23 January, 2007

0 comments 1/23/2007 08:03:00 PM

Nun...Dua Tahun yang Lalu...

Posted by isma - Filed under


Berdasarkan hitungan kalender menstruasi, HPL Shinfa harusnya tanggal 16 Januari 2005. Tapi, kata dokter, ini bisa maju bisa juga mundur. Dan, demi mengantisipasi majunya kelahiran, aku ambil cuti tepat tanggal 1 Januari 2005. Tiga hari kemudian aku mudik ke Pekalongan bareng ayah yang kebetulan liburan sekolah. Kelahiran anak pertama pinginku mang di Pekalongan, mau nyanding Simak ceritanya. ;)

Dan, ternyata seminggu sebelum HPL, aku ndak ngerasain apa-apa. Wah, berarti bisa tepat HPL nih, atau malah mundur. Gitu pikirku. Dan, berhubung di kampung halamanku sana akses tercepat sama bidan desa, jadi konsultasiku juga ke bindes. Diperiksa, katanya posisi janin mang sudah benar alias tidak sungsang. Cuma kepalanya kok kayaknya belum turun mpe ke jalan lahir. Nah lo…jadi gelisah deh!
:-S

Aku yang pas di Jogja suka bobok pagi I-|, di Pekalongan karena bersebelahan sama lapangan jadi suka jalan pagi, ngitarin lapangan. Kadang sampe sakit dan pegel gitu, mpe harus ditata jalannya sama tarik napas berkali-kali. Senam hamil juga masih aku rutinin sendiri tiap hari. Wirid buat ngelancarin proses persalinan juga aku baca tiap waktu. [-O< Berlama-lama sujud tiap shalat, juga iya. ^:)^ Meski kalau shalat aku seringnya sambil duduk. Dengan kaki segede gajah, dan perut kegedean, aku mang jadi kerepotan buat berdiri dari duduk.

Tapi, sampai tanggal 16 Januari, ternyata aku tetep ajah nggak ngerasain apa-apa. Flek darah juga nggak ada. :-/ Aku sampai tanya ke sana-sini, nanyain pas mo ngelahirin tanda-tandanya apa aja sih? Padahal jelas-jelas itu sudah diterangin di panduan buku melahirkan. Hehehe. Karena was-was…konsultasi lagi deh sama Bindes. Hasilnya posisi kepala janin katanya kok belum nukik turun juga. Dan, bidan menyarankan kalo satu minggu ke depan belum lahir juga, langsung ajah ke dokter. [-)

Aku pun menunggu lagi. Ayah terpaksa harus balik ke Jogja karena liburan sudah habis. Pas weekend dia balik lagi ke Pekalongan. Dan, aku tetep ajah nggak ngerasain mules-mules gitu. Aku mpe sering banget bilang ke Shinfa, “Dik, ayo dong keluar. Sudah ditungguin ibu, ayah, simbah…” O:) Atau, “Dik, kasihan ibu dong. Jangan kelamaan di dalam.” Trus, kata orang tua suruh ngagetin si janin, “Ayo tangi!” pas mo beranjak dari tempat tidur. Hihi, ada-ada aja ya.

Sampai kemudian, satu minggu pas dari HPL, keadaan tetep seperti semula. Aku juga tetep menahan ayah untuk jangan balik ke Jogja dulu. “Sapa tahu besok lahir, hayo!” Tambah satu hari, dua hari, tapi nggak ada perkembangan berarti, Sabtu pagi ayah pun pulang ke Jogja. Nah, baru deh malam Minggunya perutku agak mules dikit. Tidur rasanya jadi serba salah. Rasa-rasanya kayak mo BAB. #:-S Pagi-paginya sudah ada flek darah keluar. Aku langsung minta ayah untuk balik ke Pekalongan hari itu juga. Berlanjut sampai Senin pagi, meski fleknya tambah banyak, tapi kok kayak nggak ada kontraksi gitu. Aku masih bisa jalan-jalan tanpa ada gangguan rasa mules yang berarti.

Pukul 10.00 pagi, setelah diperiksa sama Kuntring si dukun beranak (Hehehe, Jadul banget ya! Masih pakai dukun. ;)) Ya emang gitu kebiasaan di kampungku. Jadi kolaborasi antara dukun sama bidan. Mereka dipanggil dan proses melahirkannya di rumah pasien, bukan pasiennya yang datang ke rumah bersalin tempat bidan atau dokter), baru deh ada kontraksi alias mules-mules. Itu pun kata Kuntring baru bukaan satu.

Dan, sore kira-kira jam limaan, kontraksi hebat mulai terasa, mpe nggak kuat buat nggak ngeden. Padahal harusnya saving tenaga dulu, jangan terus-terusan dikeluarin. Pokoknya semua teori pernapasan, tata cara, adat-istiadat juga adab sopan santun (hehe mang ada ya?) yang sudah kubaca dan kupahami baik-baik, hilang melayang entah ke mana. :-O Pinginnnya ngeden sekuat tenaga biar kepala bayi bisa segera keluar. Hasilnya, aku bener2 kelelahan, sampai disuruh makan dan minum lagi. ~O) Rasanya sudah gelap dan nggak kuat lagi. Malah rasa-rasanya waktu itu, aku milih dioperasi aja deh, b-( dibawa ke PKU yang paling deket sama rumahku.

Tapi, rupanya Tuhan sudah punya rencana-Nya sendiri. O:) Diiringi doa semua orang [-O<, pada rasa mules entah yang ke berapa, aku melepaskan semua sisa tenagaku mendorong Shinfa keluar >-). Tak ada rasa sakit, capek, apalagi perih. Aku hanya ingin, Shinfa segera menyapaku juga ayahnya dengan jerit tangisnya :((. Tepatnya pukul 18.00 WIB, pada Senin Legi, 24 Januari 2005/13 Dzulhijjah 1425 H, bayi mungil perempuan yang besok genap dua tahun, alhamdulillah bisa lahir selamat, dengan BB 3 kg panjang 48 cm. :x

Selamat datang, Shinfa...
>:D<
@};-

0 comments: