15 April, 2009

5 comments 4/15/2009 12:10:00 PM

Tentang Ngaji dan Shalat Shinfa

Posted by isma - Filed under


"Ibu, Dik Abik sudah jilid 2," seru Shinfa usai ngaji sama Teti.
"Oh ya, coba mana Jilidnya, ngaji sini sama Ibu," jawabku.
Dengan wajah sengak, Shinfa berujar, "Gah...," alias wegah, nggak mau. Hehe. Shinfa... Shinfa. Tambah asyik aja deh dirimu.

Ngaji buat Shinfa bukan keharusan, sama juga dengan shalat. Dia sudah punya sikap untuk menolak. Contohnya, biarpun dia mau pakai baju muslim dan berangkat ke pondok untuk ngaji, kalau lagi nggak mood ya dengan enteng dia akan bilang ke Bu Khotmah atau Bu Zizah, "Dik Abik ngantuk," atau, "Dik Abik capek." Atau, dia akan main keluyuran di luar ruangan. Dan sampai rumah, Tami akan laporan, "Tadi Dik Abik nggak mau ngaji."

Waktu shalat, biasanya maghrib, adaaa aja alasannya. Pernah dia bilang, "Dik Abik lagi M," hehehe. Atau biarpun dia sudah wudhu dan sudah pakai rukuh, dia cuma mubeng-mubeng, atau duduk-duduk saja meskipun ikut gabung di ruang shalat. Hanya mendengar suara keras Ato memimpin jama'ah.

Ya, itulah Shinfa. Dan, aku memang tak pernah memaksanya untuk ngaji atau shalat karena dia memang masih anak-anak. Kecuali Uti dan buliknya hehe, yang sering kali meden-medeni dengan neraka atau setan lampor. Huwik, medeni ah!

Tapi, biarpun begitu diam-diam dia sudah Jilid 2 dan hafalan surat-surat pendeknya sudah sampai al-Maun. Aku dan ayah sering banget dibuat tertawa gemes, kalau dengar dia ngapalin atau melafalkan huruf hijaiyah yang berharokat. Dia sudah niteni dan hafal. Seneng dan bersyukur ahamdulillah.

5 comments:

Nia said...

subhanallah, shinfa pinter deh...
oiya utk template Nia ngambil dr sini:
http://www.giselejaquenod.com.ar/blog/blogger-templates/

bundanya i-an said...

wah shinfa pinter... kalo i-an suka susyah diajarin iqro.. he he dia masih suka njlimet sama alpabet...
shinfa.. nanti ajarin i-an yah he he he

entik said...

ah, shinfa memang pinter dah iqro jilid 2. Ikhsan sekarang lagi seneng banget liat adzan di tipi. kalo ndengerin ibuna ndarus qur'an pasti langsung ngacir ambil iqro dan bilang,"aku aji,' (maksudnya aku ngaji hihi)

mama valisha said...

udah lama gak mampir eh sekarang Shinfa dah gede ya... pinter lagi...
belajar bareng valisha yok

Wulan said...

Shinfaa .. Tos dulu ... klo emang lagi M ya gak bisa ya Shin yaaa hehehehehe lucu bangett baca tulisannya Mba Isma . Shinfa oke banget neh cari alasannya :D Mwahhh Mba ..ntar ga kerasa Shinfa M beneran tuh .. hihihihi