16 July, 2013

3 comments 7/16/2013 10:34:00 PM

Puasa dan Tahun Ajaran Baru 2013

Posted by isma - Filed under ,

Bulan puasa tahun ini bebarengan dengan liburan panjang akhir tahun. Kak Abiq naik kelas empat. Seperti tahun lalu, Kak Abiq juga belajar berpuasa. Hari pertama, dia makan di siang hari, lalu melanjutkan puasanya. Kami biasa menyebutnya puasa mbedug. Hari kedua, dia bilang akan puasa penuh. Namun, waktu lihat Dik Atha makan roti berisi butter, dia tidak tahan. Sambil memasang wajah melas dia bertanya, “Enak Dik?” ha ha

Semula Dik Atha tidak mau memberikan sedikit bagian rotinya, tapi setelah aku rayu akhirnya dia mau berbagi. Itu pun sedikit sekali. Kalau pikiran orang dewasa, sayang sekali puasanya dibatalkan hanya karena potongan kecil roti. Haha. Tapi dasar anak kecil ya. Kak Abiq akhirnya tidak jadi puasa, tidak juga puasa mbedug. Dia lalu minta digorengin telor ceplok dan makan karena lapar.

Untuk takjilan, Kak Abiq ikut di masjid dekat rumah Uti. Setiap sore ia berangkat ke masjid bersama Mbak Tami. Menunggu sampai maghrib tiba, lalu membatalkan puasa dengan makanan yang dikirim warga kampung secara bergiliran. Dik Atha juga suka ikut. Dia kelihatan senang sekali bisa ikut takjilan. Malah dengan lahap dia makan hasil oleh-oleh takjilan. Lucu sekali!

Hari Senin, 15 Juli kemarin adalah hari pertama masuk sekolah. Mungkin Kak Abiq juga tetap puasa karena di sekolah tidak disediakan makan siang sebab bulan Ramadhan. Dik Atha juga masuk sekolah, sekarang sudah masuk playgroup. Dia sudah dapat seragam. Jam aktif belajar cuma sampai jam 11, lalu akan dilanjutkan di TPA. Kebetulan sekolah Kak Abiq, playgroup dan TPA-nya Dik Atha ada di bawah naungan satu yayasan, jadi gedungnya ada di dalam satu area. Cuma kayaknya Dik Atha belum mau masuk sekolah. Tentu saja karena saya yang biasa mengantar sedang tidak di rumah. Jadi, tunggu setelah lebaran ya Dik Atha ….

3 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

DIk ATha seumuran Alvin ya sekarang masuk playgorup

isma said...

--- Mb Lidya
Iya mbak, baru tahun ini play groupnya ... :)

Si Bayi said...

Selamat menjalankan ibadah puasa ya ?