23 January, 2007

0 comments 1/23/2007 10:00:00 PM

Nun…Dua Tahun,
Dua Puluh Enam Minggu yang Lalu…

Posted by isma - Filed under


Welcome to the club!
>:D<

Hehe, untuk mengistilahkan semacam sambutan udah masuk ke clubnya beberapa perempuan di kampungku yang pada hamil. Jumlahnya hampir sepuluh orang. Memang sih, usia kandungannya nggak sama persis. Kebetulan yang unda-undi sama aku ada tiga orang. Lahirnya pun sama-sama di bulan Januari 2005.

Seperti umumnya perempuan hamil, ada namanya masa-masa ngidam. Seminggu dua minggu dari berita hasil laborat itu, aku masih bisa ngebo alias cuek dan enjoy. :x Aku tidak merasakan perubahan apa pun yang biasa dirasakan ibu hamil. Selain pegel-pegel di pinggang dan kaki tentunya. Nafsu makanku masih oke, gak pernah kedinginan, rajin minum susu, dekat-dekat sama bau masakan juga gorengan. Aku suenneng banget. :-Aku pede kalo aku nggak akan merepotkan seperti kebiasaan wong ngidam.

Tapiiih, huhuhu…:(( akhirnya hari-hari yang tidak aku ingini itu menimpaku juga. Mulanya setelah makan kerang, minum susu hamil yang rasa strowberi…makan bakso di Gedongan… =((

Dunia terasa berputar. Matahari terbit dari Barat, dan tenggelam ke arah Timur. Aku jadi suka glege’en alias bersendawa, mulek-mulek, dan mulailah membenci bau-bauan. Ya masakan, ya gorengan, juga minyak wangi. Aku eneg dengan bau parfum yang biasa dipakai ayah, sabun mandi, juga deodoran yang biasa aku pakai. ABCDE deh! Bahkan, bau ayah pun jadi kecium aneh dan asing. :-w Tiap kali kakiku kerasa dingin atau kena air gitu, pasti mun-mun, huek! Tiap kali makan apa gitu, pasti deh…UUM (ujung-ujungnya mun-mun). Meski tiap periksa ke BKIA udah dikasih anti-morning sickness, tetep ajah UUM. Duuh, jadi merasakan, kayak gini juga ya dulu pas simakku ngandung aku? Kasihan banget ya. :-S

Kalo berangkat ke kantor, aku hapal betul daerah-daerah tempat aku harus tutup idung coz gak tahan sama bau masakannya. Kalau sampai tetep kecium, biasanya aku minta ayah untuk brenti ngasih aku waktu buat mun-mun. Hihihi, segitunya ya! Nah, di kantor, kalo pas makan siang, aku juga punya warung favorit, yang anehnya di tempat itu aku merasa nggak mencium bau masakan apa pun. Heran! Kadang aku juga harus bolak-balik meja-kamar mandi tanpa seorang teman pun tahu kalo aku abis mun-mun. Cuma menyisakan mataku yang berkaca-kaca, sama napas ngos-ngosan. Mana di kantor aku jadi ngantukan banget! (:| Oh, seandainya bisa tidur seharian. Ngantukan ini juga kebawa sampai rumah. Biasanya abis shalat subuh, bukannya jalan-jalan aku malah molor lagi sampai pukul 07.00. I-| Abis itu, baru deh siap-siap buat berangkat.

Selain perubahan itu, aku jadi perasaaaaaaa banget! Tambah seneng nangis, kalo ada yang nyinggung di hati. Apalagi kalo aku merasa entah ayah entah anggota keluarga yang lain kayaknya ndak ngertiin kalo aku tuh benci sama bau masakan dan gorengan. b-( Minggu-minggu itu aku jadi phobi sama dapur! Sampai saking ABCDE-nya, gara-gara banyak tersinggung, aku nekat ngajuin usul ke ayah buat pulang ke Pekalongan. Yah, siapa tahu ajah bisa sembuh. Hehehe.

Ajaib! Ternyata di Pekalongan aku enjoy lho makan di dapur.;;) Nggoreng atau masak apa gitu juga ndak mun-mun. Abah sama simakku aja heran. Trus akhirnya mereka menyimpulkan, “Oh, gawan bayinya minta diajak negok Pekalongan kali…” Waktu itu aku mbolos kerja sampe seminggu, dan aku nggak ambil pusing. Hebat! Demi jabang bayi bo’!

Terhitung sejak akhir trimester kedua, aku bebas dari morning sickness. Cuma kalo morning sleepingnya ya tetep lanjuuut! Padahal banyak orang mengeluhkan kebiasaanku yang satu ini. “Kandungan makin besar, harus rajin jalan-jalan biar gampang ngelahirinnya,” gitu kata ayah juga yang lain. :-$ Tapi, aduh! Mohon maaf, bayinya malas tuh diajak jalan. Lebih asyik tidur. Hehehe. I-|

Aku pun jadi big and fat. Gara-gara minum susuku yang teratur,~O) multivitamin, sama nafsu makanku yang ampyuuun deh! :-SS Bayangin ajah, camilanku itu terang bulan depan BCA jln Katamso atau Roti Bakar keju deket Jati Kencana. Pasti itu, tiap pulang dari kantor, mampir buat beli salah satu dari dua menu itu. Padahal kan, kalo sudah kelebihan BB, unsur karbohidratnya harus dikurangin, gitu kata dr Bambang. Tapi, gimana, lha wong itu maunya jabang bayi. Hehehe.

Trus, kalo malam…aku biasanya minta sama ayah mbeliin nasi kucing yang lauknya pake teri sambal. :-@ Pinginnya sih yang kayak di sebelah kos-kosanku dulu, yang di bawah pohon itu. Kering tempenya pedes manis. Tapi, dapetnya pasti yang rasanya nggak jelas gitu. Hehe, maklum bukan lingkungan kos-kosan sih. Jadi warung alternatif khas mahasiswa itu mang jarang dijumpai di sekitar tempat tinggalku.

Seiring dengan naiknya BB dari 43 kg (sebelum hamil) jadi 68 (menjelang ngelahirin), semua baju dan celana pada nggak muat. :-@ Tentu ada acara beli dan permak baju juga celana. Dintambah ganti ukuran alas kaki, karena kakiku yang bengkak-bengkak.

Seiring bertambahnya usia janin Shinfa, gerakan-gerakan di gundukan besar yang kugembol juga kian terasa. Kadang kalo lagi diam berbaring gitu, ada yang berdetak-detak, ada yang seliweran menjejak-jejak, membentuk gelembung gerakan perut yang tidak lagi bulat, tapi pipih. Lucu banget! =:)

Setiap dua minggu aku jadi rutin apel ke dr Bambang. Posisi janin yang semula sungsang, sudah balik normal alias kepala di bawah. Sejauh itu, everything is ok! Meski sempet was-was juga jangan-jangan Shinfa kembar. >-) Abis kata teman-teman perutku kegedean. Hehehe. Maklum, anak kecil yang hamil, kan jadi kelihatan mlembung gitu. Apalagi, simakku Pekalongan sama Ibu di Jogja sama-sama punya anak kembar. Yang Pekalongan adikku kembar cewek, yang Jogja itu masnya ayah kembar cowok, tapi yang satu meninggal. Tapi, kalaupun benar kembar, tambah bersyukur banget. Hamilnya sekali, lahirnya langsung dua. Lumayan kan?

Menjelang akhir trimester ketiga, aku harus ngebut kerjaan sebelum ditinggal cuti selama tiga bulan. Bentuk tubuhku makin lucu, karena pendek dan gemuk. Apalagi soal HIV (hasrat ingin vivis), hm…tiap lima menit deh kayaknya. Dan ini, kata Simakku pertanda semakin dekat dengan hari lahir. O:) Duuuh, jadi tambah deg-degan. Jadi tambah nggak sabar, pingin segera melepas gembolan besar yang ada di perutku. Dan, jadi tambah kebelet pingin berlagak kayak ibu-ibu yang ngelus-elus kulit bayinya sambil nangis kayak iklan di tv-tv itu. Ayo sayang…cepet dong keluar… :-* @};-

0 comments: