04 August, 2013

5 comments 8/04/2013 03:07:00 AM

Kebetulan dan Intuisi

Posted by isma - Filed under

aku suka sekali menemukan buku anak yang unik. dulu ketika di hawaii, bersama roma, aku pergi ke goodwill untuk menyortir buku anak harga $1 sampai $3. goodwill adalah supermarket barang bekas dengan kondisi barang yang masih bagus dan berkualitas. dari pakaian, sepatu, buku, sprei, sampai alat-alat rumah tangga.

waktu itu aku kalah pintar dalam memilih, sehingga roma mendapatkan buku-buku anak dengan design yang unik. misalnya, buku tentang hewan purba dengan mata bulat timbul yang tembus dari halaman belakang sampai belakang. bola mata timbul itu bisa bergoyang-goyang jika buku diayun-ayunkan. lucu sekali, dan aku sangat suka karena pasti anak-anak akan juga menyukai buku itu. tapi, aku cuma bisa berharap bahwa mungkin aku akan menemukan buku unik yang lain. namun pucuk dicinta ulam pun tiba. roma tiba-tiba berubah pikiran, "aku nggak jadi beli buku-buku ini, is. aku mau beli barang yang lain saja buat oleh-oleh." senangnya hatiku. akhirnya, aku beli beberapa buku anak pilihan roma yang tidak jadi ia beli.

hari ini ketika aku dan teman-teman pergi ke toko buku gangaram di bangalore india, aku langsung menghambur ke koleksi buku anak. ada banyak pilihan, dan semuanya berbahasa inggris. aku telisik satu per satu. beberapa cerita, seperti the three little pigs dan the rapunzel, sudah ada versi e-booknya di tablet dan sering didengarkan oleh kak abiq dan atha. aku ingin mencari cerita yang lain, dengan harga terjangkau, dan tidak aku temui di indonesia.

just for boys, written by matt crossick

aku menemukan buku "just for boys", berisi informasi tentang pubertas bagi remaja laki-laki. hmmm, ada versi for girls-nya tidak ya? pikirku. aku lalu bertanya pada pramuniaganya, tapi sayang persediaannya sedang kosong. okay, aku lalu mencari lagi. membuka-buka, sambil bertanya berapa harganya ketika aku menemukan buku menarik. salah satunya adalah serial nancy, yang berjumlah empat buku dalam satu box. kak abiq sudah punya salah satu judul yang bercerita tentang nancy dan kawan barunya yang berasal dari paris, edward. tiga yang lainnya kak abiq belum punya. tapi, kupikir-pikir, harganya lumayan mahal juga, tujuh ratus lima puluh rupee.

sambil berputar-putar, aku menajamkan pandanganku. untung aku sendirian di pojokan toko buku itu. jadi aman mengeksplorasi dan bebas. sampai aku menemukan buku yang lain daripada yang lain. bentuknya panjang, dan bisa ditarik memanjang ke atas, seperti model lipatan kertas lontar jaman dulu. ilustrasi buku itu berupa lukisan khas india, bercerita tang hensparrow. aih, menarik sekali. ternyata ia bersebelahan dengan buku sejenis yang bercerita tentang tsunami, dengan ilustrasi lukisan dan puisi. hmmm, super creative! tapi aku memilih cerita yang pertama, karena rencananya buku itu setelah aku ceritakan sama kak abiq dan dik atha, akan aku gantung di ruang tamu yang sekaligus perpustakaan. kalau ceritanya tentang tsunami, jadi nggak sesuai saja dengan suasana bahagia yang ingin aku sebarkan di ruangan tersebut.

hensparrow turns purple written by gita wolf and pulak biswas

yeay, aku semakin semangat! di bawah tumpukan buku gantung itu, ada lagi buku anak khas india dengan ilustrasi yang juga khas india. benar-benar merebut perhatianku. aku langsung keluarkan semua koleksinya, dan aku bandingkan satu per satu. ada kurang lebih 10 buku anak dengan drawing style india. tapi aku cuma ambil 7 buku. and i was amazed by the drawing style! oh ... aku benar-benar jadi jatuh cinta dengan buku-buku itu. unik dan cantik. hmmm, ini seperti kebetulan. kebetulan yang dimulai dengan intuisi bahwa ada sesuatu yang menarik di antara rak-rak itu. yes ... dan aku menemukannya!

tiga di antara 7 buku

under the neem tree, written by p.anuradha

page 11-12 of the neem tree book

the great race, written by nathan kumar scott and jagdish chitara

we all born free, published by the universal declaration of human right

following my paint brush, written by gita wolf on dulari devi

drawing from the city, original tamil text by saali selvam,
english by v. geetha and gita wolf

5 comments:

Santi Dewi said...

memang seru ya, memburu buku yg kita minati. Tapi gak ada buku2 seri Nabi atau sahabat Nabi ya hehehe... #kepo#
Salam kenal mba :)

isma said...

----> Mb Sinta Dewi
tidak ada mak, buku-buku agama islam. karena mungkin muslim termasuk minoritas, nggak kyk di indonesia yang merupakan surganya muslim. dan kebetulan utk buku-buku ttg nabi gitu sdh banyak di sekolahan kak abiq. jd aku cari buku-buku asli india, nggak ngomongin soal nabi atau shalat memang, tapi tetep ada pesan baik seperti menghargai, menyayangi adik dan keluarga, dan optimis dalam hidup.

Lidya - Mama Cal-Vin said...

asyik ya mbak kalau ke toko buku apalagi dapat buku untuk anak-anak

M. Faizi said...

Konon, di India buku itu murah karena ada subsidi dari pemerintah, benerkah murah?

Kalau soal uniknya, saya tidak bisa membayangkan seperti apa, biar lain waktu saja kalau saya lihat barangnya secara nyata, nanti saya akan komentar lagi :-)

Enny Mamito said...

suka hunting buku ya mb..tp puas bgt ya kl dapet buku bagus :))