17 March, 2008

11 comments 3/17/2008 07:45:00 AM

Teman Main Shinfa

Posted by isma - Filed under
Weekend kemarin aku menangkap satu perkembangan positif dari Shinfa. Waktu mengikuti PAUD, ia sudah mau ikut bermain bareng teman-temannya. Main pasaran dan lilin kreasi, bikin kapal dan ikut berdiri pas senam. Kalau dihitung-hitung, kemarin adalah pertemuan keempat sejak PAUD diadakan rutin satu kali tiap minggunya.

"Ini tu temenku lho, Naja namanya..."

Sebelumnya Sabtu itu aku berpikir untuk mengajak Shinfa bermain di SALAM saja. Daripada di PAUD yang jadwalnya memang diajukan karena hari Minggu mau ada mantenan dan para ibu pada repot rewang. Tapi karena kesiangan, selesai beres-beres sudah jam 09.00, akhirnya aku merayu Shinfa untuk ikut PAUD aja.

Semula aku sudah was-was, paling-paling Shinfa bakalan badmood di PAUD nih karena jadwal ke SALAM-nya dibatalkan. Hihi, ternyata di luar dugaan. Shinfa sangat bersemangat dan dengan sukses bermain dan bersosialisasi dengan Inaz, Naja, juga para fasilitator PAUD. Shinfa yang biasanya manyun, ngelendot dan bersandar ke ibunya, hari itu bisa sibuk dengan teman-teman kecilnya, duduk melingkar belajar bikin kapal kertas dan berbagi permainan dengan mereka. Bener-bener surprise deh! Mama Inaz aja langsung berkomentar: ”Shinfa sudah mulai berani. Kemarin kan masih malu-malu...”

Baru kali ini nih,
Shinfa mau gabung bareng Mama Inaz
dan Mbah Zuhroh. Mereka fasilitator PAUD.

Dan kesempatan, mumpung mood berteman Shinfa lagi on, pulang PAUD aku menawarkan, ”Adik mau main ke tempat Mbak Naja nggak?”
”Iya. Aku ki mau main tempat Mbak Naja kok.”
Hehe, aku tersenyum. Jawabannya itu lho pakai kok segala.

Ternyata di depan rumah Naja sudah ada Urel, Naja, Fahma dan adiknya, Nia. Kalau keempat anak itu memang sudah biasa main bareng karena rumah mereka yang berdekatan. Berbeda dengan Shinfa yang rumahnya paling ndempis, di pojokan. Tetangga rumah Shinfa cuma dua rumah. Itu pun nggak ada anak balitanya. Jadi, dia tidak punya tetangga kecil yang bisa diajak main. Kalau mau nonggo ke rumah Urel atau Naja, masih terbilang jauh untuk anak seusia Shinfa. Karena harus melewati kebon alias tanah kosong. Naaah, kebayang kan ndesone rumah Shinfa hehe.

"Ini di depan lumah Mbak Naja.
Ada Mbak Ulel yg baju bilu,
Mbak Naja yg jentilan dua,
Mbak Fahma pake baju putih,
Nia nggak kelihatan hehe...
dan aku nunggu gililan manjat pohon."


Tapi, beberapa hari yang lalu pernah sih, Shinfa ngeloyor pergi membawa boneka beruangnya. ”Abik mau ke mana?” tanya Uti. ”Mau ke tempat Mbak Urel,” jawabnya sambil terus jalan. Rupanya dia tertarik ingin main karena pas melewati rumah Urel waktu motoran sama ayah, ia melihat Urel lagi di depan rumah. Kontan deh Uti heboh memanggil ayah, suruh nyusul. Aku juga ikut was-was tuh. Satu sisi ingin membiarkan Shinfa main, tapi sisi lain khawatir kalau kenapa-napa karena rumah kami yang memang paling jauh sendiri di pojokan. Jadi nggak ada pilihan selain ikut menemaninya bermain ke Urel atau Naja.

Mungkin karena jarangnya momen main bersama itu, Sabtu siang kemarin Shinfa seneng banget. Ia bisa lari2an bareng Urel, Naja, Fahma, dan Nia. Gantian naik pohon, pengalaman baru buat Shinfa. Soalnya biarpun di rumah dikelilingi pohon, kalo yang kecil gitu kan nggak ada. Biasanya Shinfa cuma naik kursi, jendela, atau gawangan buat jalan punya Uti, sekarang dia bisa manjat pohon. Hehe, senengnya. Biarpun waktu manjat masih dibantu sama Urel.

Sekali dah bisa manjat,
emoh turun deh rasanya hihi...

Cuma sepertinya rindu bermain dengan teman-teman tidak cukup bisa mendorong Shinfa untuk mau berbaur dengan teman-teman di SALAM. Mungkin karena belum klik kali ya. Jadi, sampai sekarang Shinfa masih belum mau berbagi dan bersosialisasi dengan teman kecilnya pada jam bermain di SALAM. Baru setelah teman-temannya pulang, Shinfa bakalan terbangun, online. Dijamin pada jam sepi itu dia bakalan klik bermain dengan teman yang tersisa. Kebetulan yang sering nelat pulang adalah Oka dan Icha. Biarpun dua anak ini lebih tua setahun, Shinfa nggak malu-malu atau takut. Bertiga malah seru main bongkar pasang balok bikin istana, terus asyik main telpon-telponan pakai kayu.

Yah, pelan-pelan aja deh Shin, membangun keberanian di lokal PAUD dan kelas kecil SALAM. Semoga lambat lain kamu bisa berani bermain dengan teman baru dan di kelas yang lebih besar. Amin. Terus belajar ya, Nak!

11 comments:

evan said...

shin hobinya manjet2 nih sekarang.. awas jatoh yak. Dek Abit Makin pinter aja deh dah gk malu manyun lagi

bundanya i-an said...

wah senengnya manjat-manjat he..he.. kalo manjat2 mah hobinya emaknya i-an he..he.. anaknya lon brani kali ya..

Neng Iien said...

deuhhh banyak banget temenya suasananya jg asri banget pantesan k'shinfa betah ya mpe brani manjat2 hehe disini Paud ma nya mesti ikut maen jg hiks brasa jd anak TK lagih hehe

Webcam said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Webcam, I hope you enjoy. The address is http://webcam-brasil.blogspot.com. A hug.

widie said...

Waahh...Shinfa udah jago manjat pohon ya dek..ati2 ntar jatuh jgn nangis yaa...

dapet belum buah mangganya..*mange pohon mangga..* hee..

asyikk temennya shinfa banyak yaa....

Ryuta Ando said...

Waduh kamu tomboi juga ya Shinfa..gpp aku juga dulu gitu suka naik pohon..he3.

Temennya Shinfa makin banyak aja nih...belajar di PAUD and Salam..

mama valisha said...

hebad deh shinfa dah berani.... Shinfa lagi seneng maen mba... biarin aja maen ke rumah temennya asal ditemenin

Ninie said...

Aih, nak wedok manjat2...yuk manjat abreng mas Arya ...

Isma, besuk kita bikin lomba manjat yuk..ya yuk..

Mamae Yusuf said...

mampir..welah si enduk maen panjat-panjatan.. ojo duwur-duwur nduk,ntar jatuh manisnya ilang loh shinfa

BuNd4 N4jW4 said...

Senengnya shinfa dah mau bersosialisasi ...asik yah dah punya banyak temen.

Enaknya yg bisa manjat.
Mba Paud (pendidikan anak usia dini yah?) menurut mba gimana bagus gak cr mrk mengajar untuk usia shinfa? Shinfa umur brp?:)

fa said...

waah udah bisa manjat! tapi... bisa turun juga kan Nak? :D