24 March, 2007

0 comments 3/24/2007 12:27:00 PM

Be a Good Servant

Posted by isma - Filed under


Kalo dipikir-pikir, setiap manusia sebenarnya adalah pelayan, yang melayani, paling enggak, dirinya sendiri. Kalo dia seorang bapak, ia akan memberikan pelayanan sebagai bapak pada anak istrinya. Kalo dia seorang ibu, akan memberikan pelayanan sebagai ibu pada anak dan suaminya. Kalo dia seorang tetangga, akan memberikan pelayanan sebagai tetangga pada tetangganya. Kalo dia seorang pegawai bank, akan memberikan pelayanan sebagai pegawai bank pada nasabahnya. Kalo dia seorang pengurus KUD, akan memberikan pelayanan sebagai pengurus pada anggotanya. Termasuk kalo dia seorang anak akan memberikan pelayanan sebagai anak pada ibu-bapaknya. O:)

Pelayanan adalah bagian dari amanah yang harus dijalankan. Bisa juga sebagai pengabdian. Dan, tentu saja semua pelayanan itu tentu tidak sama beban tugas dan tanggung jawabnya. Aturannya juga nggak sama satu sama lain. Tapi, paling enggak, menurutku sih, kode etiknya tetap, bagaimana sikap dan ucapan pelayan itu bisa diterima dengan baik oleh yang dilayani. Aku jadi ingat al-muslimu man salimal muslimuna min lisanihi wa yadihi. Memang sederhana, tapi abot dan gag gampang.#:-S

“Bu, kemeja krem yang lengan panjang sudah disetrika?”

“Apa, wong belum dicuci sama Mbok Nah?” elak si ibu yang tugas sehari-harinya mang menyetrika baju yang udah dicuci. Selain menemani Dik Elang main-main.

“Lho, kan sudah numpuk di keranjang dari seminggu yang lalu!”

“Ya, Mbok Nah lupa kali!”

“O… Tapi, kan…”

“Mang Bapak selak kabisan baju po? Kayak gag ada baju lain aja,” ucap si ibu yang terdengar tidak nyaman di telinga bapak. Bukannya minta maaf gitu ya…

Si bapak diam campur dongkol. “Mang gag ada. Baju Bapak yang bagus tinggal itu!” jawabnya, sebagai ganti dari ucapan, “Mang Ibu gag bisa po nanyain Mbok Nah dari kemarin? Gag harus nunggu Bapak nanyain bajunya dulu?”

“Coba sana, tanya sama Mbok Nah!” balas ibu sante, seolah gag terjadi apa-apa. alias cuek sambil asyik nonton tv.

Dengan wajah ‘lho kok aku yang suruh nanya’, si bapak akhirnya ngecek langsung ke Mbok Nah. “Mbok kemeja krem yang lengan panjang belum dicuci ya?”

“Iya, Pak. Kemarin soalnya nyuci batik yang luntur itu lho, Pak. Terus kemejanya jadi kelupaan di bawah tumpukan mainan Dik Elang. Nyucinya besok aja ya.”

“O…,” lagi-lagi si bapak cuma ber-O. Lha gimana, mau protes lebih lanjut juga percuma. Dasar baju kremnya juga agak ribet kalo dicuci sama yang luntur. Trus si mbok juga kayaknya gag ambil peduli, jangankan minta maaf, tahu kalau baju krem itu adalah seragam kantor yang harus dipakai untuk meeting si bapak besok pagi di Surabaya, juga tidak. Mana iya kalo besok bener dicuciin, kalo masih lupa juga?

Capeee deeeeh! :-SS

Benciiiii! :-w

Jembeeeeek! >:P *He Nico, isih kelingan diksi iki to? Jembek aku! Isih kanggo ra yo ning fatimiyah? Hehehe…*

Ya… mungkin biar bisa salimal muslimuna min lisanina wa yadina, paling enggak seorang pelayan yang baik harus punya empati dan kepedulian sama yang dilayani. Si bapak nggak langsung marah-marah pas tahu gag dilayani dengan baik. Tapi cukup ber-O… hehehe. Marah dalam hati gag papa, kan namanya juga manusia. Abis itu mohon ampunan sama Yang Kuasa. Trus si ibu, gag sok cuek gitu dong. Mestinya kan bisa konfirmasi dari kemarin2 sama Mbok Nah soal cucian itu. Mana sudah seminggu, waktu yang lumayan to? Kalo mang fungsi pelayanannya adalah bekerja sama dengan Mbok Nah soal cuci-setrika, ya monggo dijalankan dengan baik. Artinya, jangan limpahkan tugas ngeceknya sama bapak dong. Dan Mbok Nah, lupa mang bawaan manusia. Tapi kalo dari awal Mbok ada empati dan peduli, insyaallah deh ingatnya gag cuma sama tumpukan baju yang banyak. Sama sebiji kancing yang lepas pun juga bakalan ingat. ;)

Hehehe. Kok jadi menganalisa. Ya gag ada susahnya sih menganalisa cerita bikinan sendiri, ples menurut karepe dan pemahamane dewe. Aku jadi ingat iklan sebuah rokok yang ada kalimat: TANYAKENAPA? Yang critane minta stempel sampe ngantuk-ngantuk itu lho... Bayangkan aja kalo semua tugas pelayanan beralur sama seperti itu. Tak ada empati dan kepedulian. Sampai yang dilayani harus ngingetin dan meminta pelayanan, sampai ngantuk2 saking tidak adanya kepastian, malah bisa-bisa dibalas dengan ucapan: Gag sabaran amat sih! Tuh, kan posisinya jadi kebalik. Yang harusnya marah-marah malah kena marah deh dan dianggap gag berempati. (:|

Mang gag gampang sih buat jadi good servant. Tapi, paling enggak dengan berempati, seorang pelayan bisa tahu gimana rasanya mendapatkan pelayanan yang gag pas di hati sehingga jangan sampai hal itu dilakukannya untuk kasih service ke orang lain. :x

Yah, aku tahu gimana lamanya menunggu, jadi pas penulis ini SMS meminta bukti terbit buku tulisannya yang ternyata belum dikirim, hari itu juga aku langsung ngecek ke bagian pengiriman dan konfirm balik ke dia kalo bukunya bakal dikirim sekarang. Bukannya membalas suruh nanyain sendiri ke bagian pengiriman. Toh soal itu kan bukan tugas pelayanan aku. Apalagi pake embel-embel kalimat: Gag sabaran amat sih. >:)

Coba kalau semua pelayan kayak aku ya hehehe. Buntute kok umuk to mbak yu, mbak yu. Yah lebih baik umuk daripada jadi pelayan yang gag baik. Hus! Podo eleke itu mbak yu. Astaghfirullahalazhiiiim. Yah tapi, sejelek-jeleknya wong umuk, ternyata tidak lebih jelek dari pelayan yang gag baik karena bisa bikin orang lain umuk. Astaghfirullahal azhim. Wallahu a’lamu bishshawab. *-:)

0 comments: