30 March, 2014

2 comments 3/30/2014 09:45:00 PM

Menuju Negeri Kanguru ...

Posted by isma - Filed under ,
hari yang saya tunggu-tunggu pun akhirnya tiba, jum'at, 28 maret 2014. saya tiba di jakarta sehari sebelumnya, memenuhi undangan kedutaan australia untuk briefing program pertukaran muslim indonesia-australia. saya berangkat dengan pesawat, bersama simak yang datang dari pekalongan karena ingin mencoba rasanya naik pesawat :)

ketika saya sampai di bandara adisucipto, jogja dalam keadaan mendung. kak abiq sudah berurai air mata, dan saya berusaha menenangkan. sementara dik atha, ia tampak tegar, nyantai, dan memberiku ciuman lengkap di setiap sudut wajah. "ibu mau kerja ya," katanya. "iya, di australia," jawabku. dan meskipun sudah biasa, tetap saja saya semedot meninggalkan mereka.

ini kali pertama saya masuk kedutaan australia. saya melewati sekuriti dan tiba di ruang pertemuan bersama ikfina, peserta MEP dari jepara. di dalam ruangan, kim garret dan anindita, dari kedutaan, riri khariroh, peserta MEP 2011, juga tiga peserta yang lain sudah menunggu. meskipun datang paling akhir, kami tidak terhitung terlambat dari jam yang dijawalkan.

kim segera memulai deskripsinya tentang australia, tentang komunitas muslim dan budaya yang berkembang di tanah asalnya. saya sempat terkejut ketika tahu bahwa muslim termasuk komunitas ketiga terbesar di australia. namun kim tidak tahu pasti, komunitas agama mana yang menduduki posisi pertama dan kedua. "mungkin kristen dan katolik," jawabnya.

usai kim, riri khariroh berbagi pengalaman selama mengikuti MEP 2011. tak cuma saya, keempat peserta lain seperti sudah dibawa dalam perjalanan seru MEP. saya semakin bersyukur bisa terpilih mengikuti program ini, mendapat kesempatan menjadi tamu dan dipertemukan dengan orang-orang penting di australia. "i can't wait to go there," celetuk tarawiyah.

anindita menambahkan beberapa point penting yang bersifat teknis kepada saya dan teman-teman. saya suka sekali memperhatikan air muka dan gayanya berbicara. jika selama ini kami hanya ngobrol lewat telpon dan email, hari ini saya bertemu langsung dengan orangnya. di mata saya anindita adalah perempuan cantik dan juga smart. "sabtu dan minggu silakan dipergunakan untuk istirahat, mempersiapkan stamina untuk perjalanan padat selama di ausie," pesannya.

tapi, saya dan ikfina sempat jalan-jalan ke senayan city pada sore harinya dan ke tanah abang pada keesokan harinya. barulah kami hanya berdiam di rumah pada hari minggu, mempersiapkan dan menata bekal yang akan kami bawa. jujur, kami sangat bersemangat untuk perjalanan ini.

dan malam ini, kami sudah di ruang tunggu garuda, menunggu saat kita untuk boarding ke dalam pesawat yang akan membawa kita ke negeri kanguru ... wish us a safe and comfortable flight ... :)

peserta MEP 2014: sukron makmun, tarawiyah, isma, ikfina, dan zahrul fata

2 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

seneng aku lihatnya mbak

M. Faizi said...

selamat bersenang-senang