kayak petani habis mbajak sawah deh... habis suka banget guling2 ditanah

AngkY-HerWAn-KyrA said...

iya tuh keren bgt si SALAM..ada nggak ya di jkt yg mirip2 gitu?

Vie said...

Is, tempat kelompok bermainnya, bagus ya, benar2 menyatu dengan alam.
Pemandangannya dan juga pasti udara yang bersih.
Aku tinggal dipondok itupun aku mau.

Bunda - Ayah Aurell said...

Allo Shinfa....aku mau dong ikutan sekolah di SALAM, asyik dech kayaknya....