03 January, 2007

0 comments 1/03/2007 11:27:00 AM

Dari Nyate Sampe ke Bonbin

Posted by isma - Filed under ,


Idul Adha taon ini kita rayakan di jogja, ndak mudik ke Pekalongan. Ini idul adha kedua buat Shinfa. Cuma kalo biasanya kita shalat di lapangan, kali ini shalatnya di masjid. Takut suka keujanan mendadak. Tapi, ternyata Shinfa malah bener-bener ndak bisa disambi. Maunya dipangku terus. Pakai acara nangis lagi. Yah, si ibu shalatnya mbil duduk deh.

Abis shalat ied, si ayah ikut sembelihan qurban. Idul Adha emang ndak lengkap tanpa qurban dan tanpa berbagi kebahagiaan dengan daging qurban. Dan, daging qurban akan terasa lengkap berkahnya kalau dinikmati bersama. Nah, seperti biasanya kita rame-rame nyate. Aku kebagian ngracik bumbu. Si ayah bagian bakar2. Kalo Shinfa, bisa dipastikan bagian diusir-usir, hehehe...waduuuh kasian deh!
Tapi, dia dapet sate spesial, ati empuk. Soalnya selain ati, paling cuma dikunyah-kunyah terus dilepeh.



Sore harinya, Bulik Firoh sama Om Isom datang dari Pekalongan. Ceritanya menikmati liburan taon baru berduaan. Kebetulan, bisa nemeni Shinfa jalan-jalan ke Bonbin. Daripada cuma sama ayah ibunya, kan nggak rame.

Sebenarnya sudah dari sebelum Jogja kena gempa, kita pingin banget jalan-jalan ke bonbin ngajak Shinfa, bareng mbak-mbaknya juga buliknya. Tapi maklumlah, menyesuaikan jadwal banyak orang memang susah. Biarpun minggu, selalu aja ada rapat atau apalah, sampai ndak ada juga kata sepakat, iya kita berangkat. Sampai tahun baru kemarin juga tetep pada punya acara sendiri-sendiri. Ada yang ikut lomba reli sepeda, ada juga yang sibuk bagi rapor sama kurbanan. Ya udah, kita tinggalin aja. Berlima bareng Om dan Bulik, kita berangkat ke Gembiraloka.

Yah, namanya juga liburan, bonbin ramai pol. Parkiran aja mpe nggak muat, melebar ke seberang jalan. Aku sampai kepikiran buat balik ajah. Takut kek tragedi Ungu yang saking berjubelannya mpe njatuhin korban. Hehe. Tapi, jadinya ya masuk. Soalnya si ayah sudah bergerak ngantri di loket pembelian karcis.



Sama kek yang dulu-dulu, di depan pintu masuk sudah menghadang para badut lucu. Sayangnya, Shinfa malah nangis ketakutan. Ndak mau diajak salaman, apalagi foto bareng. Seterusnya dia juga ndak mau jalan ndiri, gendongaaan terus. Sepanjang kandang dia melongo. Heran kali ngeliat bentuk hidup dari binatang-binatang yang biasanya cuma dalam gambar. Besar-besar lagi. “Hi, medeni,” celetuknya pas ngeliat ular segede pohon meringkuk di kandang.



Wah, memang kurang seru sih, kalo Shinfa masih takut-takut gitu. Tapi, gak papa ding. Besok kalo ke bonbin lagi, pasti Shinfa jadi lebih berani. ;)

0 comments: