12 November, 2007

17 comments 11/12/2007 01:54:00 PM

Kalo Shinfa Belajar Shalat

Posted by isma - Filed under




"Adik, ayo shalat disik."
Itu aba-aba yang wajib disuarakan setiap waktu maghrib tiba. Yang dimaksud dengan "adik" tentu saja Shinfa. Tapi, namanya cah cilik, pasti deh pakai acara mlayu-mlayu nggak mau. Meski ujung-ujungnya mau juga dia ikut ke tempat shalat. Kadang cuma ngeganggu, naik ke punggung ayah-ibunya, atau mbak sama buleknya. Tapi, sering juga dia mau pake mukena trus shalat, berdiri di belakang ato (mbah kakung).

Pas ada Tami, Ramadhan kemarin, Shinfa lumayan gampang diajak shalat. Soalnya kan ada temen kecil. Malah minta wudhu juga. Tapi, yang dibasuh cuma wajah dan tangan. Kalau Tami sudah bisa shalat dengan diam. Kalau Shinfa ya cengengesan gitu. Kalau ditanya, ya jawab. Kalau ada yang lucu ya ketawa.


Awalnya aku surprise banget pas Shinfa mau ikut shalat dengan serius. Tiga bulan sebelum Ramadhan gitu deh, aku agak lupa. Waktu itu shalat Maghrib. Baru kali itu aku tahu gimana Shinfa kalo ikut shalat jama'ah di rumah. Setelah siap berdiri, dengan lantang dia akan menirukan semua bacaan Ato. Dari Allahuakbar, al-Fatihah, sampai salam. Hihi. Aku mpe terharu. Mendengar dia mau niruin bacaan Ato. Ples pingin ketawa, soalnya suaranya balapan gitu sama suara Ato. Yang bisa dia tirukan, ya ditirukan. Yang enggak bisa ya cuma nggremeng nggak jelas gitu. Gemes deh!

Aku sempat kecolongan tuh, sejak kapan ya Shinfa belajar niruin gitu? Secara sebelumnya aku gak nyuruh2 Shinfa untuk niruin, dan gak pernah melihat dia ngelakuin itu. Ternyata, kata Teti, kalo siang Shinfa suka ikut shalat Ato sama Uti. Tapi kan, kalo siang suara Ato nggak dikeraskan. Cuma gerakan tok. Hm, jadi mikir-mikir. Kali aja, otodidak Shinfa kali ya, karena keseringan denger suara kenceng Ato tiap shalat Maghrib sama Isya. Baguuuus!


Yah, apa pun itu. Aku seneng banget, liat Shinfa terus bertumbuh-kembang. Palagi kalo dah pake mukena kecilnya, wajahnya jadi keliatan imut-imut hehe.

17 comments:

nila said...

Waduhhhhhhhhh...pinter banget siiyyy Shinfa...Hahaha..kebayang deh Shinfa ngegeremeng ngikutin suara Ato.

widie said...

Hahaha..Shinfa lucu banget yaa..yah begitu itu anak-anak, sholat ya ikut sedakep, rukhu`tapi tetep aja pake lari-lari dan ngakak-ngakak itu mah wajar anak-anak kan...Alhamdulillah Shinfa udah rajin sholatnya yaa....

Iya mba, aku ngajarin akbar bacaan surat-surat pendek ya dari seringnya liat kita sholat jd dia hapal sendiri, cuma lucunya Akbar tuh hapal surat pendek pasti belakangnya langsung nyambung AllahuAkbar.....hehehe...

Nia said...

Anak2 klo diajak berjamaah emang ada aja tingkahnya. Idem ama Rayna yg msh suka ketawa2 plus lirik2 kalo sholat berjamaah.

salma said...

Wah ayune podo ya..., kek kk adek :)

Ryu`s Mom said...

Pinternya anak ibu udah bisa sholat, lingkungan mempengaruhi banget ya memang. Gimana keluarga gimana anaknya kelak.

Imutnya yg pake jilbab...

Ninie said...

Yuhu..Shinfa kamu bagai pinang dibelah dua...mana emaknya mana anaknya...

btw itu kok mata sebelah kanan ngialng sih hehehe di donorkan ya *kabuuurr*

~ c3mplo3ck ~ said...

wah Shinfa pinter banget...besok jamaah sama dek Arya ya nduk...adekmu diajari sholat ya nanti...wah podo ayune mba isma karo shinfa...besok jadi modelnya mba Fa aja tuch pan cameranya baru hihihihihihihi

Wati said...

hebad..shinfa pinter banget..!! Shinfa pake mukena jadi makin cantik ;)

Bunda Aulia said...

Shinfa makin pinter ajah nih... Ntar ajarin aulia sholat ya dik.. :D
Hihihihi.. lucuh.. ngbayangin shinfa niruin bacaan sholat :))

mama valisha said...

iyak.... shinfa imut banget pake mukenanya... lucu
ayok sholat bareng valisha

Dhona said...

Shinfa pintarnya. Sholat bareng Fia yuk biar Fia juga serius sholatnya. Sekarang tuh Fia serius sholat cuma dibagian takbir aja trus ama sujud. Selebihnya nggak konsen.

Mutia&Rayga said...

wah shinfa hebat dah belajar sholat serius,klo rayga sih masih plus plus..plus lari2 dan kabur pas belum salam

bundazka said...

alhamdulillah, shinfa dah bs sholat serius...azka jg alhamdulillah dah suka ngikutin gerakan sholat terutama Allahuakbar n gerakan rukuk...ampe nungging bgt:)

hmm, ibu smpt kecolongan yaaaaa?utg kcolongan yg bagus yaa bu

Vie said...

Anak kecil nyerap apa aja yg dilakonin orang dewasa. Syukur yang diserapnya yang bagus pula itu.

Itu kamu ya Is ama Shinfa, duuuh... kok kayak pinang dibelah kapak eh... dua ya. Mirip banget kalo dua-duanya pake mukena.Iya tuh kayak difoto bertiga yg diatas itu.

neli said...

kalo sholatnya masih belajar boleh senyum kok Dik.. hihi..

Bunda Najwa said...

Shinfa pinter dah sholat dgn tertib...yok sholat brg bunda'n'najwa :)

Ani said...

Pinternya si Shinfa ya. Bagus dong kalau dia udah mau ikutan sholat begitu atas kemauannya. Tinggal Isma tugasnya "memupuk"nya.