24 September, 2007

19 comments 9/24/2007 12:02:00 AM

Tentang Ayah

Posted by isma - Filed under



Sejak disapih, Shinfa jadi bisa dekat sama ayah. Sebelum itu, apa-apa harus ibu. Mandi, maem, bikin dot, ngeloni, jalan-jalan… semua sama ibu. Sempat repot juga kalau aku mau berangkat kerja. Perhatian Shinfa masih belum bisa dialihkan, meskipun oleh ayah.

Tapi, sejak disapih ASI, Shinfa sudah bisa kumanthil sama ayah. Kadang lucu juga ngelihat dia jadi buntute ayah. Biasanya kalau libur, trus ayah ngerjain apa gitu, yang bersihin motorlah, bikin kandanglah. Pasti deh, Shinfa nggak mau ketinggalan. Ikut-ikutan ngrusuhi ayahnya.

Satu hal yang membuat aku girang adalah tugas bikin dot di malam hari, secara Shinfa dah nggak nyusu lagi.
“Mimik dot…hiks..hiks,” Shinfa dah merequest minumannya. Biasanya jam 2-3 dini hari.
“Buatin Ibu ya?” aku menawarkan diri.
“Emoh. Buatin ayah…”
Yes-yes! Hehe. Aku bersorak-sorak, sambil mbangunin ayah. “Yah, Abik minta dot.” Ayah cuma menggeliat. Terpaksa, jurus goyang-goyangin badan harus aku keluarkan. “Yaaaah, Abik minta dot.”
“Mbok sana dibuatin!” ayah bersungut-sungut. Dikiranya aku yang malas. Padahal mang iya. Hehe.
“Buatin Ibu ya,” aku pura-pura menawarkan lagi. Biar si ayah tahu ndiri jawaban Shinfa.
Ternyata Shinfa kekeh, “Hwaaaa…. Buatin ayah!” malah sambil nangis. Hehe. Yes. Akhirnya mau nggak mau ayah harus bangkit dari alam tidurnya. Dan aku, aman deh kembali terlelap.

Girangnya lagi, bikin dot ini jadi keterusan pas siangnya. Karena Shinfa nggak mau jauh-jauh dari ibu, akhirnya ayahlah yang dia daulat untuk bikinin dot. Yah, aku sih asyik-asyik ajah. Cuma, kadang ayah jadi sebel ndiri. Kok jadi keterusan. Hm, nggak boleh gitu dong yah, kan bagi tugas.

Tapi alhamdulillah, ayah termasuk orang yang banyak mengalah dan ngerti. Terutama dalam mengasuh Shinfa. Kalau dia pulang lebih dulu dan nggak sampai sore, dialah yang nyuapin Shinfa. Kadang mandiin Shinfa, kalau nggak sama Mbak Uyung atau orang rumah yang lain. Dulu kalau Shinfa ngompol, ayah juga yang sering ngepel. Kalau bakda maghrib, Shinfa suka ngrusuhi ayah yang lagi ngaji. Sekarang mereka berdua lagi gemar-gemarnya ngafalin surat an-Nas. Dan, Shinfa bakal kemekelen pas mbaca: “Minal jinnati…” Tau’ kenapa. Jayus deh hehe…

Ayah juga sudah pinter ngeloni Shinfa. Lucunya kalau lagi tidur bareng, nggak tahu kenapa pasti deh, seringnya posisi tidur ayah-anak ini sama. Misalnya miring ke kanan, jingkrung, atau eteh-eteh. Kalau dah gitu, Teti suka komentar, “Mbak kalau kayak gitu Abik mirip ya sama ayahe.” Ya iya dong, kan ayah-anak.

Dan, kemarin tanggal 23 September, ayah ulang tahun. Pulang sekolah, aku sama Shinfa mbela-belain nyari blek pores mini buat ayah. Nggak ada pesta, cuma doa di malam sepi semoga ayah mendapat kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Mendapat berkah iman, umur panjang, dan rezeki yang halal. Amiin. Sempat juga kasih surprise di malam hari. Ngakunya sih, nggak inget tanggal berapa. Tahu beneran apa bohongan. Secara ayah mang nggak begitu care sama ultah-ultahan. Tapi, tetep, bilang makasih dong buat istri juga puteri tercinta. Love u ayah!

19 comments:

miming said...

horeee... yg pertama... kebagian blekpores juga kan..?

hepi besdei ya buat ayah...
smoga tambah bijak, sayang sama keluarga, cepat nambah adik lagi ya hehehe...

keep smile said...

wah cak mamat Ultah ya, selamat yo. Eh is, kalau anak2ku udah sejak kecil keminthel ke Babahnya, jadi kalau malam (masih ASI) tugasku hanya ngasih ASI,tuk ganti popok tugas Babah, nah pas udah ngedot, Babah deh semua heheh, Katanya bagi tugas, kan Mama sudah hamil 9 bulan hehehhe

farrel's mom said...

hepi bday ayah... mdh2an apa yg dicita2kan terkabul, amin. sama keik Alel klo bikin susu maunya sm Papanya.. gud 4 us ya gak? hehe

Mutia&Rayga said...

wah, happy belated b-day buat ayah shinfa..mengamini semua do'a dikau yah jengk:) lumayan lah kompi agak bisa dipake,tadi dah bisa aplod foto&posting,tapi te2p blog mama ay gak bisa dibuka:(

salma said...

Ehem.. soal bikin susu dijam 2-3 pagi emang tugas Ayah kan bia.. *sensor*

Happy belated b`day (late 1 hari ya) buat Ayah.
Aminnn.. amin ya Robbal Alamin.

Kejutan malam hari? *halah* MTA (mo tau ajah!)

semuasayanganna said...

hepi bday suaminya mbak ismaaa... mpe ktmu bsk sbtu yaaah:)

Fa said...

wah wah wah, selamat ulang tahu ya Ayahnya Abik, smoga smua doa Ibu buat Ayah dikabulkan :)

btw, eteh-eteh kui opo to Is? :D

Vie said...

Daddy's daughter!
Shinfa jadi anak ayah, apa² ya udah pasti miriplah!!!

Kejutannya apaan sih Is, masa' aku gak boleh tau. Apa itu rated XYZ ya.... hush... anak kecil pengen tau aja.

Met ultahan buat ayah Shinfa, biarpun telat kan bukan berarti expired ucapannya. Semoga sehat selalu.

Aku belon ada rencana mudik Is. Kapan² kali ya. Tauk kapannya.

Nia said...

Happy belated b'day utk Ayahnya Shinfa, turut mengaminkan doa Ibu dan Shinfa. Blek poresnya kok ga nyampe sini ya?

istantina said...

hepi b'day buat ayahnya shinfa... moga tambah lihai jadi ayah & suami...

blek poless???? mauuu jugaaaa donkkk.. dibawa pas arisan tgl 29 yaaa.. hihi ihiihiii

neli said...

met ultah ya Ayah Shinfa.. semoga bahagia dunia akhirat.. :D
Is, kumanthil itu apa siy? hehe..

Wulan said...

Wah .. Happy B'day juga neh buat Ayahnya Shinfa .. aku ikut menga-aminkan do'anya Shinfa dan Ibu deh.. Aminn .. :)

primaningrum said...

selamat ulang tahun buat ayahnya shinfa, semoga sehat selalu ya. ikutan mengaminkan doa doa ibu dan shinfa

Dhona said...

Buat ayahnya Shinfa selamat ulang tahun ya. Ikut mengaminkan doanya Ibu.

Bisa bobo nyenyak dong sekarang si ibu. Bisa nyantai dikit.

.:diah:. said...

Happy belated b`day buat Ayah Shinfa.. smoga do`a Ibu & Shinfa trjibah ma Allah.. AMin....:)

mama valisha said...

met ultah ya buat ayah shinfa...
iya nih sama, valisha juga jadi gak terlalu ngintil mamanya... tapi blom sampe tahap minta dibuatin susu ma papanya... kepengen nih hehe

najwa said...

Met Ultah Wat ayah Shinfa...ikut mengamini doa bunda....

Asik nih bunda dah bebas dari tugas malem hari ;). Shinfa tambah pinter aja

Ani said...

Happy belated birthday ya untuk ayah Shinfa, moga panjang umur & diberi sisa umur yang barokah.
*Walah telat banget nih ngucapinnya*

goezt said...

terimakasih ayah..
ayah sangat berjasa bagi hidupku..
tanpa ayah, saya tidak akan seperti sekarang ini..