24 December, 2014

3 comments 12/24/2014 05:07:00 AM

Liburan Menyenangkan

Posted by isma - Filed under , ,

liburan sekolah tentu sangat dinanti tidak saja oleh anak-anak, tapi juga orang tua. biasanya orang tua juga akan mengajukan cuti kerja untuk menikmati liburan, kecuali saya yang memang freelance dan lebih banyak di rumah. kebetulan pas liburan sekolah kak abik dan dik atha dimulai, saya ada meeting di search for common ground tanggal 17 desember 2014. sekali jalan, saya ajak juga anak-anak untuk berlibur ke tempat sepupu mereka di jakarta dan lalu ke pekalongan. meskipun singkat dan ayah tidak bisa ikutan karena sibuk menyelesaikan pengisian raport, ini menjadi perjalanan anak-anak yang menyenangkan.

persiapan pun dimulai. setelah mencari dan mangkalkulasi pengeluaran untuk transportasi, saya memutuskan untuk berangkat pakai pesawat, lalu kereta ekonomi ke pekalongan, dan travel menuju jogja kembali. sementara kak abiq dan dik atha, mereka menulis janji hadiah untuk ayah ibunya karena sudah diajak liburan. apakah hadiah itu? kak abiq menulis akan rajin shalat 5 waktu, nggak bertengkar sama adik, tidur paling lambat pukul 21.00 dan bangun pukul 05.00. kalau dik atha, ikut belajar shalat 5 waktu, minum susu paling banyak 3x sehari, tidur paling lambat pukul 09.00 dan bangun pukul 05.30, pakai baju, celana, kaos dan celana dalam sendiri, dan nggak ngeyel. hihi, lucu sekali melihatnya. mereka bekerja sama, berdiskusi, lalu si kakak yang menuliskan. kakak juga yang berinisiatif menempel hadiah mereka itu di dinding. let's see ya kak and dik ...

hari senin, 15 desember 2014, pagi-pagi pukul 06.00 kami berangkat ke bandara menggunakan taksi. biayanya rp.150.000. meskipun jauh, tapi lalu lintasnya tidak padat. kakak dan adik tampak gembira sekali. lebih-lebih pas di dalam pesawat batik air. mereka sempat berebut mau duduk dekat jendela. saya yang malah teler tertidur, sementara anak-anak senang sekali melihat pemandangan dari balik kaca. ini pengalaman kedua mereka naik pesawat, tapi tetap saja, mereka tampak excited seperti pengalaman pertama.

tiba di jakarta, hari itu kami langsung meluncur ke taman mini indonesia indah bersama om isom dan dik abhinaya. haha ini kali keduaku ke taman ini, setelah kunjungan pertama saya tahun 80an waktu SD. dik atha hebat sekali, mau jalan kaki sepanjang kami melihat-lihat istana boneka, naik kereta gantung, nonton di keong mas juga 4d movie. dik abhin yang sudah lama tinggal di jakarta juga tampak gembira, dan berkali-kali bilang kalau ia senang sekali.

hari keduanya, kami meluncur ke dunia fantasi ancol. karena om isom ada pekerjaan, saya pun sendirian mengawal anak-anak bertiga ini. ini pengalaman pertama buat kak abiq dan dik atha. wahana pertama yang kami coba adalah komidi putar. haha ini kesukaan dik atha yang doyan naik odong-odong. lalu saya ajak anak-anak untuk foto kostum china. saya sempat surprise dengan dik atha yang tampak senang menikmati. karena ia kadang malu-malu untuk berfoto gaya di depan fotografer asing.

ada beberapa wahana baru yang aku belum sempat lihat pada tahun 80an saya ke dufan. seperti wahana hello kitty yang menyajikan dunia kitty dan pemutaran film hello kitty, serta wahana happy feet yang berupa pemutaran film pinguin sambil kita ikut merasakan goyangan kursi saat pinguin meluncur atau terjatuh-jatuh di es. haha, bener-bener seru. sampai dik atha agak ketakutan karena goyangan kursinya berputar-miring bikin jantung los-losan. sama rasanya dengan naik halilintar tapi yang rendah. kak abik dan dik abhinaya hampir menikmati semua permainan kecuali yang ekstrim sekali seperti hysteria dan tornado. mereka naik kora-kora, arung jeram, dan ayunan berputar. sementara saya cuma menemani dik atha, dengan permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak dengan tinggi badan 120cm.

hari ketiga, saya ada meeting sementara anak-anak saya titipkan ke budhe. semula sempat khawatir mereka akan rewel, surprise, waktu saya kembali saya lihat kakak beradik ini sedang asyik bermain dengan mbak fika, anaknya budhe. jempol deh! sayangnya liburan di jakarta harus diakhiri, karena sore harinya dengan kereta menoreh kami harus meluncur ke pekalongan. seperti di pesawat, anak-anak juga bisa duduk manis dan penuh gembira di dalam kereta. kami berangkat pukul 19.30 dari stasiun senen dan tiba di pekalongan pukul 01.00 dini hari. om isom yang pulang ke pekalongan duluan pagi harinya sudah siap menjemput. saya hanya dua hari di pekalongan karena ada PR musti diselesaikan. hari sabtu pagi saya kembali ke jogja bersama dik atha. kak abik? dia masih betah di pekalongan dan akan menyusul balik ke jogja hari kamis.

rasanya senang sekali bisa mengajak anak-anak berlibur. apalagi bisa melihat ekspresi bahagia dari wajah-wajah mereka. sampai jumpa di edisi liburan berikutnya :)

Lidya Fitrian said...

tidak sabar menungu liburan selanjutnya ya mbak. Mbak Isma apa kabar? maaf baru bisa mampir lagi ke blognya

Ranii said...

huaaaa, seruuu bangeet jalan-jalannya, pantes aja ka abiq sama dik atha gak rewel :D

entik said...

senengnya bisa jalan-jalan bareng anak-anak ;)