23 August, 2007

14 comments 8/23/2007 12:28:00 PM

Field Trip ke Peternakan

Posted by isma - Filed under


Mendengar istilah peternakan tentu yang muncul di benak kita adalah banyak sapi, kambing, atau kuda, bergerombol di tengah tanah lapang yang dikelilingi pagar setinggi dada orang dewasa. Atau sederetan kandang bersekat-sekat membentuk bilik kecil untuk sapi atau kambing bertempat tinggal. Di kandang ini biasanya akan kita jumpai si ternak lagi makan, atau sapi yang sedang diperah. Ples satu lagi, aroma khas kotoran ternak tentunya.

Hm... kebayang serunya kan? Makanya ketika SALAM mengadakan kegiatan field trip ke peternakan langsung saja deh aku mendaftarkan Shinfa. Membayar iuran 20.000, sebagai biaya ganti untuk sewa bis, makan dan snack anak-ibu, dan minum susu segar. Rencana cuti hari Senin dimundurkan jadi Rabu. Secara ini kali pertama buat Shinfa jalan-jalan ke peternakan. Dan, kalau hanya karena nggak ada yang mengantar terus dia nggak ikut, kan sayang banget! Seperti Rabu yang lalu, Shinfa nggak ikut renang sama teman-teman SALAM gara-gara nggak ada yang nemenin. Kasihan deh!



Peternakan yang dikunjungi SALAM kali ini adalah UPT Ternak dan Tani kepunyaan Universitas Wangsa Manggala (Unwama) yang terletak di Kaliurang Sedayu Bantul. Ternyata Kaliurang juga ada di Bantul ya, hehe baru tahu aku! Padahal Kaliurang yang ini nggak jauh-jauh amat dari rumah Shinfa. Dibanding jarak ke SALAM masih dekatan ke peternakan Unwama. Kurang lebih menempuh waktu 15 menit. Oleh karena itu, aku sama Shinfa dianter ayah langsung ke peternakan. Biar tidak bolak-balik. Terus pulangnya dijemput lagi deh sama ayah.

Sampai di peternakan, teman-teman Shinfa belum ada yang datang. Jadi masih sepi. Tapi sudah ada para bapak dan ibu pengelola yang sepertinya sudah siap menerima kunjungan para balita dari SALAM. Shinfa kelihatan tersepona gitu melihat hamparan tanah lapang dan kandang yang berbentuk panggung. Nggak seperti punya Mbah Run ya...

Ooh, ternyata itu kandang buat kambing.
”Jenis kambingnya bermacam-macam. Ada juga yang kambing perah,” jelas Bu Pengelola.
”Walah, kambing juga ada yang perah ya?” aku memastikan.
”Iya. Malah kalau susu kambing itu kandungan gizinya lebih bagus lho dari susu sapi. Cuma memang jumlah produksinya kalah banyak dibanding sapi.”
”Ya iyalah, wong kambing cilik gitu. Kalo sapi kan meblong-meblong gedene,” hehe batinku lucu. ”Eh, susu ternaknya dijual ya, Bu atau disetor ke mana gitu?”
”Iya dijual. Tiap pagi juga sudah ramai di sini, para penduduk yang pada antri untuk membeli susu segar.”
Waaah, senengnya! Coba rumah Shinfa deketan ke sini, pasti juga ikut antri beli susu tuh!

Sebelum rombongan dari SALAM datang, berdua dengan Fatah yang juga naik motor, Shinfa kenalan lebih dulu sama sapi. Mengelus-elus kulit belangnya dan memberinya makan rumput kering. Akrab sekali mereka. Aku aja sampai heran. Biasanya Shinfa kan nggak bisa dilepas gitu, apalagi bisa akur main sama temennya, cowok lagi. Hehe jadi kencan pertama tuh di peternakan!



Baru beberapa menit kemudian, tiba juga rombongan 3 bus kota yang ditunggu-tunggu. Ternyata nggak cuma anak playgroup. Anak TK juga ikutan, tentu saja bareng ortu masing-masing. Ramai banget deh! Mana anak-anak balita lagi. Tingkahnya macem-macem. Aku cuma ngelihatin, sambil membujuk Shinfa supaya nggak mewek gara-gara pingin ikutan naik bis setelah melihat temen-temennya datang pakai bis. Hehe dasar anak-anak!

”Lho, Bu. Kenapa kok kumpul di sini?” protes seorang anak pas rombongan digiring ke pendopo. Pikirnya kok bukannya diajak jalan-jalan melihat sapi atau kambing ya. Hm, ternyata acara pertama adalah makan snack sambil mendengarkan sambutan selamat datang dari Pak Dekan dari Unwama. Katanya, program ini bagus sekali untuk memperkenalkan anak pada lingkungan dan alam sejak dini, sebagaimana konsep pendidikan berbasis alam yang dikembangkan oleh Bu Wahya. ”Itulah kenapa kita bisa semesra seperti sekarang,” kata Pak Dekan.

Acara selanjutnya, mulai deh jalan-jalan keliling peternakan. Melihat sapi diperah, masuk ke kandang kambing, lihat buah coklat, melihat-lihat tanaman hias, dan minum susu sambil beristirahat makan siang di pendopo. Shinfa mau aja tuh diajak jalan, tanpa gendongan sama sekali. Dia juga berani ngasih makan rumput gajah ke sapi. Meskipun pas diajak naik traktor dia bilang nggak mau, takut.






Dan, setelah sambutan penutupan, pukul 11.00 WIB, rombongan siap pulang ke rumah masing-masing. Tentu saja membawa pengalaman baru tentang sapi, kambing, dan traktor. Mungkin kecuali Shinfa. Lho kok! Hehe iya. Tetangga depan rumah Shinfa, Mbah Run dan Mbah Bar, kan punya kambing, sapi, juga traktor. Pantesan pas masuk kandang kambing, Shinfa tiba-tiba nyeletuk, ”Kambingnya kayak punya Mbah Bal.” Terus pas lihat traktor dia bilang, ”Taktol kayak punya Mbah Lun.” Hehe.

Tapi, gara-gara field trip kemarin, sekarang Shinfa jadi nambah kosakata baru, ”peternakan”. Tadi pagi aja, bangun tidur dia sudah nyeletuk,
”Buu, Dik Abit ke petenakan ya...”
”Kan udah kemarin...”
”Nanti ya...”
Walah-walah, masak ke peternakan terus sih, Shin. Ke peternakan depan rumah aja ya, liat sapi sama kambing punya Mbah Run hehe... Kan deket, gratis lagi!

14 comments:

Anonymous said...

susu kambing gimana rasanya yah? dah pernah nyoba?-mutia

Vie said...

Udah coba susu kambing blom Is? Aku dah coba enak lho! Ada rasa2 kambingnya hehehe... sekali minum bisa nagih.
Shinfa dah biasa liat kambing, sapi dan segala perlengkapannya, jadi dia gak heran lagi. Lucu juga ya... mari Shinfa sini biar tante cowel pipinya.

Bagus juga program dr Salam itu, benar2 mendidik!

salma said...

Pengalaman yg seru tuh... mba Salma juga pernah ke perternakan, tapi udah lama dulu.. malah nyoba meres sapi segala..
Shinfa maren ikutan meres juga gak? hihihi...
duh susu kambing ya? susu sapi aja aku ga doyan, hiks.

farrel's mom said...

Shin klo gk ada yg nganter kepeternakan.. ajak Alel aja yah.. pasti mau deh

primaningrum said...

asyik banget ya! seru... ada gak ya yg keik begitu di jakarta, jd pengen tahu!!

keep smile said...

wah enak yo field trip bisa ditemani ortu, field tripku hanya ditemani bule-bule elek. kacian deh

Ryu`s Mom said...

Serunya Shinfa field trip...gimana mau ternakin sapi gag dirumah.

ikha said...

fieldtripnya sinfa seru banget yak... ntar kalo dek naufal ke yogya, anterin ke peternakan ya

.:diah:. said...

wahh ada yg abis main k peternakan.. ceruuunyaa main disana ya Shin ;)

bundazka said...

wakssssss...susu kambing?enak ga yaaa....

asyik bgt yaaa ada acara ke peternakan...bisa sambil nyanyi nihh.."old mc donald had a farm, iyaiyayooooooooo.......".

Tety said...

Senang banget ke peternakan, palagi sambil liat cara memeras susu wuih nikmatnya....

widie said...

Mba Isma itu susu kambing ya..gimana rasanya??..Shinfa doyan ga?

Asyik ya..Shinfa dan temen2 jd tau sapi perah itu apa dan kambing perah..eh ada ga ya? hehe...

Dhona said...

Salam itu programnya bagus ya? Sayang di Yogya kalo di sini nggak fikir 2 kali deh, Fia tak masukin ke sana.

Btw, susu kambing rasanya gimana?

isma said...

temans,
yg coklat itu bkn susu kambing, tapi susu sapi. dah habis kali ya. dan, mpe skrg kami jg blm prnah cobain susu kambing... apa berasa daging kambing ya? entahlah... hehe.

thanks ya utk semua komentar kalian, luv u all.