17 December, 2014

2 comments 12/17/2014 08:10:00 AM

Salam from Pesantren

Posted by isma - Filed under
cover depan

Menerima buku persegi panjang warna hijau ini, waduh rasanya senang sekali. Malah sebelumnya sempat terpikir, jangan-jangan kumpulan tulisan success story program preventing radicalization in Indonesian pesantren ini belum jadi dicetak. Eh ternyata … buku yang pada kredit titel tertulis author nor ismah ini dengan selamat, sejahtera, dan sentosa sampai juga di tanganku.

Pengumpulan data dan penulisan cerita dilakukan sepanjang Desember 2013 dan Januari 2014. Aku dan Firoh berkunjung ke 5 pesantren mitra program search for common ground di jawa dan Sumatra. Yaitu, pesantren qathratul falah, pesantren sabilul hasanah, pesantren ihya’ ulumaddin, pesantren al-muayyad, dan pesantren darul ma’arif. Untuk menginterview para santri, guru, dan pengasuh.

tulisan tentang santri al-muayyad

Proses transkrip dan penulisan juga tak kalah rumitnya. Waktu itu aku minta tolong temen untuk transkrip. Wah ternyata hasilnya nggak seperti yang diharapkan. Alih-alih mentraskrip apa adanya dari rekaman, ia menuliskan kesimpulan atau ringkasan dari dialog-dialog dalam rekaman. Waduuuh, mau nggak mau aku kerjakan lagi transkripnya.

Meskipun kegiatan yang mereka ikuti bersama SFCG itu sama, tentu cerita dan pengalaman mereka tidak sama. Ini juga menjadi tantangan ketika interview dan penulisan. Nggak enak juga kan membaca tujuh tulisan kalau isinya sama, jadi bosan. Bayangan tentang apa yang akan diangkat dari cerita-cerita itu sudah tergambar ketika interview berlangsung. Dan waktu itu juga langsung bertanya lebih banyak tentang tema yang ditemukan itu.

tentang fia dan oxy

Rasanya seneng sekali bisa bantu mendokumentasikan pengalaman seru para santri ini. Pengalaman baru berinteraksi dengan pemeluk agama dan kepercayaan lain, membuat film, menjadi penyiar, masuk ke kampung tempat tinggal tersangka teroris, meliput tentang kesenian lokal kuda lumping, dan tentu bekerja sama dalam tim serta menyelesaikan konflik yang terjadi di dalam tim. Harapanku sih yang aku tuliskan bukan sebatas “telling” but “showing”. Over all, program ini menurutku sangat keren, dan tentu dong buku success storynya juga keren!

Judul: Salam dari Pesantren, Pengalaman Santri Mengelola Media untuk Perdamaian
Tebal: 124 hlm, dua bahasa: Inggris dan Indonesia
Copy right: Search for Common Ground January 2014

2 comments:

fenny sugih said...

Membaca ulasan mak kayanya seru banget ya bisa berpartisipasi, apalagi dalam lingkup Pesantren. Pasti banyak hal bermanfaat yg bisa didapatkan. Saya sangat suka main-main di blog ini. Banyak tulisan yang benar-benar inspiratif.

Lain kali saya mampir lagi ya :)
Salam sukses untuk Mak beserta keluarga.

isma said...

@fenny sugih
saya juga senang melihat para remaja dan santri yg aktif dan produktif spt teman-teman mitra sfcg ini. mereka inspiratif.

makasih ya fenny sudah mampir, lain kali saya mampir juga ke web fenny :)