04 February, 2010

5 comments 2/04/2010 03:20:00 PM

Shinfa dan Sekolah Baru

Posted by isma - Filed under

Kayaknya sudah hampir satu abad nih tidak bercerita tentang Shinfa Labieq-ku hehe. Tanggal 24 Januari 2010 kemarin dia genap berusia 5 tahun. Sudah punya adik satu, dan resmi sekolah di TK Salsabila Alif Tumut Moyudan Sleman Yogyakarta. Makin pinter dan cantik (ehem).


Ngomon-ngomong soal sekolah, pertama, Shinfa sekolah si kelompok bermain Salam. Tapi, sejak ada perubahan jadwal hari Sabtu ke hari Jumat, Shinfa berhenti karena aku nggak bisa nganterin. Secara Jumat kan aku harus nguli. Setelah itu, Shinfa lebih sering bermain-main di PAUD, di kampungku, tiap hari Sabtu. Tapi, di PAUD pun kemudian berhenti sejak kehamilanku. Aku jadi malas dan nggak kuat duduk lama-lama. Bosen dan pegel.

Praktis sejak Mei 2009 Shinfa tidak sekolah. Bermain di rumah saja dan mengaji iqra’ tiap sore di pondok pesantren dekat rumah. Kadang aku tawarin untuk sekolah, dia bilang mau sekolah tapi ditungguin sama ibu. Jelas tidak bisa. Sampai mendekati hari perkiraan lahir, aku pikir Shinfa harus sekolah supaya ketika aku cuti, dia tetap bisa mandiri dan tidak merasa aku duakan juga dengan sang adik karena dia sudah disibukkan dengan aktivitas sekolah. Cuma masalahnya, Shinfa belum mau sekolah tanpa ditungguin.

Sampai kemudian, keluarga Mbak Anik, mbaknya ayah, resmi menetap di rumah. Mereka pindahan dari Riau. Ada Nabil (1th), si bungsu, yang mau dititipin di TPA Ananda dari pagi sampai siang karena ditinggal kerja bapak ibunya. Mungkin karena di rumah semakin sepi tidak ada teman dan melihat Nabil yang kecil aja lebih berani, akhirnya Shinfa mengiyakan ketika aku tawari sekolah tanpa ditungguin.

Hari pertama aku cuti adalah hari pertama Shinfa sekolah. Diantar ayah dan ibunya. Dia langsung bilang, “Udah, ibu pulang saja.” Shinfa juga sudah langsung mau ikut bermain dalam kelompok ketika kelas dimulai. Benar-benar perubahan 180 derajat dari Shinfa yang sebelumnya, takut dan tidak mau jauh-jauh dari ibunya.

Sekarang sudah berjalan dua bulan. Shinfa ikut sibuk ketika di pagi hari seisi rumah pada siap-siap ke tempat aktivitas masing-masing. Bangun tidur langsung mengikuti paket makan dan mandi. Pakai seragam dan diantar Mbak Uwik ke sekolah. Semula dijemput antar sama Bunda Peny, gurunya. Tapi, akhir-akhir ini untuk pulangnya jadi kesiangan, jam 2, karena harus menunggu Bunda Peny ikut evaluasi guru. Lalu, aku ngobrol-ngobrol sama ibunya Inaz, temen sekolah Shinfa, bagaimana kalau kami bekerja sama untuk antar jemput. Hasilnya adalah, untuk berangkat, Shinfa dan Inaz diantar Mbak Uwik, untuk pulang dijemput sama ibunya Inaz.

Di sekolah Shinfa tergolong cepat untuk belajar. Ini laporan dari Bunda Umu ketika pembagian raport Desember lalu. Dia nggak kalah sama teman-temannya yang sudah lebih dulu masuk, di awal tahun ajaran. Seperti pembiasaan belajar membaca. Dia bisa membaca sampai pada bunyi vokal ganda ai, yang kadang susah untuk dibaca. Cuma, pada jam siang, Shinfa sering ketiduran. Terlihat mudah capek. Mungkin karena kalau malam tidurnya terlalu larut dan harus bangun pagi-pagi. Belum lagi kalau siang maunya maiiiin aja sama Tami dan Nabil. Di sekolah ngantuk, tapi giliran sampai di rumah diajak tidur siang dia tidak mau.

Tiap abis maghrib selain ngaji Iqra’ Shinfa juga belajar, meski kadang masih semau dia. Ya namanya juga anak-anak. Momen paling akrab untuk keluargaku ya habis maghrib. Biasanya aku, ayah, Shinfa dan Atha akan ngumpul di kamar. Ayah ngajakin Shinfa menghafal surat lalu belajar membaca. Aku mendengarkan sambil meninabobokan Atha. Hmmm... nyaman banget. Hmmm, jadi kangen, jadi pengen pulaaaang...

5 comments:

astien said...

met ulang tahun ya shinfa...moga panjang umur, makin pinter, n jadi anak sholehah kebanggaan orang tua..*maap telat banget ya*

moga betah ya di sekolah barunya....

bundanya i-an said...

shinfa... met ulang tahun yah..... makin sholeh... dan pintar....

entik said...

jempol deh buat shinfa yang dah mau sekolah sendiri..

aku sekarang juga lagi mikir-mikir mau nyekolahin ikhsan..,tapi kira2 ikhsan mau ga ya??

mama arya said...

Shinfa met ultah ke-5 ya ndhuk semoga makin pinter, sehat sll, jd anak sholehah amien.

mamanayla said...

Selamat Ultah Shinfa....
Maaf telat...
semoga pjg umur,pintar dan solehah...Amin....