10 March, 2008

14 comments 3/10/2008 12:41:00 PM

Field Trip ke Museum Dirgantara

Posted by isma - Filed under
Sabtu, 8 Maret 2008 dalam rangka field trip materi alat transportasi, Shinfa ikut jalan-jalan ke Hanggar Sekolah Penerbang dan Museum Dirgantara Adi Sucipto dengan membayar iuran Rp.25.000. Bareng anak-anak Kelompok Bermain SALAM kelas A dan B yang berjumlah kurang lebih 50 anak, dan semua fasilitator tentunya.

Berangkat dari SALAM pakai bus besar AURI. Dengan tujuan pertama ke hanggar sekolah penerbang. Ini adalah tempat latihan para penerbang mengemudikan pesawat. Tempatnya luaaas banget, lengkap dengan garasi pesawatnya. Mungkin karena Sabtu bukan hari untuk latihan jadi kami dibolehkan main ke hanggar.


Sambil duduk lesehan, anak dan ibu-bapak mendengarkan penjelasan dari Kak Tunjung soal mekanik pesawat. Tapi, jangankan anak-anak, ibunya aja pada susah ngafalin beberapa istilah permekanikan pesawat hehe. Sampai tiba giliran tanya-jawab.
“Gimana pesawat kok bisa terbang?” tanya seorang bapak
“Pertama karena ada sayap dan daya dorong,” jawab Kak Tunjung. Lalu disebutin juga soal kemudi untuk guling-guling, untuk berbelok… namanya apa aja aku sudah lupa.
Lucunya ketika tiba-tiba ada yang bertanya,
“Kak Tunjung bisa nyanyi nggak?”
“Wah, Kak Tunjung nggak bisa,” jawabnya tersipu. Hehe. Ya maklum, Kak. Namanya juga anak-anak. Standarnya kan diajak main sama nyanyi-nyanyi.

Selesai anak-bapak-ibu bertanya, giliran Kak Tunjung yang kasih pertanyaan, dan siapa yang bisa jawab boleh naik pesawat tempur yang diparkir trus dipoto. Hihi. Aku sih sudah menjamin Shinfa nggak bakalan mau ikutan menjawab, dan alamat nggak bisa foto di atas pesawat deh. Tapi, ternyata anak-anak yang nggak menjawab pertanyaan Kak Tunjung tetap mendapat kesempatan untuk naik ke pesawat itu. Shinfa yang biasanya suka malu-malu, kemarin jadi berani. Dia mau dinaikin sama Pak Tentara, duduk di depan kemudi. Dweeh, senengnya!


Sayangnya, anak-anak nggak bisa lihat langsung gimana pesawat itu terbang dengan mata kepala langsung. Tapi, Kak Tunjung nggak kehabisan akal. Dia segera ke mobilnya, dan mengambil pesawat yang jauh lebih kecil dibanding pesawat yang lagi parkir itu. Oho, ternyata itu pesawat dengan remote control. Hehe. Tapi lumayan menarik dan memukau juga tuh. Palagi pas menukin, maliuk-liuk di angkasa, trus balik lagi ke landasan. Shinfa saja sampai berbinar-binar saking takjubnya.

Dari hanggar, rombongan menuju ke museum dirgantara. Sebelum masuk, bagi yang membawa kamera harus membayar kontribusi Rp.1000, selain membayar tiket masuk Rp.3000 (kalau nggak salah, soalnya dikoordinir sama SALAM). Di dalam museum ini terdapat banyak benda bersejarah yang berkaitan dengan kedirgantaraan. Ada juga dioarama, seragam dinas dari jaman dulu sampai sekarang, juga gudang persenjataan dan pesawat tempur yang pernah dipakai AURI.


Shinfa kelihatan menikmati banget. Dia mau aja tuh jalan kaki keliling museum. Nggak pakai acara gendong atau merengek karena ngantuk. Dia juga mau ikutan naik heli AURI, meskipun awalnya masih takut-takut. Beberapa kali melewati patung atau replica seorang tokoh, dia masih nggak mau mendekat karena takut. “Hi…medeni,” katanya. Dia juga mau minum susu UHT, prei susu formula pake dot. Jempol deh, Shin!

Pukul 12.00 saatnya rombongan beristirahat maksi, sebelum meninggalkan museum. Sambil maksi, anak-anak bisa melihat hilir mudik pesawat dalam jarak dekat karena lokasinya memang dekat dengan bandara. Lagi-lagi Shinfa kelihatan berbinar-binar. Hilang deh juteknya yang kemarin-kemarin. Hehe. Cuma pulangnya kita nggak ikut bus AURI lagi karena mau dijemput sama ayah. Sama seperti pas field trip ke peternakan beberapa bulan lalu. Oke deh. Sampai jumpa di field trip berikutnya...

14 comments:

widie said...

Ke Musium pesawat terbang ya...asyiiikk tuh...biar anak2 tau tentang pesawat ya...hepi banget tuh shinfa bs nerbangin pesawat yaa...ati-ati dek nyupirnya jangan meleng -meleng ya...

minta es krimnya doooonngggg....

Anonymous said...

aih..asik banget tuw jengk..jalan2 and nambah ilmu banget buat anak2..shinfa pinter yah mau naik heli AURI..hebat --mutia

mama valisha said...

seneng banget liat pesawat..... ikutan dwooong, valisha suka tuh liat pesawat,,, dadah2in pesawatnya, maklum blom pernah naek pesawat hehe

Susi-Nasywa-Syamil said...

Wah.. mau dong ikutan naik pesawat... sekarang dah jarang tuh jalan-jalan ke museum, liburan sambil cari ilmu tuh namanya...

Mama Ben said...

wih senengnya..punya kesempatan naik pesawat tempur,mau dongggggg...
shinfa lucky bener nak....
ntar gede jadi pilot yah?hehe

Bun`e said...

Bun`e juga mau tuh ketemu kak Tanjung hihi.. oopss gak kok wuk.

Senengnya bisa naik & lihat2 kokpit pesawat tempur... wah Shinfa juga pantes tuh jadi pilotnya..

Nunik said...

Wah asyiknya... apalagi kalo terbang benaran ya Shinfa... ;)

veraproject said...

Duh, seneng banget ya jalan-jalan liat pesawat terbang...nanti kalo udah gede jadi pilot perempuan keren tuh...hehehe...

.:diah:. said...

waahh asyik bangettt yaa Shinfa,, bisa belajar mengendarai pesawat tempur tuh ;)

Ryuta Ando said...

Asyik banget ya ke Shinfa ke museum pesawat terbang. Mana liat manuver pesawat secara langsung..keren..

Duh panas-panas liat es nya Shinfa jadi pengen nih..

bundanya i-an said...

wah... kalo i-an lihat gambar shinfa.. pasti deh minta naik pesawat juga....

neli said...

waaaaaaaaaa... shinfa udh bisa setir pesawat niyyyyy, tante bonceng dwooonkkk.. :D

evan said...

Duh senengnya Shinfa bisa ngrasain jd sopir psawat, farrel klo diajak kesitu pasti sueneng banged deh... mmmh kapan yaa?

Anisa said...

Shinfa, senengnya...Safa belum pernah kesitu nih...kapan ya kesana ?
thank ya mam buat info wisatanya...