21 December, 2006

0 comments 12/21/2006 09:39:00 AM

Menjelang Hari Ibu

Posted by isma - Filed under
Jumat besok adalah tanggal 22 Desember, atau biasa dikenal dengan Mother’s Day-nya versi Indonesia. BW, aku jadi ingat, duluuu, pas belum jadi ibu, kadang ada pikiran ‘romantis’ ingin ngasih sesuatu ke simakku alias mbahnya Shinfa yang di Pekalongan sana. Cuma sayangnya bagi para perempuan desa seperti simakku, keknya nggak ada deh ‘sense of belonging’ sama yang namanya hari ibu. Bagi beliau, semua hari sama saja. Kecuali hari raya ketika semua anak-anaknya yang di perantauan pada ngumpul. Jadi, terus terang aja nggak ada itu yang namanya acara ‘spesial’ buat simakku pas hari ibu.






Hingga tanpa terasa (eh kerasa ding…), aku sendiri udah jadi ibu. Ibu kecil dari bocah mungil yang kami beri nama Shinfa Labieq. Trus, tiba-tiba terbetik keinginan untuk coba menghadirkan ‘hari ibu’ itu dalam alam perasaan dan pikiranku. Alah!






  • Mmm, apa sih makna hari Ibu buat kamu?


Buat aku hari Ibu itu merupakan catatan sejarah atas peran perempuan, salah satunya ya wilayah politik dan sosial seperti yang udah aku baca dalam artikel tentang sejarah hari Ibu kemarin. Tapi, itu hanya satu bagian dari peran perempuan yang layak untuk dihargai dan diapresiasi. Karena masih banyak peran perempuan di bidang lain. Dalam lingkup yang paling kecil dan penting plus bernilai banget, ya keluarga.





  • Motivasi apa yang kamu dapetin dengan adanya hari Ibu?


Motivasi untuk berbuat lebih banyak lagi kali ya. Dengan berperan sebaik mungkin di tempat mana aku berada. Kalau dalam keluarga sih, minimalnya, gimana biar Shinfa juga ayahnya merasa lengkap dengan kehadiranku di sisi mereka. Amiin.





  • Gimana kamu menyikapi hari Ibu?


Jelas menghargai, sekaligus bangga. Paling enggak dengan catatan sejarah ini aku bisa cerita ke Shinfa kelak, gimana hebatnya para perempuan pelaku sejarah itu.





  • Sebagai ibu, gimana kamu merayakan hari Ibu?


Waduuuh. Yang jelas nggak pake lomba-lomba gitu deh. Apalagi pake upacara bendera. Cukup lebih memaknai aja peran aku sebagai perempuan dan ibu. Ini juga keknya baru tahun ini. Yang tahun pertama kemarin, malah nggak kepikiran. Hihihi.





  • Ada masukan soal apa aja deh, kaitannya dengan hari Ibu?


Coba 22 Desember dibikin merah ya. Asyik, bisa liburan sama Shinfa…





  • Kalau semacam surprise dari keluarga, pernah dapat nggak?


Belum pernah tuh. Kasihan banget ya…;(





  • Kamu merasa perlu ngucapin sesuatu buat siapa gitu menjelang hari Ibu besok?


Happy mother’s day ya, Mom. All moms in the world. Aku bangga sama kalian semua…Wabilkhusus, buat simakku. Aku ingin mencintaimu dengan tanpa hitungan, seperti cintamu buat aku.



Dan, dengan maksud untuk sharing, aku pingin ngajak:

  1. Nihayah mamanya Kavin n Mirza
  2. Mama Shazma
  3. Angky mamanya Kayra

Buat njawab wawancara ekslusif ini. Ada waktu kan, ibu-ibu, sumonggo. ..;))



0 comments: