27 July, 2007

11 comments 7/27/2007 10:36:00 AM

Jamur oh Jamur

Posted by isma - Filed under


Makasih ya Bune, juga Jeng Ninie, dah kasih aku PR. Jadinya aku ada kesempatan untuk posting soal jamur. Ups! Ini bukan jamur yang obatnya sering diiklankan di tipi lho. Hi…jijay! Melainkan sayur jamur favoritku juga keluargaku. Jenis jamur mang banyak. Cuma yang aku maksudkan di sini bentuknya bulat lonjong kecil, warnanya putih-item. *Berhubung masakan olahannya dah ludes, jadi yang dipajang mentahannya aja ya hehe*

Biasanya aku beli jamur di Mbak Sayur. Malah saking hafalnya, si embak suka “maksa” aku untuk membeli. Gimana gak “maksa” kalo pas aku pulang dari kantor, ibu sudah nodong, bilang: “Tadi dititipi jamur sama Mbak Sri.” Hehe.

Memang sih harganya lebih mahal ketimbang loncoman (sayuran buat sup). Satu plastik loncoman Rp600, kalo jamur Rp2500. Itu pun kalo dimasak cuma dapat satu piring. Padahal rakyat di rumah kan banyak. Jadi, belinya harus lebih dari satu. Kadang dimasak jamur thok, kadang dicampur sama jagung muda (apa itu namanya, lali aku!), bakso, tahu atau kembang kol, dan lain-lain. Tapi, suatu waktu pernah aku campur sama gambas atau trememes (indonesiane opo yo?), tapi kata bapak, rasanya jadi aneh, alias gak enak. Maklum, sok bereksperimen, malah salah rasa hehe!

Kalo bumbu-bumbu dan cara masaknya… biasa, standar aja kok. Pakai bawang merah, bawang putih, cabe, garam, gula jawa, kecap… sama saus tiram. Soalnya kalau yang aneh-aneh aku angkat tangan. Biarpun begitu, masakan jamurku pasti ludes. Abis enak sih. *nunggu dialem, kesuwen!*

Selain jamur jenis itu, aku sebenarnya juga suka jenis jamur yang lain. Kayak yang biasanya buat campuran sup, atau yang putih panjang kayak mi cina dicampur sama udang. Apalagi kalau yang buat campuran pizza… *waduh! Mendadak lapar nih!*

Wis ah, reviewnya. Gak kuat nahan hasrat jamur nih. xixixi. Nah, dalam rangka memberi kesempatan buat temen-temen untuk unjuk jadi koki, aku juga mau melempar PR ini *nambahi ding, secara dah ditimpuk juga sama yang lain, ke ibu-ibu yang suka sibuk, 4 aja ya:
1.Jeng Evan mamanya Alel
2.Jeng Mutia mamanya rayga
4.Jeng Tetybundanya Vasya
5.Jeng Neli ibunya Ais

Silakan dikerjakan ya…

Note: You don't have to give out the recipe, just post the photo and tell us why you like it coz for some people like me, just love to eat my favorite food and I don't even know how to cook it...and thank you so much for your sharing.....
Proposition: What is your favorite food in your state or country?
Requirements: Find some info about the food and show delicious pictures of it?
Quantity: FIVE PEOPLE.Tag Mode: You leave their blog and post link and add to the list below.

Mybabybay loves Asam Laksa from Penang, MalaysiaJustMyThoughts loves Penang Char Koay TeowMy Lil Venture loves Laksa SarawakMonterssorimum loves Teluk Intan Chee Cheong FunChinnee loves Melaka Wan Tan MeePeimunLeah loves Hakka Lei ChaHui Sia loves Crispy duck skin from ChinaKaren loves Pan Mee Simple American loves Cheese EnchiladasNicole Tan loves Char Tau Kuehvelverse loves Otak-OtakGiddy Tiger loves Dim Summay loves Roti BakarSelba loves Gado-gadoChen loves Satay*eastcoastlife loves Shanghai Buns Kev loves 蕃薯旦Bokjae loves Ipoh Sar Hor FunCooking Momster loves Penang Heah Koh & Chee Cheong FunBlur Mommy loves Clam ChowderGranmother Stories loves everythingEast Meets West Kitchen loves Good Dim SumLittle Corner of Mine loves Nasi Lemak & Penang Assam LaksaPaknesia Food loves RendangFood is Love loves Tumis Kangkung Bulik Wita loves Gulai kikil Sayur loves Megono Ndah loves Spaggeti Salma loves Orak-Arik Isma loves Jamur Saus Tiram

11 comments:

salma said...

Jamur, aku kok ga suka ya, tapi keknya enak tuh apalagi yg masak ibun`e shinfa.. namanya jamur tumis kecapa pa ya haihai.. ma nasi angett huaduh jadi laper nih..

mama arya said...

Wah aku juga gag begitu suka ama jamur soale rasane kenyol2 gitu jadi dr dulu ampe sekarang gag begitu dwehh, coba aku nyicip masakane Bune Shinfa enak ora ????


jok sepiring mbak yu

Nia said...

jamur paling enak klo dibikin sop krim jamur (menutuku lhooo) :)

Tety said...

Wah aku juga suka tuh jamur, palagi jamur portabella, masaknya dibalut pake tepung mmmn nyam...nyam...

farrel's mom said...

daku juga suka jamur.. tapi bukan jamur kulit loh =D hiihhiiii. Biasanya klo aku masak jamur plus cabe ijo.. mmmh. Ini timpukan ke-2 buatku.. benjol2 deeeh

Vie said...

Hahaha... ditimpuk PR. Ups... gak boleh diketawain ya. Dosa!

Jamur... uih sedep. Paling suka jamur. Jamur apa aja. Yg penting bukan jamur yg tumbuh di roti basi ya.
Pernah makan jamur tiram gak Is. Rasanya itu...*ngences*.

Gambas itu apa sama dengan oyong. Bukan oyong kepala.
Coba nyari di google, hahaha gambas bhs spanyolnya udang. Trus gambas ada lagi yg utk komputer. Macamlah!

Ryu`s Mom said...

Mana resepnya bu? Bagi-bagi donk resepnya..

mama valisha said...

jamur??? sedep.... iya tuh ditumis juga enak... bagi dong

neli said...

waduh, penampakan si jamur gak ada ya berhubung udah ludes... ya ampun gw ketimpuk PR masakan dr 3 org neh, gubrak!!

Dhona said...

Isma, jamur emang enak ya rasanya empuk. Aku tuh paling suka kalo dibikin ayam jamur yang dipakein kecap dikit itu lho. Rasanya enak.

uni said...

belum percaya kalo belum ngerasain P