18 May, 2012

6 comments 5/18/2012 11:42:00 PM

Akhirnya ...
Aku Diwisuda :)

Posted by isma - Filed under

yeaaaay, aku diwisudaaa!
hehe, norak ya. pakai teriak-teriak segala. ya maklum saja, untuk sampai tahap ini, sudah banyak yang aku usahakan dan korbankan. memeras otak, telat makan, tidur sambil terduduk-duduk di kursi, njedotin kepala ke tembok pas lagi stress *haha yang ini sih lebay*. atau istilahnya, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. apalagi buat aku, international student yang bekal bahasa inggrisnya pas-pasan. kuliah di luar negeri adalah perjuangan tiada akhir.

21 juni 2010, pertama kali aku menapakkan kaki di hawaii. blank. waktu itu aku cuma yakin bahwa sesulit apa pun, aku pasti bisa berjuang dan bertahan. meskipun sempat dikursuskan inggris di UI selama tiga bulan dan satu bulan di hawaii, tetap saja tidak bisa mengubah lidahku menjadi lidah bule hehe. atau mengubah telinga jadi telinga bule, juga tanganku supaya lancar seperti kalau bule nulis inggris. ini benar-benar tantangan maha beraaat, saudara! karena inggris yang tidak bagus, di kelas aku harus berusaha keras untuk memahami, ngomong apaan sih mereka. berpikir keras, gimana ya kalau mau tanya ini, cara ngomongnya bagaimana. belum lagi kalau mau nulis, waduh pakai kata yang mana ya. hehe pokoknya gagap gempita deh.

tapi, semua toh berjalan dengan baik. semester pertama bisa aku lewati dengan ipeka yang lumayan. ini musti diperhatikan, karena kalau ipeka jeblok musti siap untuk dipulangkan, nah lo hehe. lalu semester kedua, semakin kelihatan perkembangannya. semester tiga masih bisa bertahan, dan finally semester keempat, sebagai puncaknya. tapi itu semua bukan berarti tak ada hambatan lagi. selama perjalanan itu, aku biasa sekali kedapatan salah dengar, salah paham, salah omong, atau salah tulis. biasa juga ngomong sama seseorang tapi malah membuat si lawan bicara mengernyitkan dahi, haha gak paham! atau deg-degan bukan main setiap kali mau masuk kelas, terutama kelas yang muridnya sedikit, sehingga aku harus ikutan ngomong. sampai sering banget aku mengeluh pada diri sendiri, "bolos aja yuk" hehe.

yang tak kalah susah adalah ngerjain paper, baik yang mingguan atau final. aku benar-benar merasakan pressure paper ini di semester empat, atau Spring 2012. misalnya, di kelas 620, problem and issues in southeast asia, aku harus baca buku, kebanyakan tentang politik dan menulis response 5 halaman. dua spasi sih, tapi kalau nggak paham bukunya, mau nulis apa coba. aku selalu stress, suka menangis, duuuh susah sekali. kelas kedua adalah 611, comparative muslim society, yang mewajibkan response 1000 kata, atau sekitar 3 halaman, dengan bacaan artikel dan buku yang seabreg. aku sering banget mengeluh, "nggak usah nulis response saja ya." tapi finally, aku bisa juga melawan bisikan tak bertanggung jawab itu. yeaayyy!

menulis tugas akhir atau master's paper juga ada kisahnya tersendiri. kadang aku itu organizer yang baik, tapi sering juga tidak. suka mendadak, telat-telat, dan the last minute person. aku sudah mendaftar untuk hari defense tanggal 10 mei 2012. dengan mempertimbangkan semua acara dan kemungkinannya. ketika tanggal 27 april sampai 3 mei aku akan keliling california, sacramento, berkeley, dan san fransisko, aku pastikan master's paper sudah selesai. jadi tiket pun aku booking sedemikian tanggalnya. tapi, ternyata melesat. master's paperku belum selesai, sementara untuk mengubah tiket, aku harus bayar $400 ke university of california travel agent, yang semula adalah gratis karena dibayari sama mereka. mau tidak mau, aku harus menjalani rencana semula.

alhasil, sambil jalan, sambil juga menyelesaikan pekerjaan. aku kembali menjadi the last minute person. sampai mendapat email dari adviser, kalau tidak segera dikirim master's papernya, berarti defensenya musti diundur. revisi paper pertama aku selesaikan di berkeley dan langsung aku submit. sementara revisian paper kedua, aku baru bisa selesaikan di honolulu, dan aku submit empat hari sebelum defense hehe. alhamdulillah, para komite defenseku adalah para malaikat yang baik hati, dan defenseku berjalan sesuai rencana, sehari sebelum wisuda, 12 Mei 2012.

selesai defense, rasanya rontok semua kolesterol hehe. ibarat asma, aku bisa bernapas legha. plong sekali. terima kasih, alhamdulillah sudah sampai pada tahapan ini ...

6 comments:

nchiehanie said...

Selamaaat..!!
Ikutaan seneng..
Yah tujuan terakhir pas kulian memang wisuda, ploong, bangga, terharuu..

*ikutan norak juga nih*

Lidya Fitrian said...

selamatya akhirnya diwisuda, baju wisudanya warna warni gitu ya atasnya keren

entik said...

hua..hua... peluk buat jeng isma.
Selamat ya.. setelah perjuangan berat akhirnya bisa pake baju wisuda dan diwisuda bener ;)

tinggal nunggu kepulangan ke indo kan? bisa kumpul lagi sama keluarga;)

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Alhamdulillah.....
Selamat ya, Mbak. ikut senang rasanya. Semoga ilmunya bermanfaat....

Lala said...

Waaahhh wis jebrot udun e hehehe...

Selamat mbak yu, semoga ilmunya bermanfaat dan berbarokah, amin.

Iya kemarin pas di UCLA ketemu abahnya precils, ada fotonya tuch.

Eh kita nunggu novel terbarunya yang mencakup semua kisah Jeng Isma selama di Amerika.

ainuq said...

Mba Ismaaa....selamat yaaa...semoga ilmunya bermanfaat,amin^^

perjuangannya subhanalloh ya Mbaaa,aplg hrs ninggalin kelarga,alhamd skrg udah kelar...