21 November, 2007

10 comments 11/21/2007 02:52:00 PM

Bayi Tuek ala Shinfa

Posted by isma - Filed under


Berapakah umur Shinfa sekarang? Yup, hampir tiga tahun. Dah besar dong. Sudah mau kepala tiga hahaha. Tapi, kok masih ngedot? Masih mimik pake botol? Wah, kalo ini sih namanya… “Bayi tuek,” celetuk Shinfa geli.

Hihi. Lucu juga sih ndenger istilah bayi tuek. Kalau aku menjelaskan bagaimana itu bayi tuek, Shinfa kadang sok mendengarkan, kadang malah kegelian mendengar istilah bayi tuek. “Bayi tuek ya, Bu.”
“Ya Dik Abik kuwi bayi tuek. Dah gede tapi masih kayak bayi.”
“Enggaaaak!”
“Iya. Dik Abit kan masih ngedot. Itu kan kayak adik bayi to?”
Trus, Shinfa tersenyum geli.

Bayi tuek ini memang jurus ampuh, salah satunya ya untuk urusan sapih botol. Nah, soal yang satu ini perlu perjuangan tersendiri lho. Membawa perubahan dan pencerahan buat Shinfa. Alah! Dari botol dengan tutup / ujung seperti put*ing diganti dengan tutup botol yang cucukan. Secara kalo langsung ke gelas, masih susaaah kali.

Kalau minum air putih atau teh, Shinfa sih mau pakai gelas. Tapi, kalau susu, harus pakai botol. Mungkin karena belum aku biasakan aja kali ya. Pernah sih aku coba minum susu pakai gelas. Tapi, cuma berlaku dua hari. Itu pun suka nggak habis. Atau malah dibuat mainan dan basah-basahan. Weleh, kesenengen dia! Juga, kalau malam, di tengah2 terjaga dari tidur. Maunya ya minum susu pakai botol.


Ini botol susu baru punya Shinfa, tepatnya sejak usai arisan Mbok Darmi bulan lalu. Memang sih masih tetep berbentuk botol, cuma kalau dulu tutupnya itu pakai karet yang berbentuk mirip put**g. Nah, sekarang dia sudah mau diganti pake cucukan kayak gitu.

Awalnya Shinfa nangis-nangis nggak mau pakai tutup botol yang baru. Tapi, karena tutup botol karetnya sudah dedel duwel digigitin, dan aku sengaja nggak beli yang baru, mau nggak mau dia pun menerima tutup botol yang cucukan itu. Dengan tutup botol cucukan, dijamin bakal awet dan aman dari gigitan. Nggak seperti tutup botol sebelumnya, nggak ada satu bulan pasti sudah bolong dan nggak karuan bentuknya.

Sebenarnya sudah telat sih usia hampir 3 tahun minum susu masih pakai botol. Seperti yang pernah aku baca dalam sebuah artikel. Batas akhir nyapih botol adalah usia 2 tahun. Karena hal ini bisa mengganggu selera makan dan mengganggu konsumsi anak pada makanan padat. Meskipun ada juga yang tidak bermasalah dalam hal ini, seperti sepupu Shinfa. Dia selain minum susunya banter, pakai botol, makannya juga jalan terus. Pantesan kalau BBnya sudah hampir 28kg, di usia 3 tahun 2 bulan.

Tapi, biar telat yang penting ada usaha. Tul nggak?. Hehe. Makanya Shin, ayo berusaha. Biar nggak jadi bayi tuek lagi…Oke!

10 comments:

Bunda Najwa said...

Pelan-pelan bun, lama-lama shinfa pasti bisa minum susu pake gelas yah sayang :) Ayok shinfa 'n' bunda semangat :)

Ryu`s Mom said...

Ihh Shinfa masih ngedot aja deh, malu ah..btw gpp deh masih mendingan pake botol dari pada nenen pake "dot" ibu.

Ayo dukung Shinfa supaya melepaskan dotnya *hahaha kaya kampanye pemilu aja*

mama valisha said...

sama dong kayak valisha.... bayi tuek juga hihihi
lagi program ngelepas dot juga tapi susah yak

farrel's mom said...

wah brati farrel jg dah saatnya mimik pake gelas donk, tp farrel siy minum susu jarang, sehari maksimal 4x120 *normal gk siy?*. Tp teuteup ya dah saatnya ganti gelas, yg lebih parah ada sepupunya yg dah kelas 3 SD, masi pake botol aja =D emaknya males ngajarin tuh! loh koq jd curhat yak? hehe sori ya Is... muach buat bayi tuek

~ c3mplo3ck ~ said...

hihihi jadi inget pas arisan Mbok Dharmi bulan lalu liat empong dotnya Abik dah bolong digigitin :D ayoo semangat buuk lama2 pasti Shinfa bisa mimik pake gelas walau mimik cucu juga :D...*Arya besok kek Shinfa ga ya?? wah dari sekarang usti pelan2 dibiasakan mimik pake gelas nich :D*

Aulia said...

Berarti nanti aulia mesti dibiasakan dari skarang yang mimik susu di gelas, biar ntar gak susah nyapihnya.
Tapi shinfa kalo dah gede nanti, kalo liat semua temannya gak ada yang mimik susu dibotol lagi, pasti juga mau minum digelas.. :)
Hayooo shinfa... kamu pasti bisa! :P

Anonymous said...

toss deh ama rayga:)-Mutia

astien said...

bayi tuek...hehe istilahnya itu lho..
kata orang memang lebih susah nyapih dot daripada nenen bundanya..ternyata bener juga yak
harus mulai nglatih ki' ni biar ntar gampang disapihnya...

ninda said...

Ben ya Shin bayi tuek... ada temennya kok mb Salma gerang daplok hihihi
Mb Salma juga baru lepas dot di klas 1 SD kok.

Yuk coba minum susu digelas pake sedotan.

semuasayanganna said...

aku aja baru lepas dot kelas 1SD.. aku absen algi arisannya:( duty call... padahal pengen bangettt!