23 May, 2007

10 comments 5/23/2007 11:00:00 AM

Ngapurone yo, Nduuuk...!

Posted by isma - Filed under



Shinfa memang nggemesin, dan lucu. Malah suka bikin aku sama ayah terkekeh-kekeh gara-gara tingkah atau omongannya yang aneh-aneh. Tapi, kalo pas ilang nggemesinnya, aduuuh! Rasane dunia ini jadi sempit, kepala rasanya mau pecah, trus isi dada mau bludak saking gag tahannya nahan amarah. Dan, endingnya adalah ngomel dengan muka ditekuk. :(

Eit, tapi jangan dibayangin seserem itu ya. Itu sih hiperbola hehe. Kalaupun aku marah, beraninya cuma ngomel kok. Selain diaaaam seribu bahasa, menunggu Shinfa berhenti menangis sambil manyun. Gag sampai tuh pakai acara cubit, jewer, pukul, apalagi sampe bertindak anarkis mengerahkan satu batalyon tentara lengkap dengan senjata... *ih, hiperbola lagi*. Naudzubillaaaah…. :)>-

Aku biasanya kelepasan ngomel, dalam keadaan berikut ini:

Kalo Shinfa ngak-ngik nggak jelas.
Biasanya kalo aku lagi berperan jadi FTM, hari Sabtu dan Minggu. Shinfa kadang keluar kolokannya. Dikit-dikit ngek, dikit-dikit ngek. Dengan keinginan yang juga nggak jelas. Bikin bingung kan.
Misalnya aku nanya, “Adik kenapa kok rewel? Adik mau apa?” Trus misalnya dijawab, “Abit mimik dot.”
Tapi, pas giliran dotnya dah kusiapin, dia njawab dengan mulut membik-membik, “Emoh mimik dot.”
“Lho Adik maunya apa?” balasku dengan hati dongkol.
“Dotnya dimimik Ibu aja!”
“Ha!”
“Didoooo,” lanjut Shinfa mewek. *gendoooong!*
“Ya. Diam dulu tapi, jangan nangis!” X(

Kalo Shinfa nggak mau disambi
Repotnya kalo Shinfa maunya aku nututi ke mana pun dia pergi. Aku nggak boleh mengerjakan yang lain. Kalo pas nggemesin sih Shinfa biasanya ikutan main di dapur taksambi masak, misalnya. Tapi kalo lagi ilang nggemesinnya, meweknya langsung keluar.
Pas keadaan ini, satu-satunya cara adalah menunggu dia lengah, asyik dengan aktivitas apa gitu, atau main2 dengan orang rumah. Cuma tetep ajah, baru lima detik aku ngerjain apa gitu, dia langsung kelimpungan nyariin aku.
“Ibu mana?” bertanya pakai sound siap nangis.
“Ibu di dapur, Dik.”
Hwaaa…. “Didooooo…”
“Adik duduk di sini ya, bantu Ibu, ngulek bawang.”
“Emoooh. Didooooo…”
Mak pet deh rasane! :-SS

Kalo Shinfa susah makan
Kondisi ini bikin aku sedih campur nesu. Apalagi kalu Shinfa lebih suka sama makanan yang bermoto, kayak bakso. Waduuh! Padahal masakan tanpa moto yang aku bikin juga lumayan kok. Artinya aku doyan. Shinfa juga gag suka sayuran.
Berbagai cara dan permainan aku dramatisasikan. Dari, “Sambil jalan-jalan ya,” sampai “Halo-halo, pesawat jagungnya mau mendarat di landasan. Masih ada isinya nggak ya, coba lihat..” Tapi, tetep ajah makanan yang dimulut cuma dimut, disesap, lama-lama sepo nggak ada rasane, trus dilepeh.
Dan ujung-ujungnya Shinfa bilang gini, “Dimaem Ibu aja!” :-O

Kalo Shinfa lagi nggak bisa diajak guyon
Aku biasanya suka gregetan sama orang rumah, pas kondisi ini. Habis sudah tahu Shinfa lagi nggak bisa kejawil, eh malah digodani. Bikin Shinfa rewel aja.
“Aaaabiiiik…,” Uyung mendekat lalu nyolek.
“Hrrrggh…. Hwa…,” Shinfa nggedumel.
“Nangis…nangis!”
Shinfa jadi nangis beneran.
“Yung. Ojo to!” aku jadi keki.
“Sing seru!” Uyung kian menjadi.
Hrgh……*#$@%! >:P

Tapi, pada dasarnya aku paham betul kalo anak-anak seusia Shinfa tuh pinginnya cuma diperhatikan dan belum bisa memahami repotnya ibu. Kelihatan banget kalo pas Shinfa doyannya cuma ngak-ngik, semua keinginan disebut, dari mimik dot, bobok, gendong, sampai jalan-jalan, tapi intinya ya cuma nggak mau dicuekin. Yah, bersyukur juga karena Shinfa lebih lengket sama aku daripada orang rumah lain. Seperti yang juga ditulis sama Bunda ini. :-*

Dan sebagai penutup,
“Shin, Ibu ming biso njaluk ngapuro yo, pas Ibu kelepasan marah gitu. Maklumlah, Ibumu kan menungso… dudu moloikat. Ngapurane yo, Nduuuk…” ^:)^ O:)

10 comments:

mutia said...

sama banget mbak ama aku & rayga, jadi kayak baca cerita kehidupan aku & rayga..sama plekk..

bundanya i-an said...

hmmmm... jadi inget kejadian kmaren kelepasan nylentik tangan i-an abis-nya dibilangin berkali2 gak nurut.. tapi udah itu nyeselnya segede gunung...
romantika jadi ibu kali ya jeng....

farrel's mom said...

xixi lucu ya tingkahnya Shinfa, saking sayangnya sama Ibu, smuanya buat Ibu...=)) lg pen dimanja kali Bu.. jgn galak2 ah...

valisha said...

sama tuk kayak valisha.... lagi pengen dimanja kayaknya soalnya jarang maen ama ibunya.. sun ah pipinya shinfa

Khansa Suprabu said...

usia 2-3 tahun...memang saat susah2....karena saatnya ngikuti keinginannya sendiri....Kalo Khansa pas...susah makan biasanya..piring ditinggal di mejanya....tahu2 habis sendiri...,tapi kalo dipaksa makan tambah susah...

nasywa said...

anak lebih mandiri kalo di tinggal ibunya kerja tapi..... kalo ibunya di rumah manjanya minta ampyunnn deh cari perhatian kali ya.....

bundazka said...

weleh...pertama moco iki aku mung ngekek seneng..*lah kok malah sng koncone susah..*, la piye ra seneng,soale aku yo ana kancane berarti..hehehhe..
wis podho plek...
bocah kabeh jebule ngono yoo...
adhewe kudu nduwe sabar sing gewde tenan..
paringaken sabar gusti....:)

mama arya said...

Jebule podho wae bocah2 kadang gawe wong tua nesu2 tapi yo kadang memelas sing patine kudhu sabar yo bune...kabeh ki mau lamung proses kehidupan.

NdaH said...

mbok sabar.... sabar ....
huehuehue

"abit mau adek buk"






kaboooooooor

Najwa said...

Mungkin emang gitu kali yah bun...anak yg ortunya pd kerja. Kalow bundanya ada pasti manja deh...:) Sama kaya najwa juga....

Najwa lom sekolah bun? Sinfa umur brp sih dan dah sekolah lom?