23 July, 2007

16 comments 7/23/2007 12:25:00 PM

Taman Pintar: Tambah Apik Lho!

Posted by isma - Filed under


Maksud hati mau ngajak Shinfa ikut workshop kretivitas anak usia 2-8 tahun yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta. Tapi, karena sampai di lokasi sudah kesiangan, tujuan pun bergeser ke Taman Pintar yang posisinya cuma nyebelah aja.

Taman Pintar?

Eh, iya. Jadi keingat kemarin pas arisan, ada yang usul gimana kalau untuk arisan bulan depan di Taman Pintar. Eit! Tapi, kedatanganku kali ini bukan dalam rangka survey lho hehe. Cuma, melihat-lihat, menarik apa enggak! Alah, podo wae!
Sampai Taman Pintar, suasananya ternyata jauh lebih ramai. Apalagi hari Minggu itu sedang ada lomba mewarnai, dan pentas menyanyi di pelataran taman. Kalau aku tidak salah sih, dalam rangka ulang tahun salah satu lembaga pendidikan anak di Yogya, ples memperingati hari anak nasional, tanggal 23 Juli. Pantesan, ramainya bener-bener ramai!

Ini kali kedua Shinfa main ke Taman Pintar. Untuk masuk taman, masih tetap, tidak dipungut buaya. Cuma pada kunjungan yang pertama dulu, Taman Pintar belum selengkap sekarang. Gedung untuk fasilitas bermain dan belajar, juga kantin, belum selesai dibangun. Waktu itu sambil jalan-jalan sore, aku sekalian memenuhi rasa penasaranku. Ingin melihat taman yang dibangun di atas lahan bekas shopping buku, yang katanya bagus banget untuk anak-anak. Karena memadukan konsep belajar dan bermain.


Kalau mau menuliskan apa saja jenis permainan edukatifnya, wah...aku nggak hafal. Yang jelas, ada permainan tabuh gendang yang mengenalkan anak-anak pada bunyi, ada permainan gelombang suara, ada kejar air, ada permainan untuk ketangkasan… Menariknya, setiap jenis permainan itu, dilengkapi petunjuk dan keterangan. Jadi, buat bapak-ibu-nenek-kakek, bisa menjelaskan langsung pada anak, tujuan dan manfaat permainan tersebut.

belajar sains dan teknologi di gedung oval

balon loncat,
untuk di atas usia 2 tahun

Sementara untuk permainan yang di dalam gedung, seperti yang terdapat dalam gedung OVAL tentang ekosistem laut, sains dan teknologi, harus beli tiket seharga 3000 tiap kepala. Atau untuk permainan PAUD (pendidikan anak usia dini) yang kalau aku gak salah hitung ada tiga gedung. Ditambah gedung KOTAK yang di dalamnya ada game, motorcycle, walking animal, juga balon loncat.
Yang paling seru itu motorcycle. Teti aja sampe ketagihan, besok-besok mau datang lagi, khusus buat motorcycle. Karena motornya masih terbatas, jadi kalau ramai kita harus sabar mengantri nomor urut. Capeeek deeeh!


Habis main-main, aku-Shinfa-Teti mampir ke food corner yang posisinya satu gedung sama tempat game dan balon loncat. Menunya memang tidak selengkap pujasera sih. Cuma bakso, ayam n burger Popeye, es krim… Tapi, yang jelas pas banget deh untuk ngisi perut setelah jalan-jalan berkeliling.

bial belepotan, aku manis kan? xixixi

ramainya shopping n bringharjo,
capeeek deh!

Sebenarnya, masih ada lokasi ALAM DESAKU yang belum dijelajahi. Secara dah siang dan panas, ples Shinfa dah ngantuk. Jadi, aku gak bisa melaporkan ada perkembangan dan perubahan apakah di sana. Besok-besok deh ya kalau ke Taman Pintar lagi... Nunggu para ibu-ibu blogger jogja setuju, arisan di Taman Pintar hehe... Food cornernya lumayan lapang juga kok buat ngumpul-ngumpul… Selain, sepulang dari Taman Pintar, bisa juga nyebelah beli buku atau belanja batik, kayak Teti dan aku kemarin. Nah-nah… gimana, Taman Pintar boleh juga to…?

16 comments:

NdaH said...

sumpah!! aku belum pernah masuk situ ..
hi hi hi

salma said...

Abis dari taman pintar Shinfa makin pintar donggg...

Ryu`s Mom said...

Udah makin pintar aja ya..pintar apa nih? Pintar manjat juga gak?

widie said...

Dulu pas akbar di yogya juga sempet mampir kesana tapi mainannya sedkit banget cuma yang datang walah sampe naek bis segala lho...jadi semangat orang2 udah menggebu2 tapi fasilitasnya masih kurang...
Sekarang museumnya udah buka yaa...asyik dong..jadi banyak permainan dan pengetahuan yg bisa didapat ya..semoga makin banyak isinya biar anak2 bener2 pintar habis ke taman pintar yaa....

Tety said...

Wah postingannya panjaaaang....thx ya Is atas infonya, berarti Shinfa makin pintar doooong

unai said...

wahhh capek banget keiling tamn pintar yah. Sayangnya masih kosong melompok di tempat bermain anak dekat food court itu. Stan Makanan yang ada juga cuman ada popeye dan bakso. yiuk kita jualan di sana :D

Mama Firza said...

kaka firza minggu kemaren juga ke taman pintar penasaran n mayan juga buat refresing anak-anak....

Miming said...

wadouww... ketinggalan nih...
Yogya dah kayak apa ya..? baru juga 3 taun kita ninggalin Yogya :(

.:diah:. said...

wuiihh wuiihh.. kereenn bangettt,,,
pengen jg dunkz ikutan Shinfa... :)

bundanya i-an said...

waduh.... pengen euy...! ajak i-an dong kesana he..he..

Vie said...

Bagus tuh Is, Shinfa dibawa ketempat gituan, mendidik.
Hehe... ternyata ada juga ya odong2 buat org dewasa. Bertiga lagi naiknya.
Iya deh... Shinfa bial belepotan juga tetap manis kok.

Mama Rashel said...

duh senenge shinfa..pasti gak mau diajak pulang ya ..hayo ngaku :)

ntr rashel pulang pasti dah dijamin mampir sini moga2 aja dah lengkap n tambah bagus:)

ini didaerah shopping ya ya is?

mama arya said...

Wah makin betah aja ya klo di jogja murmer banget n nyamannya itu lho ya ngangenin,

btw, nanti pulang kamu jadi pemanduku yo jeng wes gaptek jogja ki aku wekekee

Anonymous said...

Kmaren liputan taman pintar ada loh diTV lupa dimana klo gak salah di trans tv--mutia

bundazka said...

hihiiii setujuuuu..arisan di tmn pintar.........

tp kekna di rumahnya shinfa ga kalah asyiknya dehhhhhhhh..:)

Yosie said...

Shinfa pintar jadi tambah pintar deh masuk ke taman pintar :)