21 May, 2008

10 comments 5/21/2008 07:31:00 AM

Teman di PAUD dan di SALAM

Posted by isma - Filed under
Soal pertemanan ini, pada pertemuan PAUD 3 minggu yang lalu, aku kasihan banget melihat Shinfa nggak dikolom *nggak diajak main* sama Naja, Fahma, dan Urel. Padahal, hanya dengan mereka Shinfa biasa main. “Besok takbeliin gambar ya, Naja. Abik nggak usah,” kata Fahma ke Naja. Atau pas berdiri berkeliling bikin lingkaran, “Aku mau sama Naja kok,” tolak Urel waktu Shinfa mau pegang tangannya. Untung Shinfa anak baik. Dia cuma memelas, lalu berjalan nelongso ke arahku. Kasihaaan banget.

Aku sih memandang biasa kejadian kayak gitu. Namanya anak-anak. Cuma pas Pakde denger ceritaku, dia langsung nggak terima, “Wis. Ra usah melu PAUD.” Hihi segitunya. Soalnya beberapa hari kemudian, Urel main juga ke rumah. Pinjam sepeda stobelinya Shinfa, muter-muter. Waktu itu, Teti sempat bilang, “Mbak Urel kemarin kok nggak mau gandengan sama Dik Abik di PAUD kenapa?” Urel nggak jawab, cuma cengar-cengir. Lalu, mulai deh Urel diceramahin sama Teti kalau ia nggak baik milih-milih teman seperti itu. Dan bagaimana dengan Shinfa melihat Urel diceramahanin gitu? “Mbak Ulel nggak nakal kok ya,” ia ternyata membela Urel. Hehe.

Lain di PAUD lain lagi di SALAM. Setelah beberapa Sabtu absen sekolah karena ibunya nggak bisa nganterin, kemarin Shinfa kembali bisa bermain-main bareng Shane dan Dida di SALAM. Sabtu kemarin adalah Sabtu kedua Shinfa mau main sama Shane dan Dida. Ini perkembangan positif yang bikin aku seneng banget. Meskipun perlu pengondisian pada menit-menit pertama, yang berarti Shinfa masih ngelendot ke aku, pada menit berikutnya dia mau berpindah tempat atau berjalan keliling kelas bareng Shane dan Dida.

“Temanku mana, Ma?” tanya Shane ke mamanya
tiap kali ia kehilangan jejak Shinfa.
“Itu Shinfa,” kata Mamanya.
“Temenku gini,” ia menunjukkan dua jarinya.
Berarti dia mencari teman satunya.
“Itu Dida,” Mamanya ganti menunjuk ke arah Dida.
Hehe. Lucu ya. Shane itu anaknya pemberani dan nggak mau ngalah. “Jadi kalo sama Shinfa dan Dida yang pendiam, dia cocok,” jelas Mamanya. “Shinfa itu ngemong ya anaknya. Kemarin Shane rebutan mainan sama Shinta, trus Shinfa bilang, ke sana aja yuk Shane,” tambah Mama Shane. Mendengar anakku dipuji, aku jadi tersipu dong hehe.

Sabtu kemarin Shinfa dan teman-temannya panen kedelai di kebun. Seru banget tuh. Ramai-ramai mencabut tanaman kedelai yang sudah menguning, dipetiki satu per satu, lalu direbus untuk dimakan bareng pas snack time. Menemani kolak biji salak yang disiapkan sama Shinfa buat teman-teman. Ini salah satu alasan kenapa aku suka mengajak Shinfa ke SALAM. Selain temannya baik-baik, setiap hari selalu ada yang baru, dan didekatkan dengan lingkungan dan lokalitas.

10 comments:

Mama Shasa Shahira said...

Namanya anak2.. tingkahnya suka aneh2 yaa.. tapi banyak lucu nya lho.. bikin gemes dan bikin kita semangat.. buat hiburan kita.. hehehe..

widie said...

Kadang kita juga ikutan sedih kl ada anak2 yg ngga suka sm anak kita, padaal itu hal yg biasa jaa kaann wajar gt lho mknya kadang ada sekolah yg ortunya ga boleh ikut campur biar sianak bs normal belajar dan bermain sendiri apa ada nya.

Shinfa ngga papa kl ngga ditemenin kan masih banyak temen yg lain, malah bs kenalan sm temen baru lg kaan..semngat ya shin....jgnsedih ya abik kan baik pasti banyak ygmau temenan sm abik iya kan buuu...

Ryuta Ando said...

Shinfa gag ditemenin ya? Sini main sama kakanda Ryu aja (wakakak)..

Gpp itulah manusia, dari kecil udah ada yang baik dan jahat..tinggal kitanya aja yang memilah milih mana temen yang oke buat kita mana yang bukan.

Yang baik kita rengkuh yang jahat kita abaikan saja..oke Shinfa!

Nasywa said...

Shinfa pinter ya.., bisa nengahin segala.
Ya sih, kadang kita jadi gimanaaa gitu klo anak kita ngga ditemenin. Tapi yaah, namanya juga anak-anak ya...
Main ama Nasywa deh, pasti akur..hehehe...

Tety Kurniati said...

Duuuh aku salut sama shinfa niy, walopun masih kecil tapi hatinya itu loh....baik bgt, suka mengalah, anak manis...pinter... & shalehah ya..., dikau bangga dong Is sama shinfa

BuNd4 N4jW4 said...

Yah begitu lah anak-anak...Shinfa pasti bnyk temennya, abis shinfa baik sih dan pengertian...yg gak mau temenan nanti balik ko. Shinfa main aja ama najwa :)

mama arya said...

Genduk satu ini memang baik banget saat ketemu arya aja juga gt adem banget pdhl arya mau mukul2 yak tapi emang dasarnya shinfa baik dan sabar jadilah pertemanan dg arya walaupun sesaat , next kita bisa jumpa lg ya shin...

Bunda & Aulia said...

Emang gitu ya anak-anak, mungkin bagian dari perkembangan kepribadiannya :D.
Tapi, salut deh ama shinfa.. udah bisa mengendalikan sikap n emosinya..
Sapa dulu dooong! ;)

Shinfa temanan ama dd aulia aja yaah.. :D

Fanya Ardianto said...

owalah... udah digituin temen tapi masih mau mbelani, Shinfa emang baik deh. Tante Fa jd harus belajar banyak nih sama Shinfa *tersipu2 sendiri*

evan said...

shinfa kamu baik banged, malah belain temennya. tante hrs blajar dr shifa nih