06 February, 2007

5 comments 2/06/2007 04:53:00 PM

Shinfa yang Ceriwis

Posted by isma - Filed under


Ati-ati ngomong rahasia deket Shinfa. Pasti deh bakal ditiruin. Meskipun nggak sama persis. Alias makharijul hurufnya belum seratus persen fasih. Hehe. Yang jelas kentara itu, perubahan konsonan S jadi C, K jadi T, R jadi L, G jadi D, NG jadi N.

Kalau kemarin-kemarin Shinfa baru bisa ngucapin dua kata sekaligus. Sekarang dia sudah pinter ngomong lebih dari dua kata, meskipun agak terbata. Malah, pakai nada spesial pas ngucapinnya. Kalau Mama Watik bilang: nggalur alias meliuk-liuk. Apalagi kalau sudah ada maunya. Nggalurnya jadi apik banget.

Pernah waktu itu aku lagi ngiris wortel buat sup. Shinfa makbedunduk, duduk di sebelahku sambil nyapa, “Ilis apa, Buuuuuu?”

*klontang* Nggak salah denger nih? Aduh, manis banget…

Semalam ayah juga cerita kalo siang kemarin, Shinfa jalan-jalan mpe halaman rumah Mbah Mo. Tiba-tiba dia teriak, “Ayah, ndene to…” (Hihihi. Jogja banget ya. Ndene itu artinya sini). Pas si ayah mendekat, Shinfa nunjuk ke kursi bambu di emperan rumah Mbah Mo sambil tersenyum. “Mbak Mo, antuk,” katanya. Hehehe. Pas si ayah negok, ternyata Mbak Mo puteri lagi dengat-dengut ngantuk.

Tambah ceriwisnya Shinfa ini juga diceritain sama Mama Watik. Beberapa hari kemarin kan Shinfa ikut main di rumahnya. Pas Shinfa sudah bete gara-gara ngantuk, dia bilang, “Mama, mimik dot dulu…” Atau, pas rame-rame panen rambutan, kalo yang dikunyah di mulutnya sudah abis, Shinfa bakal merajuk, “Upasin adi, Mamaaaaa.”

Shinfa juga udah bisa ngucapin salam. Biasanya tiap pamitan, sambil salaman, dia bilang, “Alam aitum…” Atau kalau dipamiti dan diucapin salam, dia jawab, “Alaitum alam…”



Lucu lagi kalo main telpon-telponan. Beonya kelihatan. Pertama dia bakal mencet-mencet keypad, sok nyari nomor yang mau ditelpon. Abis itu, mulai deh ditempelin ke telinganya, trus ngomong sendirian gitu, sok ngobrol sama suara di seberang.

“Halo…piye…” (Ini niruin ayah, yang sukanya bilang piye setelah halo…hihihi)

“Ya… ya…”

“Uti atid…”

“Ya, atuh…”

“Plecet…”

“Ya…alam itum.”

“Oh…alaitum calam.”

Abis itu, telponnya ditempelin ke telinga utinya. “Uti, telpon.”


Itu kalao posisi duduk. Kalo sambil berdiri, dia kadang jalan-jalan gitu. Mondar-mandir nggak jelas. Seisi rumah sih cuma ngelihatin aja, sambil ngakak. Nah, pas tahu kalau tingkahnya nggemesin n bikin ketawa, dia pasti pasang aksi, senyum malu-malu terus ikut ketawa.

Duuuh, Shinfa. Terus belajar ya, biar tambah pinter…

5 comments:

Nasywa said...

Aduh...Shinfa kok udah pinter ngomong bahasa Jawa ya.. padahal tante aja ngga bisa.. hehe..

Nia said...

Shinfa pinter ya bahasa Jawa. Rayna malah sekarang demen nyanyi lagu gong xi gong xi ni...

Wong Jowo malah nyanyi Mandarin :D

RidwanFamily said...

yok shinfa telpon2an sama ameera ya... :)

Mama Firza said...

halo.. alam itum...
ada shinfa gag yach... ???
piye ??
oh.. alaitum calam..
*jadi pengen denger suaranya shinfa niy*

.:diah:. said...

duuhh, yg asyik nelpon.. srius bangett.. tlp kk diah jg yaa.. ^____^
btw, ajarin kk diah bahasa Jawa dunkz... pengen tau nih..hehehhh